Penyebab Komputer/Laptop Semakin Lemot dan Solusinya

Virus merupakan salah satu penyebab komputer lemot. Namun, ada beberapa faktor lain yang juga sering menyebabkan PC lemot

Banyak orang yang mengeluhkan komputer mereka lemot dan sebagainya. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor. Sehingga, berbagai faktor yang menyebabkan komputer lemot tersebut harus diketahui. Selain mengetahui faktornya, Anda juga harus mengetahui langkah untuk mengatasinya. Tujuannya agar komputer tersebut tidak lagi lemot saat digunakan. Berikut adalah ulasan tentang penyebab komputer menjadi lemot dan solusinya.

Baca Juga: Mengenal Virus dan Worm serta Cara Menghindarinya

Kebanyakan Temporary Files

Penyebab dari komputer menjadi lemot yang pertama adalah karena terlalu banyak temporary files-nya. Penting untuk diketahui bahwa ketika seseorang membuat suatu aplikasi dan sebagainya seperti membuka web, hal itu bisa memunculkan file-file temporer dalam komputer. Sehingga, lambat laun file yang ada tersebut membutuhkan kapasitas memori yang lebih besar.

Dan fatalnya lagi, file-file tersebut terletak pada data C atau sistem operasi. Sehingga, komputer semakin lama juga akan semakin lambat. Adapu cara mengatasi hal ini adalah dengan menjalankan Windows Disk Cleanup yang dapat diakses pada menu Accessories.

Menginstal Startup secara Berlebihan

Jika awalnya komputer Anda bisa memproses booting dengan sangat cepat, kemudian lama kelamaan mulai dari tombol power hingga siap dioperasikan membutuhkan waktu yang lama, maka bisa saja hal ini disebabkan oleh suatu program start up yang berlebih. Hal itu disebabkan karena komputer dipaksa untuk menjalankan keseluruhan aplikasi tersebut sebelum dipakai.

Untuk mengatasi hal ini bisa dengan mematikan berbagai program start up yang terbilang tidak penting. Hal ini dapat dilakukan dengan cara tune up start up manager atau msconfig.

Baca Juga: Solid State Drive (SSD) vs Hard Disk Drive (HDD)

Proses Uninstall yang Kurang Bersih

Penyebab komputer lemot berikutnya bisa saja karena proses uninstall yang masih kurang bersih. Saat proses uninstall dijalankan, bisa saja file-file di dalamnya masih belum 100% bersih. Melainkan ada beberapa file lain yang tersimpan di komputer. Hal ini harus segera diatasi salah satunya dengan cara melakukan proses uninstall dengan benar.

Proses uninstall tidak akan bisa dijalankan hanya dengan menghapus folder aplikasinya. Namun juga harus melakukan proses pada uninstall.exe. Atau jika tidak hal tersebut bisa dilakukan melalui control panel. Dan terakhir, jangan terlewatkan untuk memeriksa berbagai file yang tersisa sesudah uninstall dilakukan.

Hard Disk yang Terfragmentasi

Masih ada lagi penyebab dari komputer Anda menjadi lemot selanjutnya, yaitu hard disk yang kebetulan tidak terfragmentasi. Saat sebuah sistem menyimpan file tertentu. File yang ada tersebut akan pecah kemudian ditempatkan diberbagai tempat yang kosong. Saat file itu dicari, komputer akan kesulitan menemukan lokasinya. Sehingga, ia pun menjadi lambat.

Adapun cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan cara menjalankan Disk Defragmenter yang dapat diakses pada menu Accessories.

Virus dan Berbagai Program Jahat Lain

Ada kalanya komputer lemot disebabkan karena adanya virus atau berbagai jenis program jahat lain.Virus bisa saja mengganggu komputer Anda dengan menyusup ke dalam komputer sepanjang ia masih dalam kondisi menyala. Bisa saja ia mendownload secara diam-diam sesuatu dari internet. Berbagai kerja virus yang ada tersebut akhirnya menyebabkan laptop atau komputer menjadi lambat.

Sebagai solusi atas hal tersebut, Anda bisa menggunakan pilihan antivirus yang terbaik dan terpercaya sehingga virus dan berbagai program jahat bisa menghilang dari PC.

Baca Juga: Menghindari Virus dengan Mematikan Autoplay

Itulah beberapa penyebab komputer lemot saat digunakan. Beberapa penyebab tersebut amat penting untuk diketahui. Kemudian, untuk solusinya bisa digunakan saat kebetulan komputer Anda mengalami hal serupa.

2 thoughts on “Penyebab Komputer/Laptop Semakin Lemot dan Solusinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *