Pilih Xiaomi Black Shark 2 atau Asus ROG Phone?

Bagi yang bingung memilih ponsel gaming, pilih Xiaomi Black Shark 2 atau Asus ROG Phone? Berikut ulasan lengkapnya

Ponsel gaming kini mulai banyak dikembangkan oleh beberapa perusahaan smartphone dunia untuk memenuhi kebutuhan para gamers. Xiaomi dan Asus menjadi perusahaan smartphone yang telah mengeluarkan seri ponsel gaming, yaitu Xiaomi Black Shark 2 dan Asus ROG Phone. Nah, bagi Anda yang sedang mencari ponsel gaming yang berkualitas, pilih Xiaomi Black Shark 2 atau Asus ROG Phone? Untuk menjawab kegundahan hati Anda, berikut ulasan lengkapnya.

Xiaomi Black Shark 2

Xiaomi Black Shark 2 merupakan ponsel dari perusahaan Xiaomi yang bekerjasama dengan Black Shark Technology, salah satu perusahaan game dari Tiongkok. Ponsel gaming ini mulai diluncurkan pada bulan Maret 2019 dan memperbaharui seri sebelumnya, Xiaomi Black Shark.

Dengan dukungan RAM 8 GB dengan memori internal 250 GB, Xiaomi Blak Shark 2 menggunakan chipset Snapdragon 855 dengan CPU Octa Core Adreno 640 dan menggunakan OS Android 9.0 Pie. Selain performanya yang mumpuni untuk ponsel gaming, ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera utama dengan resolusi 48 MP + 12 MP dan kamera depan dengan resolusi 20 MP.

Fitur lain yang ditawarkan ponsel ini pun cukup mumpuni untuk digunakan bermain game. Dukungan baterai berkapasitas 4000 mAh dan fast charging 27 watt akan membuat Anda puas bermain game seharian. Selain itu, untuk keamanan, ponsel ini sudah dilengkapi dengan fitur fingerprint. Nah, bagi Anda yang tertarik dengan ponsel gaming ini, Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp7.999.000,-.

Untuk menjawab pertanyaan apakah pilih Xiaomi Black Shark 2 atau Asus ROG Phone, Anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Berikut ini kelebihan dan kekurangan Xiaomi Black Shark 2:

1. Kelebihan Xiaomi Black Shark 2

Ponsel gaming ini memiliki performa yang garang dengan nilai Antutu sebesar 360.949 dengan Geekbenck multicore 11.295. Angka ini tentu saja cukup fantastis karena nilai dari Xiaomi Black Shark 2 mampu mengalahkan skor dari Apple iPhone S dan Samsung Galaxy S10.

Untuk bisa menjalankan game, seperti PUBG Mobile dan Asphalt 9: Legend, Xiaomi Black Shark 2 mampu menjalankan dengan cukup lancar, tampilan visual yang halus, dan tanpa membuatnya panas. Hal ini dikarenakan adanya sistem pendingin (liquid cooling system) yang mampu mendinginkan ponsel saat bermain game.

Selain itu, desain yang diusung Xiaomi Black Shark 2 juga cukup sporty dengan ujung ponsel yang dibuat melengkung. Layar dari ponsel ini juga full HD dengan resolusi 2340 x 1080 piksel dengan kerapan 430ppi.

Agar performa semakin maksimal, Xiaomi Black Shark 2 didukung fitur Shark Space yang mendukung pengalaman bermain game menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, adanya dukungan controller membuat Anda akan semakin asyik saat bermain game. Pengontrol yang mirip dengan Joycons Nintendo Switch bisa dipasang di kedua sisi ponsel.

Baca Juga: Spesifikasi Xiaomi Black Shark, Smartphone Gaming Murmer

2. Kekurangan Xiaomi Black Shark 2

Meskipun terdapat dukungan controller, Anda harus membeli secara terpisah controller tersebut. Selain itu, kualitas kamera juga biasa saja dibandingkan dengan ponsel lain yang fokus pada fotografi. Hanya saja, ponsel ini tidak mendukung port jack 3,5 mm dan jika Anda membutuhkan harus menggunakan headset tanpa kabel.

Asus ROG Phone

Diluncurkan sejak bulan Juni 2018, Asus ROG Phone memiliki RAM 8 GB dengan memori internal sebesar 500 GB. Menggunakan chipset snapdragon 845 dengan CPU Octa-core Adreno 630, ponsel ini memiliki kapasitas baterai sebesar 4000 mAh dengan fitur fast charging 30 watt.

Lebih baik lakukan perbandingan spesifikasi dan harga Asus ROG phone dengan merk kompetitor untuk mendapatkan pilihan yang tepat
ASUS ROG Phone

Asus ROG Phone juga dilengkapi dengan kamera utama beresolusi 12 MP + 8 MP dan kamera depan beresolusi 8 MP. Saat diluncurkan, ponsel ini dirilis dengan OS Android 8.0 Oreo dengan fitur keamanan berupa fingerprint dan face unlock.

Nah, bagi Anda yang tertarik dengan Asus ROG Phone, Anda bisa mendapatkan mulai dari harga 17 jutaan. Untuk mengetahui apa yang akan Anda pilih Xiaomi Black Shark 2 atau Asus ROG Phone, Anda bisa melihat dulu kelebihan dan kekurangan Asus ROG Phone.

1. Kelebihan Asus ROG Phone

Salah satu keunggulan dari Asus ROG Phone adalah adanya fitur Game Genie yang bertujuan untuk mengatur kenyamanan bermain game. Dalam fitur ini Anda bisa mengenai informasi suhu, FPS, dan penggunaan prosesor. Selain itu, fittur ini juga dilengkapi dengan fitur perekaman dan mode lock off yang membuat tidak adanya panggilan atau chat masuk yang akan mengganggu Anda saat bermain game.

Mengusung baterai berkapasitas 4000 mAh akan membuat Anda semakin puas dalam bermain game. Selain itu, jika melihat dari skor Antutu, Asus ROG Phone memiliki nilai 299.345 dan skor Geekbench 4 dengan nilai 9332.

2. Kekurangan Asus ROG Phone

Kekurangan dari Asus ROG Phone yang paling mendasar adalah harganya yang cukup mahal dibandingkan dengan ponsel gaming lainnya. Selain itu, layar yang diusung Asus ROG Phone juga hanya full HD+ dengan resolusi 1080 x 2160 piksel dan tidak memiliki slot microSD.

Baca Juga: Spesifikasi Asus ROG Phone

Pilih Xiaomi Black Shark 2 atau Asus ROG Phone?

Dengan memperhatikan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing ponsel gaming di atas, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Tak hanya dilihat dari segi spesifikasi yang ditawarkan, review penggunaan kedua ponsel juga bisa menjadi pertimbangan Anda saat akan membeli ponsel. Selain itu, memperhatikan harga ponsel juga bisa menjadi bahan pertimbangan Anda saat memilih ponsel gaming agar tidak kecewa setelah membelinya.

Dari informasi di atas, maka Anda bisa pilih Xiaomi Balck Shark 2 atau Asus ROG Phone yang menjadi sarana bermain game. Saat membeli ponsel gaming, harap sesuaikan dengan kebutuhan dan keuangan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *