Gotrade Kini Terdaftar dan Legal di Indonesia?

Jika sebelumnya anda ingin berinvestasi di Saham Amerika Serikat melalui Gotrade namun masih ragu-ragu, jangan khawatir. Kini Gotrade sudah terdaftar dan legal di Indonesia. Jadi, Gotrade versi Indonesia sudah terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Selain itu, semua transaksi akan tercatat pada Bursa Berjangka Jakarta (JFX) dan Kliring Berjangka Indonesia (KBI).

Baca Juga: Review Gotrade, Beli Saham US Ga Pake Ribet

Perbedaan Gotrade Global dan Gotrade Indonesia

Seperti yang pernah kami jelaskan di artikel sebelumnya, Gotrade (Global) adalah salah satu platform investasi saham yang untuk transaksi saham yang terdaftar di Amerika Serikat. Gotrade memang dibuat dikhususkan untuk investasi saham US untuk non-warga negara Amerika Serikat, termasuk investor Indonesia. Namun, Gotrade Global memang tidak terdaftar di BAPPEBTI.

Di sisi lain Gotrade Indonesia adalah bagian dari Gotrade yang secara khusus diperuntukkan untuk investor Indonesia dimana platform ini sudah terdaftar di BAPPEBTI serta transaksinya akan tercatat pada JFX dan KBI. Di Gotrade Indonesia, transaksi penjualan dan pembelian akan dilakukan dengan kontrak (CFD) melalui PT Valbury Asia Futures.

Kelebihan dan Kekurangan Gotrade Indonesia

Gotrade Indonesia memiliki kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan Gotrade versi Global.

a. Kelebihan

  • Masih Bebas Biaya Komisi Pembelian dan Penjualan. Anda tetap bisa melakukan transaksi pembelian dan penjualan tanpa komisi. Meskipun saham yang anda miliki termasuk CFD, anda tidak dibebankan biaya-biaya tambahan yang umumnya terdapat pada CFD.
  • Tetap Mendapatkan Dividen. Saham yang anda miliki memang berupa CFD, namun anda tetap mendapatkan dividen selama dividen yang anda terima tidak kurang dari USD 0.01 (1 sen).
  • Lebih Aman. Dengan Gotrade Indonesia, anda akan merasa lebih aman karena sudah diawasi oleh BAPPEBTI dan transaksi tercatat di JFX dan KBI.

b. Kekurangan

  • Saham CFD. Di Gotrade Indonesia, saham yang akan anda beli akan dilakukan secara kontrak melalui PT Valbury Asia Futures, berbeda dengan Gotrade Global dimana saham akan dicatat secara langsung atas nama anda. Meskipun begitu, anda tetap mendapatkan dividen dan tidak dibebani biaya yang biasa terjadi pada CFD.

Baca Juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemula dalam Investasi Saham

Bagaimana Jika Sudah Punya Akun Gotrade Global?

Bagaimana jika anda sudah berinvestasi di Gotrade Global sebelumnya? Tidak masalah. Anda bisa melakukan migrasi portfolio anda secara manual jika anda ingin pindah ke Gotrade Indonesia. Namun, anda juga tetap diperbolehkan menggunakan akun Gotrade Global yang lama. Bahkan anda juga diperbolehkan berinvestasi di akun Gotrade Global sekaligus di akun Gotrade Indonesia di waktu yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *