Begini Cara Mudah Membuat Database dengan MySQL

Membuat database dengan MySQL sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Ini dia beberapa di antaranya.

MySQL merupakan salah satu sistem manajemen basis data relasional open source. Sistem ini dapat dijalankan pada hampir semua jenis platform sebut saja Linux, UNIX, dan juga Windows. Cara membuat database dengan MySQL pun kini semakin berkembang.

Meskipun dikenal sebagai manajemen basis data untuk aplikasi dengan basis web MySQL ternyata sudah diakuisisi oleh Sun Microsystems. Tepatnya pada tahun 2008 lalu dan pada tahun 2010 dibeli oleh Oracle. Ada banyak cara untuk membuat database dengan MySQL. Caranya dapat Anda simak dari artikel ini.

Cara Membuat Database Dengan MySQL

Developer atau pengembang saat ini masih bisa menggunakan MySQL dibawah lisensi GNU General Public License. Sebaliknya untuk perusahaan, Anda harus menggunakan lisensi komersial yang didapat dari Oracle.

Membuat atabase dengan menggunakan MySQL sebenarnya bisa dilakukan dengan banyak cara. Akan tetapi, hanya 3 cara yang akan dibahas di sini untuk Anda, yaitu:

Menggunakan cPanel

Cara pertama adalah dengan menggunakan cPanel, yang merupakan kontrol panel web hosting. Sarana ini sudah disediakan oleh layanan web hosting dengan maksud memudahkan Anda sebagai pemilik website untuk melakukan pengaturan melalui tampilan web.

Nantinya Anda akan disediakan berbagai macam tool yang bisa digunakan untuk mengendalikan dan menjalankan website. Tool membuat database adalah salah satunya.

Untuk bisa menggunakan tool tersebut, Anda setidaknya memakai hosting unlimited yang sudah menggunakan cPanel. Dengan adanya cPanel tersebut nanti yang bisa digunakan untuk membuat database. Pembuatan yang bisa Anda lakukan dengan mudah di menu yang sudah ada untuk pengaturan database. CPanel banyak dipilih karena sudah terjamin mutu dan kualitasnya sebagai kontrol panel web hosting.

Tampilan yang dimiliki cPanel sangat sederhana sehingga membuatnya cukup mudah untuk digunakan oleh siapa pun termasuk pengguna baru. Tidak hanya membuat database baru, dengan cPanel juga Anda dapat mengelola email, dan mengunggah file website.

Adapun cara untuk membuat database di cPanel yaitu:

  1. Langkah pertama Anda login ke cPanel.
  2. Lalu klik menu MySQL Databases yang ada di kolom Databases.
  3. Masukkan nama database baru pada kolom New Database, lalu klik tombol Create Database untuk membuat database baru. Sebelumnya Anda harus pastikan kalau nama untuk database yang baru tidak sama dengan database lainnya.
  4. Kemudian Anda kembali lagi ke halaman sebelumnya, dengan klik tombol Go Back.
  5. Pilih menu Add New User untuk menambahkan user baru, lalu isi kolom yang ada pada menu seperti username, password, ulangi password, lalu klik Create User.
  6. Kalau sudah pilih Go Back untuk kembali ke halaman sebelumnya.
  7. Apabila database juga user sudah jadi, maka langkah selanjutnya adalah menambahkan user pada database. Caranya klik Add User To Database, lalu pilih user dan database pada menu drop down. lalu klik tombol Add agar perubahan berhasil disimpan.
  8. Langkah terakhir klik ALL PRIVILEGES untuk mencentang semua kolom yang ada. Kemudian klik Make Changes untuk menyimpan perubahan.

Kalau sudah selesai mengikuti langkah-langkah diatas, maka cara membuat database di MySQL dengan menggunakan cPanel sudah berhasil Anda buat.

Baca Juga: Cara Mengembalikan File Excel yang Corrupt di Windows

Menggunakan Command Prompt

Cara kedua adalah dengan menggunakan command prompt yang ada di localhost. Di tempat yang kedua ini, Anda bisa mengembangkan website tidak harus terkoneksi dengan internet. Yang Anda perlukan hanya melakukan instalasi MySQL di komputer yang Anda pakai.

Bahkan untuk membuat database MySQL dengan command prompt juga bisa Anda lakukan. Ada dua cara untuk membuat database dengan command prompt, yang pertama dengan WAMServer dan yang kedua dengan XAMPP.

Adapun langkah-langkah yang bisa Anda ikuti sebagai berikut:

WAMPServer

  1. Install WAMPServer di komputer
  2. Buka command prompt di menu Run dengan menekan gambar windows plus R, lalu ketik cmd dan tekan Enter.
  3. Setelah itu akan ada perintah masukkan cd c:\wamp64\bin\mysql\mysql5.7.19\bin, selanjutnya tekan enter.

Perintah diatas harus sesuai dengan lokasi Anda menginstal WAMPServer dan versi MySQL yang terinstal. Pada contoh diatas kami menginstalnya di direktori dengan versi MySQL 5.7.19. Maka silahkan Anda sesuaikan dengan lokasi instalasi dan versi MySQL.

  1. Langkah berikutnya Anda ketik perintah mysql -u root, lalu klik Enter.
  2. Lalu bila Anda ingin membuat database baru, maka Anda bisa mengetik create database (nama database Anda), lalu tekan tombol Enter.
  3. Ketik perintah show database bila Anda ingin menampilkan daftar database di komputer.

XAMPP

  1. Langkah pertama adalah install XAMPP di komputer Anda
  2. Buka XAMPP lalu klik tombol START pada baris MySQL.
  3. Tekan tombol Windows plus R untuk membuka command prompt, lalu ketik CMD dan tekan tombol Enter.
  4. Ketik perintah cd c:\xampp\mysql\bin di command prompt, selanjutnya tekan Enter.
  5. Langkah berikutnya ketik perintah mysql -u root.
  6. Untuk membuat database, maka Anda masukkan perintah create database dengan nama yang diinginkan, lalu tekan tombol Enter.
  7. Bila Anda ingin melihat database yang sudah berhasil dibuat, maka ketik perintah show database dan tekan Enter.

Baca Juga: Pentingnya Back Up Blog

Menggunakan phpMyAdmin

Kalau cara kedua dianggap kurang pas dengan Anda, maka Anda bisa mencoba cara ketiga yaitu dengan menggunakan phpMyAdmin.

phpMyAdmin ini sendiri merupakan perangkat lunak yang dibuat dengan PHP. Yang mana memiliki fungsi untuk mengatur administrasi MySQL melalui sebuah Web. Operasi yang didukung oleh phpMyAdmin ada dua yakni MySQL dan MariaDB. Yang umumnya dipakai untuk mengelola database, tabel, relasi, pengguna, kolom, dan sebagainya.

Bila Anda ingin membuat database dengan cara yang ketiga ini, maka berikut ini adalah langkah yang bisa Anda terapkan. Namun, sebelumnya pastikan kalau Anda sudah menginstal XAMPP atau WAMP Server seperti pada cara kedua.

Adapun langkah-langkahnya adalah:

  1. Langkah pertama jalankan service Apache dan MySQL di XAMPP dengan menekan tombol Start.
  2. Kemudian di browser, Anda harus akses URL berikut: localhost/phpmyadmin
  3. Bila ingin membuat database, maka Anda klik New, masukkan nama database yang diinginkan, lalu klik tombol Buat atau Create.
  4. Nanti akan tampak database yang sudah Anda buat pada menu yang ada pada sebelah kiri layar.

Cukup dengan keempat langkah di atas, proses pembuatan database Anda akan sudah berhasil. Cara ini akan lebih baik dijalankan bila Anda menginstal WordPress di localhost terlebih dahulu.

Baca Juga: Perbandingan Cloud Hosting, VPS, dan Shared Hosting, Mana yang Terbaik?

Untuk pemula, memang sedikit rumit membuat database di MySQL. Akan tetapi, kalau Anda sudah mampu untuk memahami langkah-langkah yang sudah diberikan diatas, maka cara-cara yang sudah dijelaskan tidak akan lagi terasa sulit, bahkan mudah untuk dilakukan. Semoga ulasan atau informasi berupa langkah-langkah membuat database dengan MySQL di atas bisa membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *