Cara Merekam Layar Smartphone (Video)

Cara merekam layar smartphone (video) biasanya dicari oleh para gamers, penjual online, dan pembuat konten tutorial. Bagaimana cara membuatnya?

Merekam layar dalam bentuk video di smartphone sangat membantu dalam menyajikan berbagai konten seperti presentasi, tutorial, testimoni pelanggan, dan galeri gambar. Beberapa tipe smartphone sudah mempunyai fitur untuk melakukannya, sehingga tidak sulit untuk membuat video tangkapan layar. Namun, jika smartphone Anda belum mendukung fungsi ini, simak cara merekam layar smartphone (video) ini sampai habis.

Aplikasi untuk Membuat Video Rekam Layar

Untuk smartphone yang tak mempunyai fitur bawaan membuat rekam layar dalam bentuk video, sudah ada aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan. Berikut ini aplikasi yang cukup direkomendasikan:

1. AZ Screen Recorder

Aplikasi ini dapat diunduh gratis dari Play Store. Setelah diinstal pada ponsel Anda, aplikasi ini akan meminta akses screen overlay untuk membuat aplikasi mengapung pada layar setiap saat. Untuk menggunakannya, ketuk ikon aplikasi. Pengaturannya dapat diubah sesuai keinginan Anda. Ketuk tombol rekam untuk mulai merekam. Hentikan rekaman dengan cara menarik tab notifikasi lalu tekan stop. Aplikasi ini ringan dapat dipasang di berbagai seri Android.

2. DU Recorder

Aplikasi kedua yang biasa digunakan ialah DU Recorder. Aplikasi ini juga bisa didownload gratis dari Play Store. Setelah terinstal, akan muncul dialog meminta izin akses foto, media, dan file pada perangkat Anda. Klik Allow untuk mengizinkan aplikasi. Beri tanda pada bagian Don’t ask again agar pesan tersebut tidak muncul kembali ketika Anda membuka aplikasi.

Setelah itu, lakukan rekam layar dengan klik tombol mulai berupa lingkaran berwarna merah. Jika proses rekam sudah selesai, klik tombol persegi berwarna merah. Sesudah direkam, video dapat diedit sebelum disimpan. Aplikasi ini dapat merekam video berkualitas tinggi dan mendukung lebih dari 20 bahasa, tetapi hasil rekaman memiliki watermark.

Baca Juga: Fungsi AI Camera di Smartphone

3. Mobizen

Mobizen merupakan aplikasi rekam layar yang cukup populer karena dapat digunakan di berbagai tipe dan merek smartphone, memiliki fitur-fitur menarik, dan ramah pengguna. Aplikasi ini dapat merekam layar dan suara, tersedia pilihan kualitas video, rekam wajah, video editor, pengaturan hitung mundur, dan pilihan bebas watermark. Karena ini merupakan aplikasi berbayar, Anda bisa menggunakan fitur gratisnya dengan cara klik Try it for free setelah aplikasi terbuka. Untuk mode gratis, hasil videonya mempunyai watermark.

Setelah itu, akan muncul pop up izin akses foto, media, dan file pada perangkat. Klik Allow untuk mengizinkan akses. Untuk merekam, tekan tombol bulat merah dan tekan tombol persegi jika ingin mengakhiri rekaman.

4. Super Screen Recorder

Super Screen Recorder merupakan aplikasi rekam layar dengan tampilan antarmuka yang ramah pengguna. Dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi rekam layar favorit pengguna.

Aplikasi ini tidak perlu melakukan akses root untuk dijalankan. Kelebihan lainnya yaitu tidak menempelkan watermark pada hasil rekaman, dapat merekam tanpa batas waktu, dan gratis. Video yang dihasilkan juga bisa Anda pilih kualitasnya. Aplikasi ini dapat membuat GIF animasi secara langsung. Sayangnya, aplikasi ini lumayan berat dan cukup membebani RAM ponsel Anda.

Baca Juga: Rekomendasi Smartphone Gaming 3 Jutaan

5. Lollipop Screen Recorder

Lollipop Screen Recorder hanya dapat dijalankan oleh Android Lollipop v5.0 dan ke atas. Aplikasi ini dapat langsung dijalankan tanpa akses root. Tampilan antarmukanya juga sederhana, sehingga pengguna bisa merekam layar dengan mudah. Aplikasi besutan Rivulus Studios ini telah mendapat lebih dari 500.000 download. Artinya kinerja aplikasi cukup bagus.

Aplikasi ini gratis dan ada pilihan untuk mengaktifkan fitur premium dengan cara melihat satu iklan pada aplikasi. Fitur premium tersebut akan aktif selama seminggu kemudian terkunci kembali. Untuk mengaktifkannya, sama seperti sebelumnya yaitu harus melihat satu iklan.

Cara Merekam Layar Smartphone Tanpa Aplikasi

Seperti sudah disebutkan di atas, beberapa merek dan tipe smartphone didukung fitur rekam layar berupa video tanpa aplikasi pihak ketiga. Di samping menggunakan aplikasi dari luar, ternyata Anda juga dapat menggunakan aplikasi dari Google untuk membuat rekam layar.

Aplikasi yang merupakan bawaan di beberapa seri Android ini yaitu Google Play Game. Aplikasi ini sebenarnya ditujukan untuk permainan. Akan tetapi, fitur screen recorder-nya dapat digunakan untuk merekam layar handphone di luar game. Cara merekam layar smartphone (video) tanpa aplikasi yaitu:

  1. Masuk ke Google Play Game dengan akun Google Anda. Caranya, masuk ke aplikasi, kemudian klik tiga titik di pojok kanan atas. Pilih Setelan, lalu klik Tambahkan Akun.
  2. Buka aplikasi, kemudian pilih menu Koleksi pada bagian bawah layar.
  3. Pilih salah satu game yang ada pada smartphone Anda.
  4. Klik ikon Kamera di sudut kanan atas, sebelah ikon tiga titik tadi.
  5. Pilihlah kualitas video recorder yang Anda inginkan, kemudian klik Luncurkan.
  6. Ketika game dimainkan, otomatis perekam layar muncul dan siap digunakan.
  7. Untuk merekam layar, tutup game sampai layar utama. Selanjutnya fitur perekam dapat digunakan dengan cara menekan tombol bulat merah pada aplikasi. Jika sudah selesai, tekanlah tombol yang sama.

Hasil rekaman akan disimpan otomatis di dalam handphone Anda. Untuk menutup rekaman, tekan dan tahan fitur tersebut, lalu geser ke tengah layar yang ada ikon tanda silang (X).

Baca Juga: Mengenal NFC di smartphone dan fungsinya

Cara Rekam Layar Video untuk HP Samsung

Khusus pengguna handphone Samsung keluaran terbaru, ada cara khusus untuk membuat rekam layar video. Namun, fitur ini hanya dapat digunakan untuk merekam game saja. Fitur ini ialah Game Tools, sebuah fitur pendukung aktivitas bermain game pada smartphone Samsung.

Selain dapat digunakan untuk rekam video layar, fitur ini juga dapat digunakan untuk screenshot, mengunci layar otomatis ketika game tidak dimainkan, dan memblokir notifikasi ketika pengguna sedang bermain. Untuk merekam layar menggunakan aplikasi sangat mudah yaitu:

  1. Aktifkan Game Tools dengan cara masuk ke menu Pengaturan. Selanjutnya pilih Fitur Lanjutan. Di opsi Game Tools, geser tombol di sebelah kanan sampai berwarna biru.
  2. Jalankan game yang ingin Anda rekam. Setelah game terbuka, akan muncul tombol Game Tools di tepian layar dengan latar berwarna merah. Klik untuk melihat opsi Game Tools.
  3. Klik ikon Kamera di sebelah kanan bawah opsi Game Tools, kemudian perekaman akan dimulai secara otomatis. Untuk menghentikan rekaman, usap layar dari atas ke bawah dan ketuk notifikasi Game Tools pada notification bar.

Hasil rekaman layar yang berupa video kemudian akan tersimpan pada galeri handphone Anda secara otomatis. Aplikasi Game Tools dilengkapi dengan fitur pengaturan lanjutan untuk mengatur kualitas rekaman yang Anda inginkan, memilih format video, sumber audio dari suara game atau mikrofon eksternal, resolusi rekaman, hingga bit rate rekaman.

Cara merekam layar smartphone (video) di atas sangat mudah untuk diikuti bukan? Jika sudah dapat membuat rekaman layar berupa video, tentunya tak sulit untuk menghasilkan tutorial atau presentasi dari smartphone Anda. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *