Mudah dan Praktis, Inilah Tips Menabung Emas secara Digital Untuk Pemula

Ingin mencoba tren menabung emas yang sedang hits? Pastikan memahami kelebihan, kekurangan, dan tips menabung emas secara digital.

Emas adalah logam mulia yang memiliki nilai tinggi dan dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal. Emas tidak hanya digunakan untuk mempercantik penampilan atau sebagai alat pembayaran, namun juga bisa menjadi investasi yang menguntungkan. Tak heran rasanya jika banyak yang berminat ingin mencoba investasi logam mulia. Bagi yang tertarik, simak beberapa tips menabung emas secara digital untuk pemula berikut ini sebelum Anda memulainya.

3 Tips dalam Menabung Emas secara Digital

Sebelum menabung emas, nasabah harus mengamati potensi kenaikan harga dengan maksimal. Memang permintaan serta penawaran emas mengalami kendala, yaitu produksinya yang terbatas. Akan tetapi, permintaannya cenderung naik dari waktu ke waktu sehingga tren ini dipercaya akan tetap meningkat.

Selain itu, emas dianggap sebagai aset safe-haven dimana tidak terlalu berpengaruh terhadap nilainya meskipun ekonomi global mengalami ketidakstabilan. Nilai rupiah terhadap dolar juga sangat berpengaruh terhadap naik turunnya harga emas. Saat dolar mengalami kenaikan, maka harga emas pun juga akan naik.

Untuk yang tertarik dengan investasi emas, berikut tips menabung emas secara digital yang aman untuk pemula, antara lain:

1. Memantau perkembangan harga secara berkala

Tips menabung emas secara digital yang pertama adalah sering memantau perkembangan harganya. Hal ini akan membuat kemampuan Anda dalam memprediksi harga emas ke depannya menjadi lebih baik. Meskipun harga emas cenderung stabil, tidak jarang juga nilai jualnya menurun. Anda bisa membeli saat harga emas turun, dan menjualnya kembali ketika harganya naik.

Saat ini, bukan hal sulit untuk bisa melihat perkembangan harga emas. Ada berbagai aplikasi yang bisa digunakan untuk mengetahui pergerakan harga logam mulia setiap harinya.

2. Memilih lembaga terpercaya

Tips menabung emas secara digital berikutnya adalah memilih lembaga yang kredibel dan sudah terdaftar legalitasnya. Menabung emas secara digital memang sangat menarik khususnya bagi yang memiliki budget rendah. Di Indonesia, investasi jenis ini diprakarsai oleh Pegadaian yang menyediakan layanan tabungan emas digital. Kemudian, banyak aplikasi lain yang menyediakan layanan serupa. Jika di Pegadaian mewajibkan anggota untuk menabung minimal Rp50.000, aplikasi lain bisa jauh lebih terjangkau nominalnya.

Akan tetapi, berapapun nominal yang ditawarkan oleh aplikasi atau perusahaan, membeli emas digital merupakan benda yang tidak ada wujudnya. Jika membeli di Pegadaian tentu akan merasa lebih aman karena reputasinya yang baik. Namun, jika membeli di tempat lain Anda harus lebih berhati-hati.

Pasalnya, OJK telah memberikan peringatan mengenai layanan menabung emas digital yang dianggap cukup berbahaya karena tidak diketahui dengan jelas keberadaan emas para nasabah. Pilih lembaga yang jelas dan tidak mudah tergiur dengan tawaran tidak masuk akal adalah tips menabung emas secara digital yang harus diperhatikan.

3. Menyesuaikan kemampuan finansial dan target investasi

Tujuan Anda menabung emas adalah untuk investasi, bukan? Investasi ada yang bersifat jangka pendek dan panjang. Anda tetapkan ingin melakukan investasi dalam jangka panjang atau pendek terlebih dahulu. Supaya bisa melihat hasil investasi yang dilakukan, maka harus komitmen untuk menabung rutin setiap bulan.

Tips menabung emas secara digital selanjutnya adalah harus disesuaikan dengan kemampuan finansial serta target yang ingin dicapai. Misalkan, menabung Rp500.000 untuk nilai 0,5 gram emas dalam setiap bulan.

Perlu diingat jika Anda sedang melakukan investasi, bukan kegiatan jual beli yang bisa mendatangkan keuntungan dalam kurun waktu singkat. Oleh karena itu, hindari untuk melakukan investasi saat kondisi keuangan sedang defisit.

Baca Juga: Investasi: Antara Saham, Reksadana, dan Deposito

Kelebihan Menabung Emas Digital

Setelah membahas lengkap berbagai tips menabung emas secara digital, berikut ini deretan kelebihannya, antara lain:

1. Tidak ada biaya penyimpanan

Berbeda dengan menabung emas fisik yang membutuhkan biaya administrasi untuk penyimpanan, bentuk digital tidak memerlukannya.

2. Lebih terjangkau

Perbedaan lain dari menabung emas fisik atau batangan dengan digital adalah harganya lebih terjangkau. Jika membeli berbentuk fisik/ batangan, maka Anda harus sesuaikan dengan berat (gr) emas yang dibeli. Jika uang untuk membeli kurang, maka harus mengumpulkannya terlebih dahulu. Saat uang terkumpul, besar kemungkinan harga emas sudah naik. Sedangkan jika membeli yang bentuknya digital, harga cenderung lebih terjangkau.

Jadi, siapa saja kini bisa mencoba investasi dengan cara menabung emas digital asalkan mengerti cara kerja dan tips menabung emas secara digital yang tepat.

3. Mudah dipantau

Kelebihan selanjutnya adalah kemudahan akses dalam memantau perkembangan harga emas secara real time setiap harinya. Bahkan, sejumlah aplikasi telah menyertakan grafik harga sehingga lebih memudahkan para penggunanya. Anda tidak perlu repot-repot ke toko emas untuk menanyakan harga sehingga tidak efisien dan memakan waktu.

4. Waktu pembelian fleksibel

Selain mudah dipantau, waktu pembelian yang fleksibel juga menjadi nilai tambah untuk menabung emas digital. Hanya dengan uang dan akses internet, kapan saja Anda bisa membeli emas.

5. Lebih aman

Menabung emas digital cenderung lebih aman dibandingkan dengan berbentuk fisik terutama jika disimpan dalam rumah. Anda juga tidak perlu memilikirkan tempat yang aman untuk menyimpan emas-emas tersebut.

Baca Juga: Tips Memulai Investasi Saham dan Reksadana bagi Pemula

Kekurangan Menabung Emas Digital

Dengan sederet kemudahan, tentu saja ada beberapa kekurangan yang harus Anda cermati sebelum menerapkan tips menabung emas secara digital di atas, yaitu:

1. Ada biaya cetak saat dicairkan dalam bentuk fisik

Anda harus tahu jika ingin mencairkan emas digital dalam bentuk fisik, terdapat biaya cetak yang harus dibayarkan. Oleh karena itu, lakukan investasi sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan supaya berjalan dengan nyaman dan aman.

Pilih lembaga yang kredibel dan periksa berbagai regulasi yang ditetapkan sebelum menabung di sana. Misalkan, adakah biaya tersembunyi jika saldo pengguna mengendap dan tidak dapat dicairkan atau adakah biaya untuk penitipan emas fisik di lembaga tersebut.

2. Tidak dapat menjangkau masyarakat luas

Meskipun memiliki potensi tinggi, investasi satu ini tidak dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. Berbeda dengan emas berbentuk fisik dimana semua masyarakat bisa melakukannya.

Masyarakat yang belum menguasai teknologi, tinggal di daerah pelosok yang belum ada internet, dan para lansia rasanya akan kesulitan dengan menabung emas digital.

3. Merupakan investasi jangka panjang

Harga emas memiliki potensi turun jika Anda berencana untuk investasi jangka pendek karena merupakan investasi jangka panjang. Anda tidak akan mendapatkan keuntungan signifikan jika menabung emas hanya dalam kurun waktu 1 atau 2 tahun. Minimal Anda tunggu hingga 5 tahun lebih untuk memperoleh keuntungan yang lebih banyak dari hasil investasi emas selama ini.

Jadi, untuk Anda yang ingin mendapatkan keuntungan dalam waktu yang cepat, maka investasi ini bukanlah jawaban yang tepat.

Baca Juga: Dividen Yield: Untuk Potensi Investasi yang Menguntungkan

Setelah mengamati cara kerja, kelebihan serta kekurangannya, apakah Anda tetap ingin lanjut menerapkan tips menabung emas secara digital di atas? Bagaimanapun pilihan yang diambil baik investasi dengan emas fisik atau digital, pastikan jika hal tersebut sesuai dengan tujuan keuangan Anda. Pastikan juga kondisi keuangan Anda sudah surplus sebelum mulai investasi. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *