8 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Bermain Game PC

Hal yang perlu diperhatikan dalam bermain game PC adalah peralatan tempurnya. Apa saja yang perlu disiapkan? Cek di sini.

Bermain game bisa dilakukan di berbagai platform. Baik di konsol, smartphone maupun PC, memiliki tantangan tersendiri. Nah, jika Anda ingin sesekali mencoba bermain game di PC, akan ada sedikit perbedaan dengan bermain game di konsol atau ponsel. Agar tidak bingung, berikut adalah hal yang perlu diperhatikan dalam bermain game PC termasuk cara memilih atau merakit PC yang tepat untuk gaming.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Bermain Game PC

Nah, jika Anda ingin mencoba bermain game di PC, berikut adalah hal yang perlu diperhatikan dalam bermain game PC.

1. Ketahui dengan Pasti Komponen Apa yang Anda Perlukan

Bermain game di PC membutuhkan beberapa peralatan. Misalnya prosesor yang tepat, RAM, VGA, dan keyboard. Masalahnya, terkadang gamer tidak mengetahui jenis dan kapasitas komponen yang dibutuhkannya.

Jika Anda membeli RAM 16GB DDR4 atau memakai prosesor kelas terbaru hanya untuk bermain game Point Blank, misalnya. Tentu akan berlebihan dan menghambur-hamburkan uang. Sebaiknya cek dahulu spesifikasi minimum game yang Anda ingin mainkan di web resminya. Ini bisa membuat Anda menentukan komponen yang pas dengan kapasitas yang ada.

Merek komponen juga menentukan saat ingin memiliki PC gaming. Untuk mouse dan keyboard, gunakan yang memang didesain khusus seperti Razer, Logitech, atau Steelseries. 

2. Bersihkan PC Secara Teratur

Seperti halnya peralatan elektronik lain, kebersihan PC akan menentukan performanya. Bersihkan PC Anda secara teratur untuk membuang kotoran dan debu yang menempel terutama pada keyboard. Gunakan penyemprot khusus dan lap lembut. Jangan gunakan air walau hanya dipercikkan sedikit-sedikit karena akan merusak komponennya.

Hal lain yang perlu diperhatikan, jangan bermain game sambil makan. Jauhkan juga minuman untuk menghindari risiko tumpah dan merusak PC.

3. Jaga Kesehatan dan Jangan Lupa Istirahat

Walau terdengar klise, tetapi poin ini sebenarnya sangat penting. Berlama-lama duduk di depan komputer bisa membuat seseorang sakit. Apalagi sampai lupa waktu. Gangguan pencernaan, ketegangan pada otot serta gangguan penglihatan adalah beberapa di antaranya. Karena itu jangan lupa untuk istirahat dari acara bermain game untuk mengisi perut, meregangkan tubuh dan melakukan kegiatan lain.

Baca Juga: Cara menggunakan Triple Monitor

4. Tidak Perlu Takut Mencoba Pengaturan Grafik Baru

Utamakan kenyamanan Anda saat bermain game. Tidak perlu mencoba berbagai setting grafik. Dari custom, ultra, high, medium hingga low. Tujuannya agar memaksimalkan kinerja PC dan performa game yang Anda mainkan.

5. Game Diskon? Kenapa Tidak?

Saat ada diskon, aneka game bisa dibeli dengan harga miring. Mulai yang diskon 10% hingga 80%. Walau banyak yang pesimis game diskon biasanya adalah game yang sudah lama dan tidak lagi booming, memainkannya tetap asyik, kok.

Untuk game yang baru rilis juga ada yang diskon. Biasanya diskon paling besar adalah 50%. Hal yang diutamakan saat mencari game diskon adalah orisinalitas. Berkomitmenlah untuk selalu memainkan hanya game original, bukan yang bajakan. Karena ini adalah wujud penghargaan kepada para game developer yang sudah menciptakan game asyik untuk Anda mainkan.

6. Berburu Game dari Distributor Lain

STEAM bukan satu-satunya distributor game, walau bisa dibilang paling senior. Anda bisa berburu game PC dari distributor lainnya seperti GOG milik CD Project. GOG berbeda dengan STEAM, di mana semua game yang kamu beli di sana dapat digunakan oleh user lain tanpa harus login memakai akun GOG. Selain keduanya, ada juga distributor game lain seperti Origin, Humble Bundle atau uPlay milik Ubisoft.

7. Mod atau modification

Di kalangan gamer istilah ini masih menjadi perdebatan, termasuk penggunaannya yang mirip dengan cheat. Namun Anda bisa saja memodifikasi game Anda secara pribadi sekadar untuk mempercantik visual. Mod berguna untuk menambahkan tampilan yang lebih indah pada game Anda. Anda bisa mengunduh mod buatan orang lain atau membuat mod sendiri. 

8. Memilih dan Merakit PC yang Tepat

Baik menggunakan PC yang dibeli di pasaran maupun merakit PC sendiri, ada hal-hal yang harus diperhatikan. Baik itu pemilihan hardware yang tepat maupun masalah memori atau RAM.

Baca Juga: Tips Merakit PC Gaming

a. Pilih Motherboard yang Sesuai

Motherboard adalah tempat dimana semua hardware akan dipasang. Ada tiga jenis yang sering dipakai untuk PC gaming yaitu mini-ITX, micro ATX dan ATX. Jika Anda ingin performa maksimal, bisa menggunakan jenis ATX.

Pastikan motherboard yang dibeli sesuai dengan jenis CPU yang Anda pakai. Anda bisa melihat jenis yang dibutuhkan CPU melalui informasi yang diberikan oleh pabrikan CPU. 

b. Menentukan Graphic Card yang Tepat

Graphic Card (GPU) atau kartu grafis (VGA Card) akan menentukan jenis game apa saja yang bisa Anda mainkan. GPU Nvidia GTX 1050 series adalah yang paling maksimal jika Anda ingin bermain game terkini. Merek lainnya yang bisa dipakai misalnya keluaran Asus, Radeon, MSI dan EVGA.

GPU ini berfungsi untuk mengubah sinyal digital dari PC menjadi tampilan layar grafik di monitor. PC dengan VGA Card yang baik akan menghasilkan game dengan tampilan grafis yang baik juga.

c. Memilih RAM

Untuk gaming, paling tidak membutuhkan RAM dengan kapasitas 8 GB. Tapi jika Anda ingin bermain game terkini yang jauh lebih kompleks dibutuhkan RAM sebesar 16 GB. Bisa saja Anda membeli RAM dengan kapasitas lebih besar, tapi sebaiknya sesuaikan saja dengan kebutuhan saat ini agar tidak mubazir. 

RAM dibutuhkan PC sebagai ruang memori tempat game dijalankan dan disimpan di PC. Karena itu RAM dan kapasitas hard disk akan sangat menentukan. Game terkini biasanya membutuhkan kapasitas hard disk yang juga besar karena lebih kompleks dan ukurannya juga lebih besar.

d. Kapasitas dan Jenis Storage

Saat ingin bermain game PC, bisa menggunakan SSD untuk Windows. Bisa merk Samsung atau Western Digital. SSD juga memiliki banyak jenis konektor dan yang paling cepat adalah NVMe M.2.  Untuk menyimpan data selain game Anda juga membutuhkan HDD.

e. Memilih CPU yang Sesuai

Jenis CPU yang dipakai untuk komputer gaming biasanya adalah Intel i5 atau Intel i7. Untuk performa terbaik, Intel seri K bisa menjadi pilihan, terutama jika ingin overclocked. Namun overclocked bisa membuat CPU cepat rusak dan terlalu panas.

f. Monitor Khusus Agar Nyaman

Untuk game biasanya monitor 17’ sudah lumayan. Tapi sebaiknya Anda memakai monitor 24’ agar mata Anda nyaman. Terutama untuk game seperti PUBG, CSGO atau game kompetitif lainnya, Anda juga membutuhkan refresh rate yang tinggi.

g. Perlindungan Komponen Komputer

Berikan case untuk perlindungan terhadap komponen komputer Anda. Case harus sesuai dengan ukuran motherboard. Juga mampu menempatkan hardware beserta kabel-kabelnya. 

h. Sistem Pendingin yang Efisien

Sistem pendingin berfungsi sebagai peredam panas selama PC yang digunakan untuk bermain game. Bisa juga dengan menggunakan sistem pendingin dengan jenis cairan. Hanya saja pastikan terpasang dengan erat agar tidak bocor dan merusak komponen komputer.

Baca Juga: Maksimalkan Pendinginan PC dengan Liquid Cooler System

Pendingin dengan cairan memang lebih bagus, tapi jika anggaran tidak memenuhi, Anda bisa menggunakan sistem pendingin dengan kipas angin.

Demikian hal-hal yang perlu diperhatikan dalam bermain game PC. Semoga bahasan di atas bermanfaat. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *