Yang Perlu Diperhatikan dalam Merakit PC Gaming beserta Tipsnya

Ingin merakit PC gaming sendiri? Yuk, perhatikan dahulu komponen penting yang harus dimiliki agar hasil yang didapatkan sepadan!

Di masa sekarang ini, para pecinta game lebih cenderung merakit komputer ketimbang membeli komputer build up yang sudah jadi. Ada banyak faktor yang melatarbelakangi trend tersebut, salah satunya adalah harga komputer build up terbilang cukup mahal. Bagi Anda para gamer, “membangun” PC dari awal bisa menjadi sebuah tantangan yang menarik. Hanya saja, sebelum memutuskan untuk membuat personal computer (PC), tentu membutuhkan tips merakit PC gaming yang super mantap!

Berbagai Komponen Penting Yang Harus Diperhatikan Untuk Merakit PC Gaming

Berikut adalah beberapa tips merakit PC gaming dengan memperhatikan berbagai komponen dasar dan vital dari sebuah laptop gaming.

· CPU (Central Processing Unit)

CPU (Central Processing Unit) atau lebih umum dikenal sebagai processor merupakan komponen utama bagi komputer. CPU merupakan otak utama yang memproses setiap perintah.
CPU (Central Processing Unit) atau lebih umum dikenal sebagai processor merupakan komponen utama bagi komputer. Processor merupakan otak utama yang memproses setiap perintah.

Salah satu komponen penting yang harus dipilih secara hati-hati adalah CPU. Bisa dikatakan bahwa CPU merupakan “otak” di dalam sebuah komputer. Saking pentingnya, ketiadaan CPU dapat membuat komputer tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Untuk Anda yang hendak merakit PC sendiri, pilihlah CPU tipe Processor Quad Core. Processor yang memiliki 4 core, cukup membantu kinerja komputer ketika dipakai memainkan game. Kehadiran CPU ini mampu memberikan pengalaman bermain game yang sangat menyenangkan.

Processor jenis ini juga mendukung aktivitas multitasking multimedia. Artinya, Anda dapat memainkan game sekaligus melakukan live recording, video conference, live streaming, dan lain sebagainya.

Sebagai catatan, semakin modern CPU, maka semakin baik kinerjanya. Untuk masa kini, CPU besutan Intel Core i5 6600 dianggap CPU paling mantap untuk PC gaming. Selain itu perhatikan pula kecepatan yang dimiliki oleh prosesor itu sendiri. Semakin tinggi angka yang disematkan pada prosesor tersebut, maka semakin cepat pula kinerjanya.

Baca Juga: Upgrade RAM, VGA, atau Processor?

· Motherboard

Sesuai dengan namanya, motherboard (atau mainboard) adalah papan induk / papan utama sebagai media untuk saling mengubungkan antar komponen komputer. Di sinilah semua komponen internal terpasang.
Sesuai dengan namanya, motherboard (atau mainboard) adalah papan induk / papan utama sebagai media untuk saling mengubungkan antar komponen komputer. Di sinilah semua komponen internal terpasang.

Tips merakit PC gaming berikutnya adalah memilih motherboard yang tepat. Sebenarnya, jika Anda tengah merakit PC gaming, dapat menggunakan motherboard biasa. Hanya saja jika memakai motherboard yang diperuntukkan untuk game, Anda akan memperoleh fitur khusus.

Di bawah ini beberapa kelebihan motherboard gaming:

  1. Desain terlihat lebih “wah”, dibandingkan dengan motherboard tipe standar. Biasanya, pada motherboard gaming memiliki desain heat-sink yang besar. Heatsink sendiri berfungsi untuk menjaga kestabilan suhu dari komponen, ketika digunakan untuk bermain. Dengan model desain ini, komponen PC akan terjaga dengan lebih baik.
  2. Fitur overlock dan voltage regulator module yang dimiliki oleh motherboard gaming biasanya mampu bekerja lebih baik. Itu sebabnya, dibutuhkan heat-sink yang memiliki kapasitas besar seperti telah disebutkan sebelumnya. Dengan komposisi yang sempurna tersebut, Anda akan menikmati pengalaman bermain game yang tak akan terlupakan.
  3. Tipe papan PCB pada motherboard gaming biasanya lebih rapi, sehingga mudah untuk dibersihkan. Selain itu pula, pada motherboard jenis ini menggunakan coating/cat pelindung khusus. Tujuan penggunaan cat khusus ini adalah agar motherboard satu ini dapat menggunakan water cooling. Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika motherboard akan rusak lantaran terkena air.
  4. Kelebihan lainnya terletak pada komponen dan power supply-nya yang berkualitas untuk model power supply yang terintegrasi pada motherboard.

· Random Access Memory (RAM)

RAM (Random Access Memory) merupakan komponen untuk menyimpan data sementara ketika komputer beroperasi. Tentu saja pemilihan RAM juga berkontribusi pada performa komputer.
RAM (Random Access Memory) merupakan komponen untuk menyimpan data sementara ketika komputer beroperasi. Tentu saja pemilihan RAM juga berkontribusi pada performa komputer.

Merakit PC gaming juga wajib untuk memperhatikan dan mempertimbangkan pilihan RAM. Komponen satu ini terbilang sangat penting untuk memaksimalkan daya kerja PC. Pilih tipe RAM keluaran terbaru, misalnya DDR 4.

Selain itu pertimbangan pula besarnya kapasitas RAM tersebut. Kapasitas RAM yang luas akan membuat kinerja PC Anda menjadi lebih cepat dan tidak membutuhkan loading yang terlampau lama. Anda bisa memilih RAM dengan kapasitas maksimal, untuk memudahkan bermain game baik online maupun offline.

· VGA/GPU (Video Graphic Array/Graphics Processing Unit)

VGA (Virtual Graphics Array) atau sekarang lebih sering dikenal sebagai GPU (Graphics Processing Unit) merupakan otak utama untuk mengolah gambar (grafik). Rendering menggunakan GPU yang berkualitas akan mempercepat dan memperhalus grafik yang dihasilkan.
VGA (Virtual Graphics Array) atau sekarang lebih sering dikenal sebagai GPU (Graphics Processing Unit) merupakan otak utama untuk mengolah gambar (grafik). Rendering menggunakan GPU yang berkualitas akan mempercepat dan memperhalus grafik yang dihasilkan.

VGA juga termasuk ke dalam komponen penting pada saat Anda melakukan perakitan PC. Dengan VGA yang berkualitas, tampilan gambar yang disuguhkan setiap kali bermain akan lebih jernih dan tajam. Anda akan dimanjakan dengan tampilan  game yang sangat detail dan hampir menyerupai aslinya.

Memilih VGA juga merupakan satu tips merakit PC gaming agar hasilnya lebih maksimal. Yang harus diperhatikan adalah jumlah bit yang terdapat pada VGA. Semakin tinggi jumlah bit yang tertera, maka graphic game pun berkualitas.

Jangan sepelekan kecepatan VGA yang akan digunakan. Kecepatan VGA yang mumpuni juga mempengaruhi kenyamanan saat bermain game. Anda tidak perlu merasakan lag pada saat bermain. Itu sebabnya, pastikan untuk memaksimalkan pemilihan VGA saat melakukan perakitan sendiri.

Baca Juga: Gaming VGA, Nvidia GeForce vs ATI Radeon

· Monitor

Monitor berfungsi untuk mem-visualisasikan gambar yang dibentuk oleh komputer. Pilihlah monitor LED dengan ukuran sesuai kebutuhan dan refresh rate yang cepat.
Monitor berfungsi untuk mem-visualisasikan gambar yang dibentuk oleh komputer. Pilihlah monitor LED dengan ukuran sesuai kebutuhan dan refresh rate yang cepat.

Last but not least. Monitor juga harus menjadi salah satu pertimbangan ketika merakit PC. Pemilihan monitor yang tepat, akan sangat berguna untuk memberikan pengalaman bermain game yang luar biasa.

Pastikan untuk memilih monitor yang mendukung resolusi HD. Tampilan monitor yang wah, juga akan membuat Anda merasa puas dan seolah-olah mengalami secara langsung di tempat. Hal ini dikarenakan monitor gaming yang memiliki refresh rate yang sangat tinggi. Keuntungan dari refresh rate yang oke, akan memberikan kemudahan bagi Anda untuk memprediksi pergerakan lawan. Hal ini disebabkan lantaran Anda dapat melihat frames yang  jumlahnya lebih banyak ketimbang menggunakan monitor biasa. Keuntungan dari refresh rate yang tinggi juga membuat proses input lag  menjadi lebih rendah. Hal ini akan menyebabkan karakter tokoh game Anda menjadi lebih responsif.

· Hard Disk dan/atau SSD

HDD (Hard Disk Drive) dan SSD (Solid State Drive) merupakan komponen utama untuk penyimpanan data. HDD maupun SSD memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
HDD (Hard Disk Drive) dan SSD (Solid State Drive) merupakan komponen utama untuk penyimpanan data. HDD maupun SSD memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Komponen berikutnya yang perlu untuk Anda perhatikan adalah HDD (Hard Disk Drive) dan/atau SSD (Solid State Drive). Pemilihan HDD atau SSD yang tepat akan mengoptimalkan kinerja komponen lainnya.  Dengan pilihan komponen berkualitas (read/write speed yang cepat), maka tidak perlu khawatir jika game mendadak tersendat lantaran terlalu berat. HDD dan SSD juga dapat dipasang secara bersamaan mengingat SSD lebih cepat dan HDD lebih murah.

Baca Juga: Mengapa SSD Lebih Cepat dari HDD?

· Optical Drive

Komponen satu ini memiliki fungsi yang sama pentingnya jika dibandingkan dengan komponen sebelumnya. Dengan optical drive yang tepat maka akan memudahkan untuk melakukan proses install sistem operasi. Untuk laptop/notebook, saat ini banyak sekali yang sudah tidak dilengkapi dengan optical drive berupa pembaca CD atau DVD.

Tips Rakit PC Gaming

Ada beberapa hal yang juga perlu Anda perhatikan selain pemilihan komponen yang akan mendukung kinerja PC.  Sebut saja salah satunya adalah budget. Jangan memaksakan menggunakan komponen yang harga belinya tidak sesuai dengan ukuran kantong Anda. Hal ini akan merugikan, karena Anda tetap dapat menikmati permainan game yang menyenangkan dengan komponen yang standar. Meskipun tentu saja akan jauh berbeda jika menggunakan PC yang build up khusus untuk permainan.

Dengan menggunakan perincian anggaran yang sesuai, Anda tetap dapat merakit PC gaming low end. Biaya yang dikeluarkan berkisar antara 10-15 juta, Anda sudah dapat membangun PC dengan sangat baik.

Anda dapat pula melakukan pemetaan komponen komputer yang akan dipilih beserta fungsinya. Jika penggunaan komponen tersebut tidak terlalu penting, ada baiknya jika mencoreng komponen tersebut dari daftar belanja. Misalnya Anda dapat mencoret pembeliannya audio atau mouse yang tidak terlalu penting.

Buat daftar spesifikasi PC yang Anda inginkan, agar tidak ada komponen yang terbuang tanpa bisa dipakai. Dengan cara ini Anda dapat mengelompokkan hal-hal yang ingin didapatkan dari proses perakitan tersebut.

Demikian beberapa tips merakit PC gaming sendiri dengan memperhatikan beberapa komponen utama. Jangan sampai salah pilih, karena jika Anda secara asal-asalan membangun PC justru hasilnya akan seperti sangat mengecewakan. Dan tentu saja selain membuang waktu, juga biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Itu sebabnya perlu untuk membuat list komponen yang hendak dibeli. Selamat merakit PC Anda!

One thought on “Yang Perlu Diperhatikan dalam Merakit PC Gaming beserta Tipsnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *