Review Gotrade, Beli Saham US Ga Pake Ribet

Saat ini, ketertarikan investor ritel terhadap pasar saham meningkat cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir. Peningkatan ini didominasi oleh generasi muda di kisaran usia 20 tahun hingga 30 tahun. Sudah cukup banyak broker domestik yang menyediakan jasa jual beli atau investasi saham untuk saham yang terdaftar di bursa efek jakarta. Nah, bagaimana dengan saham luar negeri, khususnya amerika serikat?

Apa itu Gotrade?

Gotrade adalah salah satu platform investasi saham yang untuk transaksi saham yang terdaftar di Amerika Serikat. Gotrade memang dibuat dikhususkan untuk investasi saham US untuk non-warga negara Ameriksa Serikat. Tidak semua negara bisa memulai investasi dengan Gotrade. Untungnya, Indonesia menjadi salah satu negara yang sudah tersupport Gotrade.

Gotrade sendiri adalah nama dagang dari TR8 Securities Inc., yang memiliki lisensi dibawah Labuan Financial Services and Securities Act, Malaysia. Gotrade sendiri dibangun oleh tim yang uniknya, beberapa diantaranya adalah orang Indonesia.

A. Kelebihan Gotrade

Sebagai salah satu platform investasi saham yang tergolong baru, Gotrade menawarkan kelebihan yang mungkin tidak dimiliki kompetitornya.

1. Tanpa Komisi Pembelian/Penjualan

Gotrade tidak memungut komisi atas pembelian maupun penjualan saham sama sekali. Jadi transaksi saham sama sekali tidak ada biaya dari pihak Gotrade. Namun, perlu diingat, meskipun tidak ada biaya yang dipungut oleh pihak Gotrade, masih terdapat biaya yang dibebankan oleh US Security Exchange Commission (SEC) dan Financial Industry Regulatory Authority Trading Activity Fee (FINRA TAF).

Tidak perlu khawatir, SEC fee dan FINRA TAF fee tergolong kecil. SEC fee dibebankan sebesar USD 5.10 tiap penjualan per USD 1 juta, sedangkan TAF fee dibebankan sebesar USD 0.000119 per lembar saham (maks USD 5.95 per penjualan). Jadi, intinya untuk transaksi normal yang tidak sampai ratusan juta hanya dikenakan nilai yang sangat kecil, minimum USD 0.01 saja untuk masing-masing fee penjualan.

2. Saham Asli, Bukan Sekedar CFD

Beberapa tahun yang lalu, kebanyakan broker yang menyediakan jasa transaksi saham hanya menjual Contract for Difference (CFD) saja. Semua saham yang dijual Gotrade adalah saham asli yang benar-benar terdaftar atas nama anda dan berhak atas dividen. Ya, meskipun untuk masa sekarang beberapa broker juga sudah banyak yang menjual saham asli.

3. Mendapatkan Dividen

Kami sudah uji coba dan membuktikan bahwa Dividen yang dibagikan oleh perusahaan yang kita miliki memang benar-benar didistribukan ke akun Gotrade kita dan masuk ke saldo akun. Dividen yang dibagikan akan dipotong witholding tax.

Nah, disini ada yang menarik. Default witholding tax atas pendapatan yang didapatkan dari Amerika Serikat adalah 30%. Namun, Indonesia adalah salah satu yang memiliki perjanjian terkait ini dan benar saja, witholding tax yang dikenakan pada akun Gotrade WNI hanya sebesar 15% saja, sesuai dengan perjanjian Indonesia-Amerika.

4. Withdrawal Fee yang Kompetitif

Jika anda sebelumnya sudah menggunakan Gotrade, anda tentu sudah menyadari bahwa withdrawal fee yang sebelumnya dikenakan sebesar USD 12, kini berhasil diturunkan menjadi USD 4 saja. Perlu diketahui juga bahwa biaya ini bukan dikenakan oleh Gotrade, melainkan oleh Rapyd Holdings Pte Ltd yang menjadi penyedia layanan pembayarannya. Gotrade sendiri mengatakan bahwa akan berusaha untuk menghilangkan biaya ini.

5. Pembelian Fraction of Shares

Ini menjadi salah satu kelebihan yang membuat investor kecil bisa mulai berinvestasi. Saham yang dibeli bisa dalam bentuk pecahan, mulai dari USD 1 saja. Jadi, tidak perlu harus membeli 1 lembar saham apalagi 1 lot.

6. Interface yang User Friendly

Platform Gotrade dibangun dengan interface yang user friendly dan sangat mudah dioperasikan bahkan oleh pemula.

Baca Juga: Daftar Broker Saham Terpercaya Untuk Bertransaksi Saham

B. Kekurangan Gotrade

1. Belum Terdaftar di OJK

Sebagai platform yang berbasis di luar negeri, Gotrade memang belum terdaftar di OJK. Memang, dari yang kami ketahui belum ada broker yang menyediakan platform investasi saham Amerika Serikat yang terdaftar di OJK.

Akan tetapi, anda tidak perlu khawatir. Gotrade sendiri sudah berlisensi dari Labuan Financial Services Authority (Labuan FSA). Labuan FSA merupakan lembaga pemerintahan Malayasia yang mirip dengan OJK. Selain itu, dana anda bukan dipegang oleh Gotrade, melainkan oleh Alpaca Securites LLC yang berperan sebagai kustodian. Selain itu, dana anda juga dilindungi oleh Securities Investor Protection Corporation (SIPC) sampai dengan USD 500 ribu.

2. Interface yang Sederhana

Interface yang user-friendly memang menjadi kelebihan bagi pengguna pemula. Di sisi lain, bagi pengguna yang sudah malah-melintang di dunia pasar saham, interface-nya terkesan sederhana dan informasi yang tersedia juga terkesan minimalis. Alternatifnya, anda bisa mengakses website NASDAQ untuk mendapatkan informasi yang lebih komprehensif.

Membuat Akun Gotrade

Mendaftar akun Gotrade tergolong cukup mudah. Anda bisa melakukannya sepenuhnya secara online tanpa ada berkas yang harus ditempeli materai dan dikirim. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat akun Gotrade:

  1. Cari dan download aplikasi Gotrade di Google Play Store atau di App Store.
  2. Isilah form data pribadi seperti email, nama, tanggal lahir, kebangsaan, dan sebagainya. Mengisi invite token tidak wajib, namun jika tidak diisi anda akan dimasukkan dalam waiting list approval, sedangkan jika diisi proses approval lebih cepat. Kami sendiri membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam untuk proses approval dengan mengisi invite token. (Invite token kami: 486264, invite token ini juga bisa didapat dari googling di forum-forum atau blog)
  3. Siapkan KTP. Anda akan diminta untuk foto KTP dan selfie serta tanda tangan digital.
  4. Tunggu proses verifikasi. Setelah proses approval, akun anda sudah aktif dan sudah bisa melakukan transaksi.

Cara Transaksi Saham di Gotrade

Sebelum memulai transaksi saham, anda harus deposit terlebih dahulu. Setelah itu barulah anda bisa bertransaksi. Deposit, penjualan, dan dividen akan masuk ke dalam saldo akun Gotrade anda, sedangkan pembelian akan langsung mendebet saldo akun Gotrade anda.

A. Cara Deposit ke Akun Gotrade

Deposit ke akun gotrade bisa dilakukan melalui beberapa Bank lokal, baik melalui transfer maupun virtual account. Dari keterangannya, tertulis bahwa deposit akan masuk dalam 1×24 jam, namun dari pengalaman kami, saldo langsung masuk kurang dari satu menit setelah top-up via BRIVA. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk top-up:

  1. Cari dan pilih menu “Deposit to Gotrade” di ikon bergambar dolar
  2. Setelah itu akan muncul menu Deposit in IDR, dimana anda bisa memilih salah satu dari beberapa metode dari beberapa bank besar seperti BRI dan Mandiri, serta bisa juga melalui e-wallet seperti DANA.
  3. Setelah anda memilih metodenya, anda bisa memilih apakah dana akan dimasukkan sekarang atau besok, dengan dua pilihan kurs yang berbeda.
  4. Kemudian, anda akan diminta memasukkan nominal dalam rupiah. Disini anda bisa melihat kurs yang hari ini atau besok serta berapa hasil konversi ke USD.
  5. Setelah memasukkan nominal, pilih preview deposit untuk konfirmasi berapa rupiah yang harus dibayar dan berapa USD yang akan didapat.
  6. Terakhir, swipe atas dan lakukan transaksi sesuai metode yang dipilih.
Menu dengan Ikon bergambar dolar di Gotrade untuk Deposit dan Withdrawal
Menu dengan Ikon bergambar dolar di Gotrade untuk Deposit dan Withdrawal

B. Cara Membeli Saham US di Gotrade

Setelah akun terverifikasi dan saldo masuk ke akun Gotrade anda, anda sudah bisa mulai membeli saham. Berikut langkah-langkah membeli saham melalui Gotrade.

  1. Pilih ikon dengan tanda kaca pembesar (bawah tengah)
  2. Di kolom atas, anda bisa langsung meng-input nama perusahaan atau kode saham untuk mencari
  3. Anda juga bisa mencari dari kategori, misalkan “tech giant”, “dividend aristocrats”, dan sebagainya
  4. Selain saham, anda juga bisa membeli ETF di sini.
  5. Setelah anda menemukan perusahaan yang anda cari, klik pada kolom tersebut
  6. Setelah itu, halaman saham atas perusahaan terkait akan ditampilkan.
  7. Pilih “Buy” atau “Trade” di bagian bawah kemudian masukkan nominal.

Untuk informasi, ada 3 jenis pembelian saham yaitu Buy in Dollars, Buy in Shares, dan Buy at Limit Price. Masing-masing memiliki fungsi berbeda. Pembeli fraction of shares hanya tersedia pada Buy in Dollars dan Buy in Shares (minimal USD 1) serta transaksi akan dilakukan pada harga pasar. Sedangkan Buy at Limit Price memungkinkan anda untuk membeli sesuai harga yang anda tentukan layaknya transaksi saham di Indonesia, namun minimun transaksi adalah 1 lembar saham.

Mencari Saham atau EFT di Gotrade bisa dilakukan di menu ini, baik melalui kolom pencarian nama/kode maupun melalui kategori
Mencari Saham atau EFT di Gotrade bisa dilakukan di menu ini, baik melalui kolom pencarian nama/kode maupun melalui kategori

C. Cara Menjual Saham US di Gotrade

Setelah anda membeli saham, mungkin kedepannya anda akan menjual saham yang anda miliki. Berikut ini adalah langkah-langkah menjual saham melalui Gotrade.

  1. Masuk ke menu portfolio anda
  2. Di halaman portfolio, anda dapat melihat saham-saham yang anda miliki
  3. Pilih salah satu saham yang akan anda jual
  4. Setelah muncul halaman saham, pilih “Trade” kemudian pilih “Sell”
  5. Di halaman penjualan, anda juga memiliki 3 opsi order type yang sama seperti pembelian yaitu Sell in Dollars, Sell in Shares, dan Sell at Limit Price
  6. Masukkan nominal/jumlah saham/harga yang diinginkan sesuai order type.
Menu portfolio Gotrade untuk mengetahui posisi investasi kita serta sebagai shortcut untuk menjual saham yang kita miliki
Menu portfolio Gotrade untuk mengetahui posisi investasi kita serta sebagai shortcut untuk menjual saham yang kita miliki

D. Cara Menarik Saldo Gotrade ke Rekening Bank

Setelah anda menjual saham atau menerima dividen, dan anda ingin menarik sebagian atau semua saldo anda, ikuti langkah-langkah withdrawal berikut ini.

  1. Pilih menu “Withdraw from Gotrade” di ikon bergambar dolar yang sama dengan ketika deposit.
  2. Pilih “Add new account” untuk memasukkan rekening anda
  3. Setelah selesai membuat akun bank, pilih akun bank tersebut
  4. Akan muncul konfirmasi, pastikan nomor rekening sudah sesuai dan pilih “send to this account”
  5. Lalu akan muncul halaman withdrawal, masukan nominal yang akan ditarik dalam USD
  6. Pilih preview withdraw, halaman konfirmasi akan muncul
  7. Setelah sudah dipastikan sesuai, swipe ke atas

Pencairan dana ke rekening bank membutuhkan waktu 3×24 jam. Namun, pada pengalaman kami, dana sudah masuk ke rekening satu hari setelah penarikan.

Baca Juga: Investasi: Antara Saham, Reksadana, Dan Deposito

Biaya-Biaya di Gotrade

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, meskipun pihak Gotrade tidak membebankan biaya jual dan biaya beli, masih terdapat biaya lain yang dibebankan oleh SEC dan FINRA TAF.

A. Besaran Biaya dan Contoh Perhitungan

Daftar biaya-biaya di platform Gotrade adalah sebagai berikut:

  • Withdrawal fee = USD 4
  • SEC Sell fee = USD 5.10 per USD 1,000,000
  • FINRA TAF fee = USD 0.000119 per lembar saham
  • Dividend Witholding tax = 15% (Indonesia)
Biaya-Biaya pada Platform Gotrade untuk Warga Negara Indonesia per Oktober 2021
Biaya-Biaya pada Platform Gotrade untuk Warga Negara Indonesia per Oktober 2021

Contoh Perhitungan Dividen:

  • Anda memiliki saham A senilai USD 200. Kemudian Perusahaan A membagikan dividen dan anda mendapat dividen tiga bulanan senilai USD 2.5. Berapa dividen yang akan masuk saldo?
  • Dividen yang masuk saldo = Dividen kotor – Witholding tax = USD 2.5 – (USD 2.5 * 15%) = USD 2.5 – USD 0.38 = USD 2.12

Contoh Perhitungan SEC fee dan TAF fee:

  • Anda menjual saham B sebanyak 2 lembar dengan nilai USD 100. Transaksi penjualan ini dikenakan SEC fee dan TAF fee. Berapa nilai bersih yang akan masuk ke saldo?
  • SEC fee = USD 5.10 * (USD 100 / USD 1,000,000) = USD 0.00051 (dibulatkan menjadi 1 sen atau USD 0.01)
  • TAF fee = Jumlah saham * USD 0.000119 = 2 * USD 0.000119 = USD 0.000238 (dibulatkan menjadi 1 sen atau USD 0.01)
  • Penjualan Bersih = Penjualan Kotor – (SEC fee + TAF fee) = USD 100 – (USD 0.01 + USD 0.01) = USD 99.98

Contoh Perhitungan Withdrawal fee:

  • Dari hasil penjualan saham, anda ingin menarik dana anda sebesar USD 90 ke rekening Bank Mandiri. Berapa nilai yang akan anda terima di rekening Bank Mandiri anda?
  • Nilai yang diterima ke rekening = Withdraw – Withdraw fee = USD 90 – USD 4 = USD 86

Nominal yang akan diterima adalah dalam rupiah dengan konversi berdasarkan kurs saat pencairan. Pencairan dana akan masuk ke rekening dalam waktu 3 hari bursa, namun pada kasus kami, dana sudah masuk ke rekening dalam waktu 1 hari bursa.

B. Darimana Gotrade Mendapat Keuntungan

Jika Gotrade tidak mendapatkan komisi pemebelian dan penjualan, darimana Gotrade mendapat keuntungan? Terdengar sepele, tapi pertanyaan ini yang menjadi indikator awal apakah sebuah platform itu penipuan atau bukan. Selain itu, pertanyaan ini juga akan menentukan bagaimana dan seberapa lama platform akan bertahan.

Memang gotrade menggratiskan biaya pembelian dan penjualan. Namun, berdasarkan situsnya, Gotrade menjelaskan bagaimana mereka mendapatkan keuntungan. Gotrade memotong sedikit dari foreign exchange atas konversi kurs saat kita deposit. Selain itu, Gotrade juga mendapatkan bunga cash yang terkumpul.

Kedepannya, Gotrade berencana akan meluncurkan premium paid subscription sebagai pendapatan mereka. Gotrade juga berencana akan membebankan interchage fees atas kartu debit. Namun masih belum diketahui kapan program-program ini akan dijalankan.

Saat ini, Gotrade mendapatkan keuntungan dari konversi mata uang dan bunga dari kas
Saat ini, Gotrade mendapatkan keuntungan dari konversi mata uang dan bunga dari kas

Baca Juga: Cara Mendaftar di Indopremier (IPOT)

Legalitas Gotrade

Seperti yang dibahas pada bagian kekurangan, Gotrade memang belum terdaftar ataupun diawasi oleh OJK. Akan tetapi, sebagai nama dagang dari perusahaan TR8 Securities Inc., Gotrade sudah mendapat lisensi dari Labuan Financial Services Authority yang berperan layaknya OJK di Malaysia.

Secara regulasi, Gotrade memiliki halaman Legal Center untuk mereview kebijakan dan legalitasnya. Dibalik Gotrade sendiri, juga terdapat Alpaca Securities LLC sebagai clearing broker dan kustodian, Rapyd Holdings Pte. Ltd. sebagai penyedia layanan pembayaran, hingga SIPC sebagai pelindung dana investor hingga USD 500,000.

Plus Minus Investasi Saham US

Terlepas dari menggunakan Gotrade atau platform lain, berinvestasi di pasar saham Amerika Serikat memiliki kelebihan dan kerugian. Berikut ini adalah penjelasannya.

A. Kelebihan Investasi Saham US

1. Diversifikasi

Jika anda sudah sudah lama terjun di pasar saham Indonesia, anda tentu sudah tahu bagaiamana saham adalah instrumen investasi yang cukup volatil. Dengan diversifikasi sebagian aset ke pasar saham US, anda mengurangi resiko atas gejolak ekonomi domestik.

2. Return

Kembali ke diversifikasi, mungkin sebagian dari anda juga tidak hanya menyimpan rupiah, namun juga dolar Amerika Serikat. Nah, dalam USD, tingkat return yang diberikan atas deposito USD sangat rendah, bahkan jauh lebih rendah dari deposito dalam rupiah. Jika aset USD anda dalam bentuk saham, potensi returnnya akan meningkat signifikan.

3. Stability

Bicara soal instrumen investasi, pasar saham memang salah satu instrumen yang yang paling volatil. Akan tetapi volatilitas pasar saham di bursa efek Amerika Serikat masih lebih rendah daripada bursa saham Indonesia. Dengan pasar yang stabil, potensi return di bursa Amerika Serikat mungkin lebih rendah, namun resikonya juga lebih rendah.

Baca Juga: Investasi di Saham Lokal atau Saham Asing?

B. Kekurangan Investasi Saham US

1. Keterbatasan Pengetahuan Produk Secara Langsung

Berbeda dengan perusahaan-perusahaan di Indonesia, beberapa produk dari perusahaan asal Amerika Serikat masing asing di telinga kita. Hal ini mengurangi keterlibatan langsung kita sebagai konsumen. Beberapa produk yang sudah mendunia memang terdaftar di Bursa Efek Amerika, namun sebagian besar sudah termasuk saham premium. Jadi, investasi di saham Amerika Serikat diperlukan analisis fundamental yang lebih mendalam.

2. Witholding Tax atas Dividen

Meskipun witholding tax atas dividen sudah lebih rendah menjadi 15% karena perjanjian Indonesia-Amerika Serikat, namun angka ini masih lebih besar dari dividen yang kita terima di saham Indonesia. Sebelumnya di Indonesia memang juga dikenakan PPh 15%, namun sejak omnibus law, PPh untuk dividen menjadi 0% untuk WP orang pribadi atau WP badan selama diinvestasikan dalam NKRI.

3. Gejolak Ekonomi Global

Meskipun secara ekonomi Amerika lebih stabil daripada Indonesia, namun dalam kondisi krisis ekonomi Global, negara yang berperan penting dalam ekonomi internasional akan lebih terdampak daripada Indonesia. Sebagai contoh, pada krisis pada tahun 2008, Amerika Serikat terdampak lebih besar dibandingkan Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *