Penyebab Smartphone Android Lemot dan Solusinya

Seiring berjalannya waktu, terkadang smartphone berbasis android terasa lebih lemot dibandingkan dengan saat pertama kali digunakan. Hal ini sering terjadi dan wajar, khususnya untuk spek menengah-kebawah atau spek tanggung. Smartphone yang lama-lama menjadi lemot disebabkan oleh beberapa faktor. Lantas apa saja sih penyebabnya? Bagaimana solusinya? Simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Smartphone Menjadi Lemot

Penyebab smartphone android menjadi semakin lambat seiring berjalannya waktu bisa dijabarkan sebagai berikut.

1. Penyimpanan Hampir Penuh

Ketika memori internal hampir penuh, maka sistem operasi tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Sebagian dari aktifitas sistem operasi disimpan sementara dalam memori internal sehingga ketika tidak memiliki cukup sisa ruang, sistem operasi ikut terganggu.

Memori internal menyimpan semua data selama smartphone digunakan, apalagi jika memori eksternal tidak terpasang atau memang tidak ada slot eksternal. Semua data mulai dari foto, video, percakapan, cache, dan sebagainya semuanya tersimpan dalam memori penyimpanan. Jadi wajar saja jika memori semakin penuh selama smartphone digunakan.

Baca Juga: 5 Aplikasi Pembersih Android Agar Tidak Lemot, Dijamin Ampuh!

2. Aplikasi Terlalu Banyak

Memasang aplikasi terlalu banyak juga dapat membuat kerja smartphone semakin lambat. Selain menyita tempat penyimpanan, aplikasi khususnya background running app (aplikasi yang berjalan dibalik layar) juga memerlukan penggunaan RAM yang tersedia. RAM (Random Access Memory) sendiri adalah memori penyimpanan cepat yang bersifat sementara dan digunakan untuk menjalankan aplikasi. Hal ini membuat kinerja smartphone semakin berat dan lemot.

3. Sistem Operasi Tidak Ter-Update

Sistem operasi android harus diperbaharui secara berkala untuk peningkatan kompatibilitas dan pengembangan sistem. Sistem operasi tidak ter-update bisa terjadi karena kita mematikan sistem auto-update atau memang device sudah tidak mendukung. Jika sistem operasi sudah obsolete (jadul) maka bisa jadi aplikasi-aplikasi modern kurang kompatibel tidak bisa berjalan dengan sempurna.

4. Perkembangan Aplikasi

Sama halnya dengan sistem operasi, para developer juga terus mengembangkan aplikasi mereka agar tetap up to date dan relevan dengan perkembangan jaman. Pembaharuan aplikasi sering kali diikuti dengan penambahan fitur atau peningkatan interface/tampilan yang lebih menarik dan lebih kompleks sehingga membutuhkan sumber daya yang lebih banyak. Hal ini juga turut membuat kerja smartphone menjadi lebih berat.

5. Hardware Tidak Memadai

Selain hal-hal tersebut di atas, ada juga kemungkinan bahwa hardware dari smartphone anda sudah tidak memadai dan kurang relevan dengan minimum requirement saat ini. Sebagai contoh, beberapa tahun yang lalu RAM 1 GB sudah dianggap besar dan lebih dari cukup, namun di masa sekarang, RAM 1 GB sudah terlalu kecil untuk sebuah smartphone android.

Baca Juga: Mengetahui Versi OS Android dan Cara Update-nya

Solusi untuk Smartphone Lemot

Beberapa cara untuk mengatasi permasalahan kinerja yang lemot pada perangkat Android, di antaranya sebagai berikut.

  1. Hapus aplikasi yang tidak digunakan atau tidak diperlukan lagi. Ini dapat membebaskan ruang penyimpanan yang dibutuhkan oleh sistem operasi dan aplikasi lain untuk berfungsi dengan baik.
  2. Matikan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat menyedot sumber daya sistem, seperti memori dan daya baterai.
  3. Hapus file sampah dan data sampah. Beberapa aplikasi dapat menyimpan file sampah dan data sampah yang tidak diperlukan. Ini dapat memperlambat kinerja perangkat Anda.
  4. Hapus cache aplikasi. Cache aplikasi adalah data sementara yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat prosesnya. Namun, dalam beberapa kasus, cache aplikasi dapat menyumbat memori dan menyebabkan kinerja perangkat Anda menjadi lemot.
  5. Restart perangkat Anda. Me-restart atau reboot smartphone anda dapat mengurangi penggunaan RAM.
  6. Cek storage, cek apakah storage anda penuh. Apabila storage anda penuh maka perlu dilakukan pembersihan storage dengan menghapus file yang tidak diperlukan atau dengan memindahkan file ke external storage (jika tersedia)
  7. Perbarui sistem operasi. Pembaruan sistem operasi dapat menyediakan perbaikan bug yang dapat memperlambat kinerja perangkat Anda.
  8. Reset pabrik. Jika langkah-langkah di atas tidak membantu, Anda mungkin perlu mereset perangkat Anda ke pengaturan pabrik. Namun, pastikan untuk membuat backup data Anda sebelum melakukan reset ini, karena semua data akan hilang setelah reset.
  9. Last but not least, jangan lupa untuk lakukan maintenance pada perangkat anda secara berkala, dengan cara mengecek apakah ada aplikasi yang tidak diperlukan,membersihkan cache dan history browser.
  10. Jika hardware sudah tidak mendukung, maka diperlukan upgrade jika memungkinkan. Jika tidak memungkinkan anda mungkin butuh smartphone baru dengan spesfikasi yang lebih baik.

2 thoughts on “Penyebab Smartphone Android Lemot dan Solusinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *