Perbandingan LeanFIRE vs FatFIRE vs BaristaFIRE vs CoastFIRE

FIRE Movement merupakan sebuah gerakan dimana seseorang menabung dengan lebih agresif dari biasanya dengan tujuan agar bisa pensiun lebih awal dari yang seharusnya. Gerakan FIRE ini cukup populer akhir-akhir ini mengingat beberapa orang khususnya di Amerika Serikat sukses pensiun dini di umur 30 hingga 50 tahun hanya mengandalkan investasi dan tabungan yang telah tumbuh besar dari hasil yang mereka kumpulkan semasa kerja. Dengan return (imbal hasil) dari investasi dan pertumbuhannya, diharapkan investasi ini tidak pernah habis atau habis pada waktu yang lama ketika digunakan untuk memenuhi kebutuhan.

Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis FIRE movement yang sering diikuti oleh berbagai kalangan. Perlu digarisbawahi, pengelompokan ini bukanlah aturan baku, melainkan hanya sebagai guideline.

Baca Juga: Apa itu Financial Independence, Retire Early (FIRE)?

1. Lean FIRE

Lean FIRE adalah gerakan FIRE lebih fokus untuk pensiun sedini mungkin. Nest egg (nilai portfolio) yang dibutuhkan relatif kecil. Namun, kecilnya nest egg membuat return investasi hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok yang esensial saja.

Penganut Lean FIRE umumnya sangat frugal agar bisa menabung dan berinvestasi dengan sangat agresif dengan tujuan agar mampu pensiun secepat mungkin. Ketika target nest egg tercapai, mereka tetap hidup secara frugal.

2. Fat FIRE

Berbeda dengan Lean FIRE, Fat FIRE lebih mengharapkan pensiun dini dengan gaya hidup yang lebih tinggi. Untuk dapat mencapai Fat FIRE, diperlukan porsi menabung dan berinvestasi yang lebih besar dan/atau waktu yang lebih lama sebelum pensiun.

Target Nest egg dari penganut Fat FIRE lebih besar dibandingkan Lean FIRE agar bisa memenuhi kebutuhan gaya hidup yang lebih baik. Sama seperti Lean FIRE, penganut Fat FIRE biasanya juga hidup secara frugal ketika masih bekerja, namun ketika pensiun hasil investasi merekan bisa memenuhi kebutuhan gaya hidup yang lebih tinggi sesuai dengan yang direncanakan.

Baca Juga: Saham – Mencari Keuntungan dari Dividend atau Capital Gain?

3. Barista FIRE

Barista FIRE sedikit berbeda dengan konsep Lean FIRE dan Fat FIRE. Pada Barista FIRE, anda tidak benar-benar berhenti bekerja, namun masih melakukan kerja paruh waktu atau sampingan. Jadi, gaya hidup Barista FIRE ditopang oleh kombinasi hasil investasi dan kerja sampingan.

Penganut Barista FIRE umumnya hanya bekerja di pekerjaan ringan atau yang mereka sukai untuk menambah uang rekreasi atau kebutuhan tersier lainnya. Ada juga penganut Barista FIRE yang bekerja hanya untuk mendapatkan benefit khusus tertentu misalnya asuransi kesahatan, asuransi pendidikan, atau benefit-benefit lainnya sesuai kebutuhan.

4. Coast FIRE

Dibandingkan dengan tiga gerakan FIRE sebelumnya, Coast FIRE cukup unik karena disini anda tetap bekerja hingga usia pensiun. Penganut Coast FIRE umumnya bekerja dengan penghasilan yang besar namun beban kerja dan stress level yang tinggi pula.

Mereka berinvestasi sangat agresif dalam waktu singkat untuk mengumpulkan nest egg sesuai target dengan perhitungan tertentu. Ketika target tercapai, mereka akan beralih ke pekerjaan dengan beban kerja yang lebih ringan hanya untuk memenuhi kebutuhan dan tetap bekerja hingga usia pensiun. Nest egg yang terkumpul tadi dibiarkan saja tanpa ditarik atau ditambah dan diharapkan akan tumbuh besar dan dapat memenuhi kebutuhan mereka ketika pensiun.

One thought on “Perbandingan LeanFIRE vs FatFIRE vs BaristaFIRE vs CoastFIRE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *