Rekomendasi DSLR untuk Fotografer Pemula

Kamera rekomendasi DSLR untuk fotografer pemula adalah solusi bagi fotografer pemula. Simak deretan rekomendasinya di sini.

Sebagai fotografer pemula, Anda tidak boleh asal memilih Digital Single Lens Reflex sejenis kamera yang disingkat DSLR. Harus dipastikan bahwa kamera yang dipilih benar-benar mudah digunakan. Oleh karena itu, di artikel kali ini akan dijelaskan beberapa rekomendasi DSLR untuk fotografer pemula yang murah dan mudah.

8 Rekomendasi DSLR untuk Pemula

Kamera DSLR merupakan kamera yang memiliki desain khusus. Di dalam perangkat ini terdapat cermin yang berfungsi untuk memantulkan sebagian cahaya pada prisma agar pengambilan angle lebih akurat. Nah, untuk tipe kamera DSLR yang paling mudah, di bawah ini rekomendasinya:

1. Canon EOS 3000D

Rekomendasi DSLR untuk fotografer pemula yang pertama adalah Canon EOS 3000D. Sekalipun bukan tipe terkini, kamera ini memiliki kelebihan mampu memotret objek dengan tajam di kondisi minim cahaya.

Hal ini disebabkan oleh adanya aplikasi APS-C CMOS berukuran 18 MP, sebuah  alat sensor yang bisa bekerja menangkap objek dengan cepat dan akurat.

Uniknya, Canon EOS 3000D tidak hanya piawai menangkap objek saja. Tetapi juga mampu merekam gambar dan video dengan kualitas tinggi. Jangan khawatir, kekuatan resolusi cukup besar yaitu Full HD yang mampu bergerak hingga kecepatan 30fps.

Menurut informasi terbaru, kamera ini ternyata juga bisa dihubungkan ke jaringan WiFi. Sementara itu, perangkat penyambung bisa menggunakan smartphone Android dengan syarat harus mengunduh aplikasi koneksi kamera terlebih dahulu.

Baca Juga: Fungsi AI Camera di Smartphone

2. Canon EOS 1500D

Canon EOS 1500D dianggap kamera DSLR kategori entry level yang bagus. Saking bagusnya, produk ini dijual dengan harga lebih mahal dibandingkan produk kamera merek Canon yang lain.

Salah satu kelebihan kamera DSLR ini ialah memiliki fitur yang cukup lengkap. Salah satunya mengusung fitur sensor CMOS dengan kapasitas 24 MP. Perangkat juga diperkuat dengan prosesor gambar terkini DIGIC 4+. Karena fitur ini, tingkat sensitivitas bisa terus ditingkatkan hingga beberapa kali lipat.

Yang unik dari kamera ini ialah memiliki jumlah titik fokus yang lebih banyak yaitu 9 titik. Semuanya mengusung sistem AF terutama yang berada di bagian tengah yang sudah menggunakan cross type. Jadi, wajar kalau produk ini dijual mahal apalagi di dalamnya juga ada akses WiFi dan NFC.

3. Nikon D3500

Kamera DSLR terbaik untuk pemula adalah Nixon D3500. Bahkan menurut testimoni yang ada, kamera ini yang layak menjadi pesaing terkuat bagi kamera keluaran merek Canon.

Salah satu alasannya ialah perangkat sudah dilengkapi dengan sensor tinggi CMOS 24 MP. Perlu Anda ketahui, saat ini sensor tersebut dianggap terkuat dengan adanya rentang sensitivitas tipe ISO 100-25600 yang dilengkapi dengan autofocus dengan jumlah 11 titik fokus.

Selain spesifikasi hebat di atas, kamera ini juga terbilang memiliki fitur yang sangat lengkap, di antaranya ada Bluetooth, port Micro-USB, dan Mini HDMI. Karena fitur ini, kamera bisa dikoneksikan dengan smartphone dengan catatan Anda harus mengunduh aplikasi Nikon Snap Bridge terlebih dahulu.

Baca Juga: Rekomendasi Action Camera dengan Harga Terjangkau

4. Nikon D5600

Kamera DSLR untuk pemula yang ke empat yang juga berkualitas adalah Nikon D5600. Ini merupakan perangkat yang dibuat tanpa menghilangkan ciri khas edisi Nikon sebelumnya yaitu Nikon D5500.

Salah satu keunggulan dari perangkat ini ialah sudah dilengkapi dengan sensor APS-C 24MP sehingga pengembang leluasa memasang prosesor tinggi sekaliber EXPEED 4 di dalamnya. Jadi, wajar kalau perangkat ini dianggap jawara dalam dunia fotografi.

Kelebihan berikutnya, perangkat sudah dilengkapi dengan layar sentuh dengan tipe rol sehingga Anda bisa mengambil gambar dengan mudah sekalipun dari sudut yang cukup sempit. Kalau masih kurang, cobalah rekam video yang sudah  didukung dengan tipe Full HD 108OP yang mampu bergerak dalam kecepatan objek hingga 60fps.

5. Canon EOS 200D Mark II

Perangkat kamera DSLR untuk fotografer pemula yang berikutnya ialah Canon EOS 200D Mark II. Ini tidak hanya perangkat yang mudah digunakan, tetapi juga ringan dibawa karena memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dibandingkan kamera DSLR merek yang lain.

Selain itu, pihak pengembang juga telah menyematkan beberapa mode otomatis yang turut mempermudah penggunaan kamera. Oleh sebab itu, ini sangat direkomendasikan untuk kalangan fotografer yang masih dalam tahapan belajar.

Tak hanya itu, sensor yang digunakan sudah cukup baik. Pasalnya, pengembang menyematkan Dual Pixel tipe CMOS dengan ukuran 24 MP. Untuk lebih memudahkan pengguna, kamera ini menggunakan layar sentuh  yang bisa diputar hingga 120 derajat.

6. Canon EOS 800D

Canon EOS 800D adalah kamera DSLR yang simpel dan ringkas tetapi dipenuhi dengan fitur canggih. Uniknya semua fitur tersebut bisa digunakan dengan mudah baik ketika memotret maupun saat merekam video.

Pihak pengembang telah mengelaborasikan sensor Dual Pixel CMOS AF dan DAF plus penggunaan prosesor DIGIC seven dengan resolusi 24 MP. Maka dari itu, testimoni yang muncul ialah, perangkat ini dianggap memiliki auto fokus tercepat dengan kecepatan mencapai 0,03 detik.

Dalam soal perekaman video juga sangat hebat. Selain mengampu resolusi Full HD 60 Fps, juga ada teknologi Movie Digital IS yang dianggap paling stabil di saat ini.

Baca Juga: Belajar Adobe Photoshop untuk Pemula

7. Nikon D5500

Kalau Anda masih merasa menjadi fotografer pemula dan butuh kamera yang tepat, maka Nikon D5500 bisa jadi solusinya. Sebab, selain ukurannya mini dan ringan, kamera  ini juga mudah digunakan.

Salah satu kelebihannya ialah mampu menghasilkan potret yang tajam sekalipun diambil di kondisi cahaya yang sangat kurang. Noise yang dimunculkan juga tidak berlebihan sehingga foto terlihat seperti natural.

Untuk mendukung pemotretan dan rekaman video, Nikon juga sudah menyematkan berbagai fitur dengan teknologi canggih. Salah satunya ialah konektivitas WiFi dan layar sentuh. Layar juga bisa diputar sehingga Anda bisa berswafoto dengan puas.

Mungkin kelemahan dari perangkat ini hanya autofocus yang lamban. Akan tetapi, cukuplah jika hanya dijadikan hiburan atau sekadar latihan sebelum Anda benar-benar menjadi fotografer yang andal dan profesional.

8. Nikon D5300

Nikon D5300 mungkin dianggap kamera DSLR  lama untuk Nikon karena setelahnya ada dua unit lain yang sudah dirilis dan bisa dibeli oleh fotografer. Akan tetapi, mengingat harga keduanya yang cukup tinggi, Nikon D5300 tetap bagus untuk digunakan. Dari segi penggunaan dan kualitas juga tidak memiliki perbedaan yang mencolok.

Alasan berikutnya ialah di perangkat ini sudah menggunakan sensor dengan resolusi cukup besar yaitu 24.2 megapiksel sehingga mampu menghasilkan gambar yang tajam.Menurut kabarnya, perangkat ini juga sudah menggunakan konektivitas WiFi. Bahkan untuk rekaman video juga sudah menggunakan resolusi sampai 1080P. Dengan spesifikasi semacam ini, perangkat ini cocok direkomendasikan untuk pemula.

Jadi, sebagai fotografer yang masih belajar, pastikan memilih kamera rekomendasi DSLR untuk fotografer pemula yang beberapa di antaranya sudah dijelaskan di atas. Sesuaikan juga denganĀ  bujet yang ada ditambah kemudahan kala menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *