Inilah Perbedaan Akun WhatsApp Business vs Personal yang Jarang Diketahui

WhatsApp merupakan aplikasi percakapan yang paling banyak digunakan saat ini. Sejak awal kemunculannya pada tahun 2010 lalu, aplikasi tersebut terus mengalami perkembangan. Bahkan kini dibagi menjadi dua versi, yakni WhatsApp personal dan business. Namun, apakah Anda tahu perbedaan akun WhatsApp Business vs Personal?

Meskipun memiliki fungsi yang sama, perbedaan akun WhatsApp Business vs Personal tetap nampak jelas. Pemakaiannya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Apa saja dan di mana letak perbedaannya? Yuk, cari tahu!

Letak Perbedaan Akun WhatsApp Business vs Personal

Seperti yang kita ketahui kalau WhatsApp kini sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi percakapan lainnya, WhatsApp pun kini bisa membuat postingan berupa status atau video.

Menariknya lagi kini WhatsApp juga dibagi menjadi dua, yakni WhatsApp personal dan WhatsApp business. Sepintas terlihat sama, tapi kalau Anda perhatikan dengan seksama, maka akan terlihat perbedaan di beberapa fitur kedua WhatsApp tersebut.

Nah, buat Anda yang penasaran dimana letak perbedaan keduanya berikut ini ada ulasan menarik yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

WhatsApp Personal

Sebelum dibagi menjadi dua, WhatsApp personal merupakan satu-satunya fitur yang dipakai untuk aktivitas chatting. Waktu awal-awal kemunculan aplikasi ini, orang-orang masih terpaku salah satu jenis merek kompetitor, yakni BlackBerry.

BlackBerry hanya mampu bertahan beberapa waktu. Kesempatan mengambil simpati pengguna smartphone tidak dilewatkan begitu saja. WhatsApp berhasil menyaingi BlackBerry, bahkan mampu bertahan sampai sekarang.

Ada banyak fitur menarik yang pada WhatsApp personal, yang di antaranya adalah:

1. Menghapus Pesan

Fitur yang pertama adalah menghapus pesan, ya terkadang sebagai pengguna smartphone kita salah mengirim pesan baik personal maupun grup. Dengan adanya fitur ini, Anda bisa menghapus pesan tersebut dengan cara memencet pesan yang salah beberapa waktu. Setelah itu akan muncul gambar tong sampah, klik dan pilih “hapus untuk semua”.

2. Menghilangkan Centang Biru

Bila umumnya chat yang sudah dibaca akan timbul centang biru di layar penerima chat. Maka dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa menghilangkan centang biru tersebut. Caranya pun cukup mudah, yakni pilih settings (setelan) => account (akun) => privacy (privasi) => read receipts (laporan dibaca).

Jika Anda mengaktifkan pengaturan ini, maka laporan chat sudah dibaca oleh penerima tidak akan pernah muncul. Kecuali di grup, tanda centang biru biasanya masih tetap bisa terlihat.

3. Sembunyikan Waktu Terakhir Aktif

Untuk menggunakan fitur ini, seperti fitur kedua. Anda masuk ke setelan => akun => privasi => terakhir dilihat. Konsekuensinya Anda juga tidak dapat melihat kapan teman Anda terakhir aktif.

4. Membatasi Penggunaan Data

Agar memori ponsel tidak cepat penuh, maka sebaiknya aktifkan kontrol data. Dengan begitu WhatsApp dapat mengontrol atau membatasi media yang terunduh secara otomatis. Caranya, masuk setelan > penyimpanan dan data, lalu pilih fitur unduh media yang Anda inginkan.

5. Notifikasi Custom

Fitur ini bisa Anda gunakan untuk menunggu pesan penting dari teman. Caranya buka chat teman, lalu klik titik 3 pojok kanan atas layar, klik lihat kontak, dan pilih notifikasi kustom.

6. Huruf Tebal atau Miring

WhatsApp juga hadir pada jenis font yang bisa dicustom, yakni tebal, miring, dan lainnya. Caranya pun cukup mudah tekan lama ketikan Anda sampai muncul menu pop up. Lalu pilih opsi pemformatan huruf yang ingin Anda pakai yakni bold, italic, strikethrough atau monospace.

7. Kirim Pesan tanpa Mengetik

Kalau Anda capek dengan mengetik pesan, ada fitur yang bisa digunakan untuk memudahkan. Yakni dengan memanfaatkan Google atau Siri. Atau bisa menggunakan fitur mikrofon yang ada pada keyboard ponsel Anda.

Selain fitur-fitur yang ada di atas, masih banyak lagi fitur canggih lainnya yang sangat sayang kalau tidak dimanfaatkan, seperti :

  • Tandai pesan belum dibaca
  • Email seluruh percakapan
  • Kirim ke banyak kontak
  • Pin percakapan
  • Pesan penting (bintang)
  • Memblokir kontak
  • Menyembunyikan profil
  • Notifikasi pesan

Baca Juga: Cara Membuat Sticker Whatsapp Sendiri

WhatsApp Business

WhatsApp Business merupakan pengembangan dari WhatsApp, yang mana baru diluncurkan pada tahun 2018 khusus untuk bisnis kecil. Dengan adanya WhatsApp bisnis ini Anda tidak lagi harus mengunduh WhatsApp personal. Sebab, keduanya masih memiliki fungsi dasar yang sama.

Logo pada WhatsApp bisnis dan personal dibuat berbeda. Dengan maksud agar pengguna dapat membedakan mana yang untuk pribadi maupun bisnis. Fitur yang ada pada WhatsApp bisnis pun dibuat sedikit berbeda dengan WhatsApp personal, yaitu:

1. Business Profile

Anda bisa menggunakan profil bisnis untuk memberitahu pengguna lainnya. Anda bisa memasukkan informasi bisnis yang sedang dijalankan, misalnya seperti deskripsi bisnis, alamat email, alamat bisnis, sampai dengan situs web yang Anda miliki.

2. Memberikan Label

Anda juga bisa mengatur kontak atau obrolan dengan menggunakan label. Sehingga Anda dapat menemukan kontak yang ada dengan mudah.

3. Pesan Otomatis

Dengan menggunakan WhatsApp ini Anda juga dapat mengatur pesan apabila Anda tidak dapat menjawab chat. Sehingga customer tahu kapan harus menunggu tanggapan dari Anda. Anda pun bisa membuat pesan ucapan untuk memperkenalkan bisnis kepada pelanggan. Yang pasti esan tersebut bisa terkirim secara otomatis.

4. Quick Replies

Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda bisa menyimpan dan menggunakan lagi pesan yang sering Anda kirim. Sehingga Anda tidak perlu lagi repot menjawab pertanyaan yang sering diajukan dalam waktu yang singkat.

Baca Juga: Ketahui Alasan Memblokir Kontak Whatsapp Dan Cara Membuka Blokir Whatsapp Di Hp!

Kesimpulan Perbedaan Akun WhatsApp Business vs Personal

Secara umum WhatsApp personal maupun bisnis tidak ada bedanya, namun yang tampak begitu jelas pada keduanya adalah penambahan fitur dan logo. Tapi agar Anda semakin yakin untuk menggunakan WhatsApp yang mana, berikut ini perbedaan akun WhatsApp business vs personal lainnya, yaitu:

1. Tujuan Penggunaan

Bila pada WhatsApp personal digunakan untuk mengirimkan pesan secara pribadi maupun grup, maka pada bisnis untuk mengirim pesan template atau pesan yang memang khusus untuk obrolan bisnis.

2. Pesan Otomatis

Di WhatsApp personal Anda tidak akan menemukan fitur pesan otomatis, tetapi di WhatsApp bisnis fitur ini sudah tersedia khusus untuk menjawab pesan secara otomatis.

3. Label

Berbeda dengan WhatsApp bisnis yang bisa diberikan tanda atau label, maka di WhatsApp personal Anda hanya bisa memberikan pin sebanyak tiga pin untuk kontak yang Anda anggap benar-benar penting. Label yang diberikan pun bisa disesuaikan dengan kepentingan, yang pasti bisa memanage customer dengan baik dan benar.

Kedua aplikasi WhatsApp ini bisa Anda unduh secara gratis di layanan aplikasi Google Play Store atau App Store. Pilih dan gunakan aplikasi WhatsApp sesuai dengan kebutuhan Anda. Atau bila Anda memang membutuhkan keduanya, maka tidak ada salahnya juga bila ingin mengunduh keduanya. Dengan begitu, Anda jadi bisa membedakan mana yang untuk pribadi atau bisnis.

Baca Juga: Cara Sadap Whatsapp Jarak Jauh Tanpa Root Dengan Mudah

Demikianlah ulasan mengenai perbedaan akun WhatsApp business vs personal. Keduanya dapat Anda gunakan, semoga ulasan dan informasi yang di atas, bermanfaat bahkan bisa jadi referensi yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *