Modal Awal yang Harus Anda Tahu untuk Belajar Power Query di Microsoft Excel

Anda ingin belajar Power Query di Microsoft Excel? Sebagai modal awal, mari baca dulu ulasan pada artikel ini!

Sudah tahu, bagaimana cara belajar Power Query di Mocrosoft Excel? Bagi banyak orang, Power Query mungkin dianggap masih terlalu asing, apalagi bagi orang awam yang masih menggunakan Microsoft Excel dengan cara sederhana. Tambahan pula, Power Query bukan fitur bawaan. Oleh sebab itu, Anda tidak akan menemukan fitur Power Query ini pada aplikasi Microsoft Excel tanpa menginstalnya terlebih dahulu.

Mendefinisikan Power Query

Sebelum benar-benar belajar belajar Power Query di Microsoft Excel sebaiknya Anda tahu apa sebenarnya alat ini. Power Query merupakan satu teknologi untuk mengkoneksikan data dari berbagai sumber untuk digabungkan dan bahkan diperbaiki. Dapat dikatakan, Power Query ini disebut sebagai cara menampilkan informasi dari banyak data yang dihubungkan. Power Query ini lebih mirip dengan bahasa pemrogaman yang ada dan dilakukan pada Microsoft Excel meski tidak serumit itu.

Untuk menambahkan Power Query pada aplikasi Microsoft Excel, Anda harus mengunduh dan memasangnya pada perangkat terlebih dahulu. Power Query ini bisa Anda unduh secara gratis melalui laman Microsoft. Anda tinggal mencocokkan file unduhan dengan perangkat serta sistem operasi perangkat Anda.

Manfaat dan Cara Akses Power Query

Penggunaan Power Query lebih memudahkan tentunya. Anda tidak perlu melakukan salin tampal dan membuat dokumen berbeda untuk menampilkan data-data yang sama. Anda bahkan bisa menambah, mengubah, atau menghapus data yang tidak Anda perlukan.

Power Query sendiri bisa diakses dengan mudah. Anda tinggal membuka Aplikasi Microsoft Excel seperti biasa. Jika Anda benar telah menginstalnya, maka akan menemukan Power Query berada pada deretan menu di layar bagian atas. Namun, jika Anda tidak menemukannya, artinya alat tersebut belum terinstal.

Baca Juga: Cara Mengembalikan File Excel yang Corrupt di OS Windows

Menyambungkan Data dengan Power Query

Ada beberapa pilihan data yang bisa Anda sambungkan menggunakan Power Query. Apa saja pilihan datanya? Berikut ini adalah pilihan data yang dapat disambungkan menggunakan Power Query:

  • Data dari web tertentu.
  • Data dari file excel atau file lain pada perangkat Anda.
  • Dari datebase yang menggunakan bahasa pemrogaman SQL atau file data yang Anda buat dengan Microsoft Acces.
  • Dari data yang Anda buat dan simpan pada Microsoft Azure.

Banyaknya jenis data yang bisa disambungkan ini akan membuat Anda lebih leluasa mengolah data dan menyajikan ulang sesuai dengan keinginan. Anda juga bisa membangun ulang data dengan eksistensi yang berbeda dari sumber aslinya.

Bagaimana jika ingin menyatukan seluruh data dari bermacam-macam eksistensi data? Misalnya Anda ingin menggabungkan data dari file Excel, kemudian juga dari web tertentu, serta dari Microsoft Azure yang Anda miliki? Power Query dapat menfasilitasi Anda untuk melakukannya.

Bagaimana caranya? Caranya adalah:

  • Pilih Power Query pada jendela Microsoft Excel Anda.
  • Kemudian pilih From File.
  • Pilih jenis data yang akan disambungkan.
  • Pilih lokasi tempat file Anda berada.
  • Pilih file yang akan disambungkan.

Cara yang sama juga berlaku jika ingin menyambungkan lembar kerja Anda dengan jenis file lain menggunakan Power Query. Misalnya, Anda ingin menyambungkan dengan file yang memiliki eksistensi .xml.

Baca Juga: Formula Baru untuk Microsoft Excel 365 / Excel 2019 ke Atas

Menstransformasikan Data Menggunakan Power Query

Menstransformasi data maksudnya adalah mengubah data sesuai dengan keinginan Anda. Ini artinya, Anda mengambil data dari sumber tertentu, tetapi tidak ingin bentuk datanya sama persis. Untuk itu, ada bagian yang harus dibuang atau bahkan ditambahkan. Jadi, transformasi data adalah mengambil data dan mengubahnya, bahkan hingga mengubah eksistensi data tersebut.

Lalu bagaimana Power Query membantu hal ini? Power Query memiliki satu jendela untuk transformasi data. Jendela ini disebut dengan Query Editor. Query Editor ini bisa muncul jika Anda memilih Launch Editor pada menu Power Query.

Yang menarik, Anda bisa melihat perubahan data yang Anda lakukan lewat Power Query ini. Pasalnya, Power Query mencatat semua tindakan yang Anda lakukan pada Query Editor. Pada Query Editor ada semacam history semua perubahan. History ini tercatat pada bagian Applied Steps yang adadi samping kanan layar perangkat Anda. Anda menghapus kolom, menambahkan kolom, mengganti huruf menjadi huruf besar, semuanya akan tercatat pada Query Editor.

Mungkin Anda bertanya, apakah perubahan yang dilakukan menggunakan Power Query ini akan mengubah data asal? Jawabannya adalah tidak. Setiap perubahan yang Anda lakukan tidak akan mengubah data asal yang menjadi rujukan data Anda. Perubahan-perubahan itu hanya akan terjadi dan diaplikasikan pada data query yang tengah Anda susun tersebut.

History tindakan yang dicatat oleh Editor Query akan sangat Anda perlukan dalam hal ini. Dengan history atau Applied Steps, Anda bisa dengan mudah melihat apa saja yang sudah Anda lakukan dan Anda ubah dari data asal.

Bagaimana cara mengedit pengaturan Query? Cara mengedit pengaturan query tidak lah sulit. Langkah-langkahnya bisa Anda pahami seperti di bawah ini:

  • Pada bagian kanan layar setelah jendela Editor Query terbuka, Anda akan melihat Applied Steps.
  • Klik tindakan mana yang akan Anda benahi.
  • Klik ikon gerigi yang ada di samping kanan teks. Cara lain, Anda bisa menggunakan klik kanan untuk memunculkan pilihan.
  • Setelah itu, tinggal ubah saja sesuai dengan keinginan Anda.
  • Terakhir, tekan OK.

Bagaimana jika Anda ingin menghapus Tindakan pada Applied Steps? Untuk menghapus tindakan yang sudah Anda lakukan, Anda bisa langsung mengklik tindakan yang tercatat tersebut. Setelah itu, klik ikon silang pada bagian kiri teks. Cara ini tentu sangat mudah, bukan?

Baca Juga: Daftar Hotkey (Shortcut) untuk Microsoft Excel 2007-2016

Membagikan Data Excel yang Diolah dengan Power Query

Saat Anda menyimpan lembar kerja atau file yang Anda buat pada Microsoft Excel, maka Power Query yang ada di dalamnya juga akan ikut tersimpan. Jika Anda ingin melihat query apa saja yang tersimpan di dalam file data Anda, pilih Show Panel pada Power Query. Semua query yang ada pada lembar kerja Anda akan muncul di sana.

Lantas bagaimana cara membagikannya? Untuk membagikan query, Anda cukup melakukan klik kanan pada query yang Anda inginkan, kemudian mengambil opsi Send to Data Catalog. Dengan cara seperti itu, Anda bisa membagikan query ini pada orang yang berada dalam satu organisasi dengan Anda.

Sebagai modal awal, apa yang sudah Anda baca pada ulasan ini sebenarnya sudah sangat cukup. Beberapa bahkan sudah dijelaskan langkah-langkahnya meski belum sejelas jika mencoba sendiri Power Query dengan perangkat Anda. Namun, yakinlah bahwa begitu Anda mencobanya sendiri, semua akan menjadi lebih mudah.

Mengapa? Karena dari sekian banyak metode belajar, belajar dengan praktik langsung adalah yang paling disarankan. Anda akan segera menemui kesulitan, dan Anda pasti akan berusaha untuk memecahkan kesulitan tersebut. Dari hal semacam itulah, Anda akan jauh lebih cepat menguasai Power Query ini. Baiklah, semoga sedikit ulasan cara belajar Power Query di Microsoft Excel ini cukup membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *