Ini Perbandingan Mac OS vs Microsoft Windows yang Perlu Anda Ketahui

Perbandingan Mac OS vs Microsoft Windows secara harga jelas jauh. Tapi apakah itu juga berlaku pada fitur-fiturnya? Yuk, simak ulasannya!

Perbandingan Mac OS vs Microsoft Windows itu mungkin seperti hotel bintang lima dan bintang satu jika dilihat dari harganya. Namun, apakah benar fitur dan spesifikasi di antaranya keduanya sangat jauh? Cari jawabannya di sini!

Induk Mac OS dan Microsoft Windows

Induk dari Mac OS adalah Apple Inc. Sistem operasi yang dulu disebut dengan OS X atau Mac OS X ini diciptakan untuk komputer Macintosh. Komputer Macintosh sendiri adalah produk komputer yang dikeluarkan serta dikembangkan oleh Apple Inc juga. Jadi, katakanlah, Apple Inc memproduksi komputernya, perusahaan itu juga yang membuat sistem operasinya.

Sistem operasi Mac OS cukup populer sejak awal dikeluarkan untuk yang pertama kali pada tahun 2001 silam. Namun memang, penilaian untuk kinerjanya tidak cukup baik. Baru setelah Apple Inc mengeluarkan versi terbarunya, Mac OS 10.4 Tiger, Apple Inc tampak tidak main-main dengan sistem operasi yang dikembangkannya tersebut.

Kinerja fitur-fitur dalam sistem operasi Mac OS 10.4 Tiger ini sempat membuat kompetitor Apple Inc merasa kaget. Lebih-lebih, Apple Inc melakukan banyak pengembangan setelah itu, termasuk dengan Ipod dan layanan yang bersifat online.

Baca Juga: Cara Menyalakan/ Mematikan Windows Firewall

Nah, bagaimana dengan Microsoft Windows?

Induk dari Microsoft Windows adalah Microsoft. Sejak dulu, Microsoft memang pesaing terberat dari Apple Inc. Atau mungkin sebaliknya, Apple Inc adalah saingan terberat dari Microsoft. Tentu, karena keduanya mengembangkan sistem operasi yang terus beradu fitur untuk merebut pasar.

Perbandingan Mac OS vs Microsoft Windows paling mencolok di sini adalah, untuk perangkat apa kedua sistem operasi ini bisa digunakan. Di atas sudah diulas dengan jelas, Mac OS hanya untuk perangkat yang diproduksi oleh Apple Inc. Berbeda dengan Windows yang digunakan untuk perangkat keras produksi perusahaan lain di luar Microsoft.

Microsoft sendiri memang hanya mengembangkan perangkat lunak, dan hampir tidak pernah menyentuh pengembangan perangkat keras. Segi positifnya, Microsoft bisa lebih konsentrasi untuk terus memberikan upgrade terhadap produk perangkat lunaknya.

Nah, lebih dulu mana Mac OS dan Microsoft Windows dirilis? Lebih dulu Windows. Windows sudah rilis pada tahun 1985, sedangkan pada tahun itu, Mac OS masih dalam bentuk embrio, yakni Sistem Operasi NeXTSTEP.

Membandingkan Mac OS dan Microsoft Windows Secara Harga

Mac OS tidak akan banyak Anda temukan pada perangkat keras komputer atau laptop dan sejenisnya selain produk keluaran Apple Inc. Padahal, Anda pasti tahu, harga perangkat kompoter atau Mac Apple berada di angka belasan juta.

Ini berbeda dengan Windows yang bisa diinstal pada beragam komputer dengan spesifikasi dan harga yang beragam. Bahkan, jika bujet Anda berada di bawah angka 2 juta rupiah, Anda masih bisa dengan mudah menemukan perangkat yang menggunakan Sistem Operasi Windows.

Dari dua hal ini, tentu Anda bisa menyimpulkan seperti apa perbedaan harga keduanya.

Baca Juga: Android vs iOS : 5 Kelebihan dan Kekurangan Android dan IOS yang Harus Anda Tahu

Membandingkan Sistem Kerja Mac OS dan Microsoft Windows

Secara sistem, dua sistem operasi ini memiliki banyak kemiripan. Kinerjanya pun hampir sama. Meski begitu, jika sebelumnya Anda adalah pengguna setia Windows, mungkin Anda perlu sedikit membiasakan diri dengan istilah-istilah yang dimiliki oleh Mac OS.

Berikut ini beberapa perbedaan nama antara Windows dan Mac OS yang memiliki kesamaan fungsi:

  • Windows Explorer memiliki kesamaan fungsi dengan Finder pada Mac OS.
  • Control Panel pada Windows, memiliki kesamaan fungsi dengan System Preferences pada Mac OS.
  • Recycle Bin pada Windows, sama fungsi dengan Trash pada Mac OS.
  • Task Manager pada Windows, sama fungsi dengan Activity Monitor pada Mac OS.
  • Progams pada Windows, dalam Mac OS disebut Applications.
  • Taskbar pada Windows, disebut Dock pada Mac OS.
  • Browser bawaan Windows adalah Internet Explorer, pada Mac OS adalah Safari.
  • Fitur pencarian pada Windows adalah Search, sedang pada Mac OS adalah Spotlight.
  • Fitur Start Menu pada Windows, sama fungsi dengan Launchpad pada Mac OS.
  • Fitur Action Center pada Windows sama fungsi dengan Notification Center pada Mac OS.
  • Fitur Media Center pada Windows, sama fungsi dengan iTunes pada Mac OS
  • Fitur space penyimpanan online pada Windows adalah OneDrive, sedang fitur space penyimpanan online pada Mac OS adalah iCloud.
  • Windows memiliki store yang disebut dengan Windows Store, sedang pada Mac OS disebut App Store.

Dari beberapa hal tersebut, tentu Anda bisa mendapat gambaran seperti apa Windows, dan seperti apa Mac OS. Dua-duanya memiliki sistem yang hampir mirip. Akan tetapi, tentu saja tampilan keduanya berbeda.

Membandingkan Mac OS vs Microsoft Windows dari Segi Keamanan Data

Aman dan lebih aman dua sistem operasi ini bukan berasal dari sistem operasinya sendiri. Semuanya aman. Hanya saja, jika melihat banyaknya pengguna Windows, Anda tentu tahu berapa banyak peretas yang lebih tertarik membobol Windows dari pada Mac OS. Karenanya, tentu kasus pembobolan sistem jaringan keamanan yang berbasis Windows lebih banyak daripada Mac OS.

Namun demikian, jika mau diprosentasi antara banyak pengguna dan banyak kasus, bisa jadi Anda akan tahu sistem keamanan Microsoft Windows dan Mac OS berimbang.

Perbandingan User Interface pada Mac OS vs Microsoft Windows

Banyak yang mengatakan tampilan Mac OS jauh lebih bagus daripada Windows. Pengalaman yang diberikan pada pengguna juga jauh lebih bagus Mac OS daripada Windows. Tampilan Mac OS disebut-sebut lebih elegan. Hanya saja, lagi-lagi hal semacam ini sangat tergantung dengan selera masing-masing orang.

Baca Juga: Photo Editor: Adobe Photoshop vs Corel Photopaint

Membandingkan Peralihan Dua Sistem Operasi

Hal ini yang tampaknya sangat menarik untuk disebutkan. Pengguna Mac OS, bisa sekaligus menginstal Windows pada perangkatnya. Hal ini memungkinkan pengguna Mac OS bisa beralih antara Windows dan Mac OS. Jika satu waktu pengguna ingin menggunakan Windows, pengguna Mac OS tinggal beralih. Jika ingin kembali lagi, pengguna juga bisa dengan mudah beralih ke Mac OS.

Pengalaman semacam ini tidak akan ditemukan oleh pengguna Windows. Pengguna Windows tidak bisa menginstal Mac OS. Karenanya, jika pengguna Windows ingin beralih ke Mac OS, caranya tidak semudah pengguna Mac OS yang ingin beralih ke Windows.

Dari banyak hal yang diulas di atas, kiranya cukup untuk menjadi informasi tambahan bagi Anda. Memang secara harga, keduanya jauh berbeda. Sistem operasi Mac OS jauh lebih mahal daripada Windows. Akibatnya, mungkin benar, secara tampilan Mac OS juga lebih elegan, lebih simpel, dan lebih mudah digunakan dibandingkan dengan Windows.

Namun begitu, secara fungsi dan kegunaan dua sistem operasi tersebut, Windows sudah sangat bagus. Semua kerja yang bisa dilakukan dengan Mac OS, bisa dilakukan oleh Windows. Perangkat yang kompatibel dengan Windows juga jauh lebih banyak dan murah, bisa disesuaikan dengan bujet Anda dengan mudah.

Dan kiranya, perbandingan Mac OS vs Microsoft Windows ini cukup mampu memberikan gambaran dua sistem operasi ini, selain harga tentunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *