Peluang Usaha di Kota Jakarta Modal Sederhana

Ingin menjalankan bisnis di Jakarta tapi modal pas-pasan? 9 ide peluang usaha di kota Jakarta modal kecil ini bisa jadi solusinya

Jumlah penduduk di Jakarta pada tahun 2020 mencapai 10,56 juta jiwa. Jumlah penduduk di Jakarta selalu meningkat cukup signifikan setiap tahunnya. Banyaknya penduduk yang tinggal di berbagai kawasan di Jakarta ini bisa dijadikan kesempatan untuk membuka peluang usaha.

9 Rekomendasi Usaha di Kota Jakarta

Nah, apa saja peluang usaha di kota Jakarta yang potensial mendatangkan banyak konsumen dengan modal pas-pasan, berikut informasi selengkapnya.

1. Usaha dalam Bidang Pendidikan

Mengingat banyak orang tua di Jakarta yang dua-duanya berkarir, lembaga pendidikan non-formal menjadi salah satu jasa yang banyak dicari. Keberadaan Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak-kanak (TK), hingga Day Care menjadi kebutuhan dan dicari oleh banyak orang.

Selain itu, berbagai jenis lembaga les privat juga tidak kalah populer karena banyak orang tua mencari tempat bimbingan belajar untuk anak-anak mereka. Banyak yang mencari lembaga bimbel untuk pelajaran umum, seperti Matematika, Sains, bahasa, hingga les privat mengaji. Nah, Anda bisa coba peluang usaha di kota Jakarta satu ini jika memiliki kemampuan dan ketertarikan dalam dunia pendidikan.

Baca Juga: Tips Bersaing di Bidang Usaha Online Shop

2. Sewa Kos atau Kontrakan

Peluang usaha di kota Jakarta lainnya adalah membangun kontrakan atau kos-kosan. Sudah bukan rahasia lagi jika banyak orang berbondong-bondong ke ibukota tujuannya adalah mencari pekerjaan. Tentunya, mereka membutuhkan tempat tinggal sementara selama bekerja di ibukota, bukan?

Bagi yang tertarik dengan peluang usaha ini, pastikan untuk mengikuti beberapa tips berikut, antara lain:

  • Memilih lokasi yang strategis, misal dekat kampus, kawasan industri, atau perkantoran.
  • Fasilitas yang disediakan sesuai dengan harga sewa
  • Biaya sewa kamar atau kontrakan sesuai rate area setempat
  • Percantik tampilan fisik kos supaya membuat penyewa merasa nyaman dan aman
  • Memastikan kondisi sekitar kontrakan/ kos-kosan aman
  • Memperhatikan kebersihan secara rutin

3. Jasa Menjahit

Fashion adalah salah satu tren yang tidak pernah ada matinya dan perkembangannya sangat cepat terutama di kota besar seperti Jakarta. Permintaan untuk produksi pakaian terus meningkat bahkan kondisi ekonomi tidak cukup memengaruhi sektor ini.

Peluang usaha di kota Jakarta ini tentunya menjadi prospek yang baik bagi para pemilik usaha di bidang jahit ataupun yang ingin menekuni usaha jasa menjahit. Baik jasa jahit rumahan atau konveksi, tetap akan banyak orang yang selalu mencarinya karena permintaan pasar yang selalu tinggi.

4. Usaha Katering

Di Jakarta, terdapat banyak sekali gedung perkantoran dengan jumlah pegawai yang tidak sedikit. Celah tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk Anda yang memiliki skill memasak dan ingin mencoba usaha di bidang kuliner. Usaha katering adalah salah satu yang memiliki prospek baik dengan market para pekerja kantoran yang ingin makan siang lezat dan bergizi. Selain itu, peluang usaha di kota Jakarta ini juga memiliki market lain, seperti orang-orang yang ingin mengadakan acara.

Variasi dalam menciptakan makanan juga menjadi aspek utama dalam mengembangkan usaha katering. Contohnya dengan mengembangkan menu makanan sehat, menu makanan khas Jawa, menu paket hemat nikmat Rp15 ribuan, dan lain sebagainya. Cukup lakukan kreasi dengan menu andalan dan signature khas Anda sendiri.

Baca Juga: Tips Memulai Usaha Kafe

5. Pemasok Bahan Makanan dan Minuman Kafe

Beberapa tahun terakhir ini pertumbuhan bisnis kafe terutama coffeshop sangat signifikan. Anda akan dengan mudah menemukan kafe di Jakarta. Sebenarnya tidak hanya di Jakarta karena pertumbuhan usaha sektor ini memang terjadi hampir di seluruh kota-kota besar di Indonesia. Mulai dari membuat merek sendiri dan membesarkannya atau mengikuti program waralaba.

Kondisi seperti ini bisa Anda manfaatkan untuk menjadi pemasok bahan baku kafe. Misalkan, retail susu GF atau UHT, berbagai jenis kopi, hingga resep-resep menarik. Bagaimana, Anda tertarik ingin mencoba peluang usaha di kota Jakarta satu ini?

6. Usaha Cuci Motor

Semakin macetnya Jakarta menjadi bukti jika pengguna kendaraan di kota ini terus meningkat. Banyaknya orang yang berprofesi sebagi ‘ojol’ juga menjadi peluang yang cemerlang untuk membuka usaha cuci motor.

Perlengkapan yang diperlukan untuk mencoba peluang usaha di kota Jakarta ini adalah kain lap, pompa air, sampo motor, kompresor, dan semir ban. Total modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha cuci motor standar sekitar Rp2.000.000.

7. Laundry

Kota Jakarta merupakan ibukota Indonesia yang memiliki aktivitas manusia super padat dengan mobilitas tinggi setiap harinya. Banyak orang yang waktunya digunakan untuk bekerja sehingga tidak memiliki cukup waktu untuk membersihkan rumah termasuk mencuci pakaian. Nah, kesempatan ini bisa dijadikan peluang bisnis menyediakan layanan cuci setrika atau laundry.

Laundry sendiri ada berbagai jenis, antara lain:

a. Laundry kiloan

Jenis laundry satu ini rasanya sudah tidak asing lagi. Laundry kiloan mengutamakan pada banyaknya jumlah pakaian yang akan dicuci. Laundry kiloan cocok untuk area dekat kos-kosan, kontrakan, kampus, atau karyawan. Harga laundry per kilo serta layanan lainnya bisa disesuaikan dengan harga pasaran di kawasan tersebut.

b. Laundry dry clean

Selanjutnya adalah laundry dry clean yang tentunya akan membutuhkan modal yang lebih besar. Anda bisa menggabungkan layanan laundry kiloan dengan dry clean jika memang memiliki cukup modal. Namun, laundry dry celan umumnya lebih eksklusif dibandingkan dengan tempat laudry yang hanya menyediakan layanan laundry kiloan saja.

c. Laundry koin

Untuk laundry koin sangat cocok untuk komplek apartemen di mana bersifat self-service. Para pelanggan akan datang dan mencuci pakaiannya sendiri dengan memasukkan koin. Namun, jika Anda ingin mencoba peluang usaha di kota Jakarta ini di area yang ditinggali banyak pelajar dan karyawan, mengapa tidak?

Baca Juga: Langkah-Langkah Mengurus Perizinan Usaha

8. Franchise Minuman

Teriknya matahari di kota Jakarta membuat orang-orang mencari penjual minuman yang praktis dan menyegarkan untuk melepas rasa dahaga. Anda bisa memanfaatkannya dengan mencoba peluang bisnis franchise minuman terutama jika modalnya sangat sederhana. Modal yang diperlukan untuk membuka franchise minuman standar berkisar antara 1 hingga 5 jutaan.

Tips supaya sukses bisnis franchise minuman di tengah banyaknya pesaing adalah menyajikan sesuatu yang baru dengan memilih lokasi strategis dan gencar melakukan promosi.

9. Rental Kendaraan

Bagi yang rumahnya dekat dengan kawasan wisata, menyediakan rental kendaraan, seperti mobil, mini bus, dan motor adalah salah satu peluang usaha di kota Jakarta yang menggiurkan. Banyak wisatawan yang datang ke Jakarta untuk berlibur dengan transportasi umum, dan menyewa kendaraan untuk lebih leluasa jalan-jalan ke berbagai tempat wisata.

Selain itu, banyak driver online yang tertarik ingin bergabung menjadi driver aplikasi transportasi online tapi tidak memiliki kendaraan sendiri. Jadi, mereka menyewa kendaraan untuk bisa mencari nafkah sebagai driver transportasi online.

Berbeda dengan 8 bisnis di atas, rental kendaraan membutuhkan modal yang cukup besar. Mencari partner terpercaya yang memiliki visi misi sama adalah jalan terbaik jika ingin mencoba peluang usaha rental kendaraan. Dari 9 peluang usaha di kota Jakarta di atas, manakah yang sesuai dengan minat Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *