7 Video Editor Terbaik untuk Android

Sudah tahu apa saja Video Editor Terbaik untuk Android? Yuk, simak selengkapnya ulasan berikut ini!

Sudah tahu apa saja video editor terbaik untuk Android yang paling direkomendasikan? Proses editing selalu diperlukan saat Anda membuat video. Memang, video ala kadarnya dan tanpa melalui proses editing bisa saja menarik. Tetapi, dengan penambahan diedit, potensi video menjadi menarik akan jauh lebih besar. Apalagi jika video tersebut sengaja Anda buat untuk sebuah konten media sosial.

Pilihan Video Editor Populer yang Bisa Anda Dapatkan di PlayStore

Mahalkah mengedit video itu? Tidak, kalau Anda mengeditnya sendiri. Di Play Store banyak video editor yang cukup mumpuni untuk mengedit video secara cuma-cuma. Penggunaannya pun tergolong mudah untuk semua tingkatan pengguna, tingkat pemula atau mahir. Berikut beberapa video editor untuk Android yang direkomendasikan untuk Anda. Mari simak selengkapnya!

1. KineMaster

Salah satu video editor terbaik untuk Android adalah Kinemaster ini. Dengan ukuran 66 mb, aplikasi ini tergolong ringan untuk dijalankan pada spek Android yang rendah sekalipun. Meski demikian, tentu kinerjanya juga akan menyesuaikan perangkat yang Anda gunakan tersebut.

Kinemaster memiliki ragam kemampuan untuk mengolah video Anda. Anda bisa memotong dan menggabungkan video. Anda juga bisa memberi stiker atau efek suara tertentu agar video menjadi unik serta menarik. Tambahan lagi, Anda bisa memberikan efek untuk menghasilkan tampilan video yang apik.

Bagaimana dengan menambah suara dan memberi musik latar? Tenang saja, dengan KineMaster Anda bisa menambahkan musik latar atau menambahkan suara yang direkam sendiri. Tentu ini sangat menarik, bukan?

Baca Juga: Cara Merekam Layar Smartphone

2. PowerDirector

PowerDirector adalah salah satu aplikasi video editor yang cukup direkomendasikan. Fitur-fitur yang dimiliki aplikasi besutan Cyberlink ini cukup lengkap untuk mengolah video Anda menjadi lebih menarik. Anda bisa menggabungkan beberapa video, menyesuaikan kecepatan video, bahkan memberikan efek suara lucu.

Bagaimana cara menggunakannya? Apakah juga tergolong mudah? PowerDirector tergolong mudah untuk digunakan bagi tingkatan pemula atau bahkan yang sudah mahir. Aplikasi ini juga gratis walaupun Anda tetap disarankan untuk menggunakan versi premium.

Perbedaan versi gratis dan premium ada pada banyaknya fitur yang disediakan. Jika Anda ingin memiliki banyak pilihan dalam memberikan musik latar, filter warna, serta efek transisi yang menarik, naikkan ke versi premium. Dalam versi premium, Anda juga akan terbebas dari iklan. Ekspor video dalam versi ini bisa Anda atur hingga resolusi 4K.

3. FilmoraGo

Aplikasi besutan Wondershare Technology ini memiliki banyak peminat lantaran aplikasi ini bisa dinikmati secara gratis. Dengan aplikasi ini, Anda memiliki banyak cara untuk mengedit dan menciptakan video yang menarik. Memangkas dan memotong video bisa Anda lakukan dengan aplikasi ini, sama seperti aplikasi yang lain.

Penambahan teks dan penambahan stiker juga bisa dilakukan termasuk dengan memberi musik latar serta menambahkan narasi melalui rekaman suara Anda. Video yang sudah Anda buat juga sangat mudah dibagikan di media sosial. Hal itu menjadikan aplikasi ini terlihat begitu menarik.

Baca Juga: Rekomendasi VPN untuk Smartphone Android

4. VideoShow

Aplikasi yang bisa Anda unduh di Play Store ini cukup menarik untuk dicoba. Pasalnya, ada sekitar 50 tema yang Anda gunakan untuk editing video secara instan. Dengan begitu, Anda tidak perlu melakukan pengeditan satu persatu. Tapi cukup dengan sekali sentuh, video Anda sudah berubah lebih menarik.

Selain itu, Anda bisa mengubah banyak hal pada video Anda menggunakan VideoShow. Beberapa di antaranya adalah:

  • Anda bisa menambah musik latar menggunakan lagu yang ada dalam perangkat Anda. Atau, Anda bisa merekam suara sendiri jika Anda menginginkannya. Jika Anda tidak ingin melakukan keduanya, Anda bisa memilih ratusan musik latar yang bisa dipakai secara gratis.
  • Memberi teks menggunakan font yang menarik juga bisa. Gunakan juga filter untuk memberikan efek pada video Anda.
  • Jika Anda adalah salah orang yang suka membuat video dari kumpulan foto, Anda bisa mengandalkan aplikasi ini untuk melakukannya.

5. VivaVideo

Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 100 juta kali sejak dirilis pada tahun 2013. Ratingnya pun cukup baik dengan ukuran yang tergolong ringan untuk sebuah aplikasi video editor. Dari dua hal itu saja, Anda sudah akan tahu bagaimana pengalaman mengedit video yang ditawarkan oleh aplikasi besutan QuVideo tersebut.

Dengan VivaVideo, Anda bisa membuat video musik atau membuat kumpulan foto yang dijadikan video, lalu Anda sisipi musik latar. Efek-efek seperti Glitch, serta Slow Motion bisa Anda aplikasikan ke dalam video dengan mudah menggunakan aplikasi berukuran 96 mb ini.

Yang menarik lagi, VivaVideo juga bisa membuat efek suara menjadi lucu dan menggemaskan. Hal semacam ini banyak dilakukan oleh para kreator video dalam mengisi konten media sosial mereka. Apalagi, cara membagikan video ke akun media sosial bisa dilakukan dengan cepat. Tentu ini menjadi keunggulan tersendiri bagi VivaVideo.

6. InShot

InShot adalah salah satu video editor yang menarik. Fitur pengeditan di dalamnya cukup lengkap. Ada banyak efek yang akan membuat video semakin cantik. Pilihan efek transisinya juga banyak. Penyematan stiker, emoji, serta teks, bisa dengan mudah Anda lakukan.

Apakah bisa memperlambat video atau membuatnya berjalan lebih cepat menggunakan aplikasi ini? Bisa. Anda memiliki banyak pilihan untuk itu, mulai 0,2 x hingga 100x. Efek-efek keren seperti Glitch, Old TV, Flip, Mirror, dan banyak efek lain juga tersedia. Sayangnya, mungkin hanya beberapa efek saja yang bisa Anda gunakan jika Anda berada pada mode gratis. Tentu ini berbeda jika Anda menggunakan InShot dalam versi premium.

Baca Juga: Cara Convert File Video Menjadi Audio

7. Film Maker Pro

Film Maker Pro digadang-gadang menjadi video editor yang akrab bagi para YouTuber. Pasalnya, ada banyak fitur gratis yang bisa memudahkan YouTuberdalam membuat konten. Salah satunya adalah pemberian intro pada video. Anda bisa menggunakan template gratis yang bisa digunakan untuk intro video dengan banyak pilihan tema.

Jumlah musik latar gratis yang tersedia pada aplikasi ini lebih dari 100. Artinya, Anda akan memiliki lebih banyak pilihan jika menggunakan video editor ini. Dan yang paling menarik, aplikasi ini sudah mendukung pembuatan video menggunakan green screen. Dengan begitu, Anda bebas memberi latar video yang lebih menarik.

Dari semua aplikasi video editor yang disebutkan di atas, rata-rata semuanya memiliki kesamaan. Anda bisa memotong video, menambahkan teks, menambahkan stiker, juga memberikan musik latar menggunakan lagu, atau bahkan suara yang Anda rekam sendiri.

Semua aplikasi tersebut juga mendukung pembuatan video foto atau kolase. Efek transisi masing-masing aplikasi tersebut juga cukup banyak. Tetapi, untuk menggunakan semua efek transisi secara full, Anda diharuskan menggunakan versi berbayar.

Meski begitu, ada hal yang tidak selalu dimiliki oleh masing-masing aplikasi. Salah satunya adalah fitur editing untuk video green screen. Tambahan lagi, masing-masing aplikasi memiliki karakter khusus dalam penempatan fitur-fitur di dalamnya. Ini tentu berpengaruh bagi rasa nyaman saat melakukan editing video.

Lantas, mana video editor terbaik untuk Android? Jawabannya menyesuaikan kebutuhan Anda. Untuk apa Anda membuat video dan alat mana yang lebih mendukung, maka itulah yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *