Rekomendasi Niche Untuk YouTube Beserta Alasan Memilihnya

Ada  beberapa rekomendasi niche untuk YouTube bagi referensi Anda. Sebaiknya pilih yang paling dikuasai seperti rekomendasi berikut ini.

Jika Anda berencana membuat sebuah channel YouTube, hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah menentukan niche. Niche adalah sebuah tema yang ingin Anda angkat untuk dihadirkan kepada para penonton. Ada baiknya jika mencari rekomendasi niche  untuk YouTube, pilihlah sesuatu yang telah atau bisa Anda kuasai.

Dengan memilih niche yang sesuai dengan kemampuan sendiri, tentu Anda sangat paham untuk mengembangkan detail-detailnya. Misalkan saja niche pariwisata. Lebih spesifik lagi pariwisata di satu daerah. Kota di mana Anda tinggal misalnya. Tentu materi akan mudah dikembangkan. Hal-hal detail dari suatu kota akan bisa dijadikan konten menarik serta membuat Anda mudah untuk dikenali.

Haruskah Memilih Satu Niche Saja Saat Membuat Konten YouTube?

Sebenarnya, saat Anda mencoba untuk membuat channel YouTube, tidak ada keharusan untuk mengangkat satu permasalahan saja. Itu channel Anda dan tentu saja bebas untuk mengisinya.

Mengisi channel Anda dengan berbagai niche sekaligus atau campuran, memang terlihat menjanjikan. Ada banyak ide yang bisa ditumpahkan untuk konten Anda. Tak ada batasan. Namun, hal tersebut membuat branding YouTube Anda menjadi tersamarkan.

Kenapa bisa jadi tersamarkan? Saat Anda ingin membangun channel YouTube, Anda pasti ingin channel YouTube Anda dikenal dengan pasti.  YouTube gaming, YouTube teknologi, YouTube inspirasi dan sebagainya. Dengan memilih niche YouTube campuran, branding tersebut menjadi tidak terarah.

Berbeda halnya jika Anda memilih salah satu rekomendasi niche untuk YouTube. Pembahasannya tentu menjadi lebih spesifik setiap uploadnya. Lebih terarah dan mudah dikenali oleh pengunjung channel Anda.

Saat Anda memutuskan memilih satu niche saja untuk dibahas dalam YouTube, sebenarnya ada keuntungan yang bisa didapatkan.

Baca Juga:5 Syarat Google Adsense untuk Youtube yang Harus Dipahami

a. Lebih tertarget

Saat Anda dengan berani menargetkan hanya menggunakan satu niche  YouTube saja untuk channel Anda, target penonton akan lebih jelas. Mudah dikenali untuk dijadikan referensi jika membutuhkan informasi niche yang telah Anda pilih. Bukan tidak mungkin, bisa menjadi referensi seseorang untuk mengetahui sesuatu yang dibutuhkan.

b. SEO friendly

YouTube yang hanya mengunggah satu niche saja, biasanya akan lebih disukai oleh mesin pencari. Hal ini karena index dan crawling dianggap mudah dan fleksibel untuk dibaca mesin pencari. Jauh berbeda jika Anda memilih niche campuran.

c. Mudah dalam berkompetisi menarik penonton

Saat ini, channelchannel semakin banyak hadir menyemarakkan situs berbagi video ini. Hal ini menyebabkan besarnya persaingan dalam menarik minat penonton. Dengan memilih satu niche saja, setidaknya Anda mengerucutkan kompetisi yang ada.

Baca Juga: Alternatif Youtube untuk Mendapatkan Penghasilan

cara pasang adsense di youtube
Dengan memilih niche yang tepat, mendatangkan visitor/viewer sesuai dengan target bukanlah hal yang sulit. Selain itu, beberapa niche juga memiliki nilai iklan yang lebih mahal.

8 Rekomendasi Niche untuk YouTube Paling Populer

Jadi, sudahkah Anda memutuskan ingin membuat konten apa untuk channel YouTube Anda? Atau, masih bingung untuk memutuskan.

Sebenarnya, dari semua niche yang pernah hadir di YouTube, ada beberapa niche yang memancarkan sinarnya. Sangat disukai oleh orang banyak dan menghadirkan pengunjung yang royal.

Berikut beberapa rekomendasi niche untuk YouTube yang bisa jadi referensi Anda.

1. Vlog

Vlog merupakan salah satu niche yang mudah untuk dibuat. Konten ini berisi tentang keseharian hidup YouTuber. Mengabadikannya melalui video dan mengunggahnya di YouTube.

Memilih niche ini untuk dijadikan konten di channel YouTube, tentu saja membutuhkan kepercayaan diri yang tinggi. Selain itu, dibutuhkan kreatifitas yang tinggi untuk menilai sesuatu. Pada saat momen apa saja kiranya kehidupan seseorang menarik untuk dilihat.

2. Teknologi

Niche ini termasuk konten yang diminati banyak orang. Karena bisa menjadi referensi sebelum seseorang memutuskan untuk membeli sebuah benda berteknologi.

Memang, konten jenis ini termasuk yang membutuhkan modal besar. Sebab, saat Anda melakukan pembahasan pada suatu produk, mengharuskan untuk mengulik lebih dalam. Yang tentu saja harus menghadirkan produk tersebut di depan kamera.

Akan tetapi, jika YouTube Anda semakin berkembang, bukan tidak mungkin akan ada sponsor yang mendanai konten Anda. Sehingga, produk yang akan dibahas, tidak perlu dibeli sendiri. Namun, disediakan oleh merek yang produknya ingin diulas.

3. Cerita

Niche ini bisa membahas tentang sebuah cerita kehidupan, baik fiksi atau realita. Dalam video ini, Anda sebagai YouTuber diharuskan untuk menceritakan sebuah kisah. Baik itu pengalaman pribadi, kenalan ataupun hanya sebuah karangan saja.

Kemampuan bercerita yang menggugah atau mendongeng sebuah kisah, mesti Anda kuasai di sini. Karena, meski sebuah cerita menarik, jika penyampaiannya tidak mengenakkan atau datar, konten Anda tentu saja akan ditinggalkan.

Jadi, jika Anda ingin tetap memilih tema ini, berlatihlah dan asah kemampuan Anda menjadi pencerita yang baik.

4. Gaming

Niche gaming termasuk konten yang sangat populer di YouTube. Niche ini mampu menghancurkan batasan usia. Karena muda sampai yang tua, banyak yang tergila-gila dengan dunia game.

Isi niche ini tidak melulu membahas kekurangan dan kelebihan suatu game. Melakukan review atau membongkar jurus-jurus jitu sebuah game. Anda bisa juga hanya mengunggah hasil permainan Anda ke channel YouTube dan berbagi pengalaman mengenainya.

Baca Juga: 8 Cara Menjadi Youtuber Gaming untuk Pemula

5. Tutorial

Saat ini, niche tutorial lebih banyak dikuasai oleh tutorial memasak. Namun, bukan berarti membahas tutorial lain seperti penggunaan drone, menyalakan televisi, menggunakan mobil, dan lain-lain sepi peminat.

Tutorial akan selalu ada yang membutuhkannya tanpa terkendala oleh tren apapun. Sehingga, banyak yang menganggap, niche  ini adalah niche  abadi. Karena setiap tahunnya, akan ada saja melakukan pencarian mengenai tema ini.

6. Review

Review suatu produk juga banyak diminati oleh penonton. Anda yang ingin menggeluti niche  ini, bisa semakin mengerucutkan niche lagi menjadi lebih spesifik. Entah itu, review produk kecantikan, teknologi, dan produk kesehatan.

Kemungkinan untuk mendapatkan sponsor dari YouTube niche ini juga begitu besar. Bisa menjadi penghasilan lebih atau hanya dibayar dengan bisa memiliki produk yang diulas secara gratis. Menyenangkan, bukan?

7. Kesehatan dan diet

Menurut berita di Pikiran Rakyat, dari total manusia bumi yang berkisar 6,5 miliar, diperkirakan 2 miliar dari itu menderita kegemukan. Ini berarti, ada potensi besar bagi mereka yang memiliki masalah ini untuk mencari channel Anda untuk mengatasi permasalahannya.

Akan lebih baik jika Anda seorang dokter atau ahli gizi yang berkompeten di bidang ini. Atau, bisa juga menghadirkan para ahli di bidang ini, jika Anda tidak menguasainya. Namun, ada baiknya, pengarahan harus berdasarkan perkataan seorang ahli. Karena ini berbicara tentang kesehatan seseorang. Jadi, tidak bisa asal dilakukan.

8. Food Vlogger

Anda mencintai makanan? Jangan sampai melewatkan untuk mengambil niche ini. Konten ini, sesuai dengan namanya, membahas segala sesuatu yang berhubungan dengan makanan. Bisa mengulas makanan, berburu jajanan atau memperkenalkan suatu produk makanan. Jika Anda pecinta masakan Indonesia, ini bisa menjadi ajang untuk memperkenalkan masakan Indonesia ke seluruh dunia.

Demikian rekomendasi niche untuk YouTube yang bisa menjadi pertimbangan Anda. Sudah memutuskan ingin memilih yang mana? Sebaiknya, mulailah content Anda dari yang disukai, paling dikuasai, paling menunjukkan passion Anda dan sesuai kemampuan Anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *