Axie Infinity, Game NFT Penghasil Cuan

Saat ini, cukup banyak game-game baru yang dibangun dari blockchain dimana pemain dapat menghasilkan aset kripto dari bermain game. Jenis game yang ada mengadopsi genre yang beraneka ragam. Salah satu game NFT (Non-Fungible Token) yang populer saat ini adalah Axie Infinity.

Game-game NFT ada yang membutuhkan modal untuk memulai, ada juga yang tanpa membutuhkan modal. Pada dasarnya, untuk mulai bermain (dan menghasilkan cuan) diperlukan modal. Namun, saat ini banyak yang menyediakan program scholarship a.k.a Bea Siswa dimana orang lain akan menyediakan modalnya dan anda cukup bermain saja tanpa modal apapun (kecuali device misalnya HP/Laptop). Modal awal yang diperlukan berupa 3 buah Axie.

Axie dalam game Axie Infinity adalah sejenis monster mirip “pokemon” yang digunakan untuk bertarung di Arena (PvP) maupun untuk Adventure (PvE). Sebelum memulai, anda membutuhkan 3 Axie yang bisa anda dapat dengan cara membeli melalui marketplace maupun secara direct melalui fitur gift. Anda juga bisa “meminjam” 3 Axie awal dari program scholarship.

Langkah-langkah untuk Main Axie Infinity

Sebelum mulai bermain Axie Infinity, anda perlu mempersiapkan beberapa hal sebagai berikut.

  1. Akun Tokocrypto atau Binance. Nantinya, akun ini diperlukan untuk menerima SLP yang anda dapatkan dalam game yang anda transfer dari Ronin Wallet. Selain itu, jika anda membeli Axie dari marketplace, anda perlu deposit ETH dan dikirimkan serta dikonversi ke WETH ke Ronin Wallet.
  2. Ekstensi Metamask di Chrome (Opsional), Metamask ini hanya diperlukan jika anda berencana mendapatkan 3 Axie pertama dengan membeli Axie melalui marketplace. Diperlukan ETH yang harus ditransfer ke metamask sebelum masuk ke Ronin.
  3. Ekstensi Ronin Wallet di Chrome atau Kiwi Browser untuk mobile atau bisa juga menggunakan Mobile Ronin Wallet. Ronin Wallet ini nantinya akan digunakan sebagai dompet untuk menyimpan aset seperti Axie, Land, atau Item serta token ERC-20 seperti WETH, SLP, AXS, dan lainnya.
Axie adalah aset digital NFT dimana setiap Axie adalah unik, serta tidak dapat diduplikasi
Axie adalah aset digital NFT dimana setiap Axie adalah unik, serta tidak dapat diduplikasi

Baca Juga: Mengenal Cryptocurency

Cara Daftar Axie Infinity

Setelah anda memiliki ekstensi dan akun dari Metamask dan Ronin Wallet, anda dapat memulai pendaftaran. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk daftar Axie Infinity.

  1. Pertama, kunjungi situs https://axieinfinity.com/ untuk donwload apk Axie Infinity atau Axie Infinity versi desktop. Di situs ini, anda juga bisa menginstall ekstensi Metamask dan Ronin Wallet dan membuat akun.
  2. Setelah terdownload, kunjungi marketplace axie infinity di situs https://marketplace.axieinfinity.com/ untuk membuat akun. Untuk membuat akun ini, anda membutuhkan alamat email aktif untuk melakukan verifikasi. Anda juga perlu menghubungkan Ronin Wallet atau Metamask anda. Setelah membuat akun, masuk ke akun anda, bisa dengan email dan password atau melalui akun Metamask atau akun Ronin Wallet.
  3. Untuk login ke apk Axie Infinity, anda harus melakukan scan barcode yang bisa anda dapatkan melalui menu “my account” dan klik “show QR” pada bagian kana atas, di bawah username dan email anda.
Di Axie Infinity, anda membutuhkan setidaknya 3 Axie untuk bisa mulai bermain
Di Axie Infinity, anda membutuhkan setidaknya 3 Axie untuk bisa mulai bermain dan menghasilkan keuntungan

Baca Juga: Menghasilkan Uang dengan Streaming Game

Mulai Main Axie Infinity

Untuk bisa main Axie Infinity, anda membutuhkan minimum 3 Axie. Anda bisa membelinya langsung dari orang lain melalui fitur gift atau membeli melalui marketplace. Disini, kami lebih menyarankan untuk membeli Axie secara langsung. Kenapa? Jika anda pemula di dunia crypto ethereum, anda mungkin akan kaget atas besarnya gas fee yang dikenakan dari transfer ETH dari Tokocrypto/Binance ke Metamask dan dari Metamask ke Ronin Wallet. Nah, dengan membeli langsung lewat fitur gift, anda dapat mengeliminasi biaya gas fee ini.

Setelah anda memiliki 3 Axie pertama, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Setelah 3 Axie anda terima di Ronin Wallet, anda bisa mulai membuka game Axie Infinity yang sudah anda install di HP.
  2. Scan barcode untuk login. Barcode bisa dilihat di menu “my account” di marketplace, kemudian “show QR”.
  3. Setelah login di game Axie Infinity, pilih menu “Axie” dan tap pada menu “sync axie” untuk sinkronisasi Axie di game dengan di Ronin Wallet.
  4. Setelah siap, anda bisa mulai memainkan Axie Infinity, baik untuk PvE (adventure) dan PvP (arena) yang lebih jelasnya akan kita bahas di lain kesempatan.
Anda bisa mendapatkan SLP melalui Adventure (PvE) maupun Arena (PvP)
Anda bisa mendapatkan SLP melalui Adventure (PvE) maupun Arena (PvP)

Baca Juga: Cryptocurrency : Apakah Prospektif Untuk Investasi

Scholarship

Dengan penjelasan sebelumnya, lantas akan timbul pertanyaan, apakah untuk bermain Axie Infinity harus membutuhkan modal besar untuk membeli Axie? Tidak selalu. Jika anda memiliki modal untuk membeli 3 Axie pertama, anda bisa mengikuti langkah-langkah diatas. Lalu, bagaimana jika tidak memiliki modal? Tenang saja, anda masih bisa memainkan Axie Infinity tanpa modal sama sekali (kecuali device seperti HP) melalui program Scholarship.

Apa itu Scholarship? Scholarship adalah program yang dibuat oleh komunitas untuk memfasilitasi calon pemain Axie Infinity yang tidak memiliki modal. Dengan program ini, anda akan “dipinjami” Axie untuk dimainkan dan pemberi pinjaman akan mendapat komisi bagi hasil. Jadi, scholarship pada dasarnya kerja sama antara pemain yang tidak memiliki modal dan manager yang memiliki modal.

Pemain akan mendapatkan benefit yaitu bisa mulai menghasilkan dari Axie Infinity tanpa perlu mengumpulkan modal terlebih dahulu, sedangkan manajer akan mendapatkan sebagian dari SLP yang anda dapatkan dengan meminjamkan Axie yang dimilikinya. Umumnya, bagi hasil antara manager dan pemain adalah 60:40 (60% untuk manager dan 40% untuk pemain), namun angka ini bukan angka mutlak tergantung dari manager dan negosiasi.

2 thoughts on “Axie Infinity, Game NFT Penghasil Cuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *