Cara Menghapus Data Rahasia dengan Aman

Data aplikasi, smartphone, dan laptop harus dijaga agar tidak bocor, ketahui cara menghapus data rahasia dengan aman berikut.

Saat Anda menghapus file pada handphone atau komputer, sebenarnya sistem tidak benar-benar melenyapkan dari penyimpanan. Sistem memang menampilkan ruang kosong yang bertambah dan notifikasi penghapusan file. Akan tetapi, ternyata sistem masih menyimpan data-data tersebut. Akibatnya, orang lain mungkin dapat membuka kembali file tersebut dengan berbagai cara. Nah, karena itulah Anda harus membaca cara menghapus data rahasia dengan aman berikut agar tidak sampai disalahgunakan oleh orang lain.

Cara Menghapus File di Smartphone Selamanya

Masalah bocornya data rahasia yang sudah dihapus tentunya menakutkan karena dapat menyangkut keselamatan pemiliknya. Maka, pengembang aplikasi pun tidak tinggal diam. Demi membantu pengguna smartphone mengamankan data rahasia, diciptakanlah berbagai aplikasi penghapus data yang aman. Berikut ini cara menghapus data rahasia dengan aman menggunakan aplikasi:

1. Secure Eraser

Aplikasi ini dapat diunduh gratis dari Play Store. Setelah Anda mengunduh dan memasangnya pada smartphone, pilihlah file yang telah dihapus dari penyimpanan internal ataupun eksternal. Pilihlah menu Random untuk mendapatkan hasil terbaik. Setelah itu, tekan tombol Start untuk menghapus file secara total.

Secure Eraser kemudian akan bekerja menimpa ruang kosong dengan data acak agar file benar-benar terhapus. Namun, aplikasi ini juga akan menghapus data acak itu sendiri sehingga ruang kosong Anda bertambah. Proses penghapusan data menggunakan aplikasi ini memakan kira-kira 30 menit untuk membersihkan ruang hingga 15 GB. Waktunya tentu bergantung pada ruang yang tersedia pada smartphone Anda.

2. Droid Optimizer

Droid Optimizer merupakan aplikasi pembersih file yang cukup populer. Aplikasi ini didesain untuk menjaga perangkat agar selalu dalam keadaan ideal. Cara menggunakannya pun sangat mudah, hanya dengan satu ketukan untuk membersihkan perangkat Anda. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membersihkan file-file yang tidak perlu secara otomatis. Droid Optimizer sangat berguna untuk menjadikan ruang penyimpanan Anda lebih lega.

Baca Juga: Cara Membuat Filename List (Daftar Nama File) dengan Mudah tanpa Software Tambahan

3. CCleaner

Aplikasi berikutnya yang juga banyak digunakan ialah CCleaner. Aplikasi PC ini kini tersedia untuk smartphone Android dan mempunyai berbagai fungsi pembersihan. CCleaner dapat menghapus data dari aplikasi, membersihkan folder yang kosong, dan menghapus riwayat aktivitas. Hasilnya, data rahasia Anda dapat dihapus dengan aman.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan App Manager untuk membantu mengatur pemilihan aplikasi yang ingin dihapus. Ada juga fitur Info Sistem yang dapat memonitor sumber daya ponsel seperti RAM, CPU, dan detail perangkat.

4. All-in-One Toolbox

All-In-One Toolbox merupakan aplikasi yang mampu bekerja maksimal membersihkan file-file tidak penting, dapat memonitor penggunaan baterai, dan mengecek suhu CPU pada smartphone. Di dalamnya juga terdapat fitur Boost untuk membersihkan cache dan menutup aplikasi latar belakang yang mengganggu penyimpanan. Selain mampu membersihkan perangkat, aplikasi ini pun dapat menurunkan konsumsi daya dan menganalisis sambungan WiFi.

5. Files by Google

Files by Google dilengkapi dengan fitur pelacak dan penghapus file sampah yang bisa memenuhkan penyimpanan internal smartphone Anda. Cara penggunaannya sangat mudah, Anda cukup melakukan beberapa ketukan agar ruang penyimpanan kembali lega. Aplikasi ini pun dapat memeriksa ketersediaan ruang penyimpanan internal dan eksternal pada smartphone.

Selain menggunakan aplikasi tersebut, Anda juga dapat menggunakan sistem bawaan untuk menghapus data secara permanen. Untuk sistem operasi iOS 3.0 ke atas, semua data yang tersimpan pada memori internal telah dienkripsi otomatis dan hanya dapat dibuka menggunakan kunci pada perangkat.

Jika kunci dihapus, semua data di dalamnya sudah tak dapat digunakan meskipun masih tersimpan. Cara menghapusnya yaitu masuk ke menu Settings kemudian pilih sub menu General, kemudian masuk ke Reset, lalu tekan Erase all Content and Settings. Sementara untuk Android, Anda dapat menjalankan fungsi Factory Reset pada menu Settings, di sub menu Backup & Reset.

Menghapus Data Rahasia di Laptop dengan Aman

Seperti halnya pada smartphone, file yang telah dihapus dari laptop atau komputer pun dapat dibuka kembali dengan cara-cara tertentu. Jadi, file yang dihapus dari recycle bin ternyata belum benar-benar hilang secara permanen dari perangkat Anda. Terutama file-file berukuran kecil seperti dokumen atau gambar. Dengan cara menghapus data rahasia dengan aman di bawah ini, data rahasia yang telah dihapus tak akan dapat digali kembali.

1. CCleaner Pro

CCleaner memang aplikasi yang cukup terkenal untuk menghapus file bagi pengguna sistem operasi Windows. Versi berbayarnya yaitu CCleaner Pro memiliki fungsi yang lebih canggih yaitu file recovery. Fitur ini dapat digunakan untuk mengembalikan file yang telah dihapus dari recycle bin dan menghapus file-file rahasia dengan aman.

Baca Juga: Cara Mengembalikan File Excel yang Corrupt/Rusak

2. WipeFile

Aplikasi WipeFile dapat digunakan untuk menghapus file rahasia secara aman dan cepat. Meskipun mempunyai fungsi yang cukup ampuh, aplikasi ini tidak berbayar alias gratis dan bersifat portabel. Aplikasi ini dapat menghapus file dan folder secara aman karena sistemnya menggunakan metode standar yang digunakan oleh militer seperti US Navy, USAF, dan NATO.

3. Super File Shredder

Super File Shredder mempunyai kemampuan menghapus data-data rahasia dengan aman dari komputer sehingga tidak dapat dibuka kembali. Aplikasi ini akan menjalankan penulisan program dengan 15 algoritma, sehingga file yang telah dihapus tak dapat dicari kembali.

Di dalamnya terdapat fitur dukungan berbagai bahasa, virtual recycle bin, drop target windows, serta integrasi dengan Windows Explorer. Aplikasi ini dapat berfungsi pada Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8.

Bagi pengguna Windows 8, setelah aplikasi dipasang akan langsung terintegrasi dengan Windows Explorer, tetapi juga dapat berdiri sendiri. Untuk menambahkan file atau folder yang akan dihapus, klik tombol Add atau geser file dari komputer ke dalam aplikasi. Setelah itu, untuk menghapus klik OK, sehingga data akan terhapus permanen. Anda pun dapat membuat ikon Recycle Bin pada desktop dan jika ingin menghapus, tinggal geser file ke dalamnya.

Baca Juga: Cara Mengembalikan File/Data yang Hilang

Menghapus Data Rahasia dari Aplikasi

Selain data dalam perangkat, data yang sudah Anda masukkan ke dalam aplikasi juga harus diamankan sebelum menghapusnya. Tujuannya adalah agar jejak dan data pribadi Anda aman dari penyalahgunaan di dunia maya. Pasalnya, aplikasi yang meminta pengguna membuat akun masih menyimpan informasi milik pengguna seperti nama, alamat, e-mail, tanggal lahir, hingga akun media sosial.

Adapun cara menghapus data pada akun ialah dengan masuk ke menu Privasi, Keamanan, dan Akun. Carilah pilihan menghapus data dalam akun. Cabut juga akses ke media sosial Anda, kemudian hapus akun aplikasi. Perhatikan aplikasi yang meminta izin akses kontak, ruang penyimpanan perangkat, kamera, mikrofon, dan geolokasi. Pertimbangkan untuk memberikan akses karena informasi tersebut. Tak hanya pada aplikasi, tips ini juga berlaku untuk ekstensi browser yang Anda pasang.

Data rahasia terutama informasi pribadi rawan disalahgunakan untuk tindakan penipuan, peretasan akun media sosial dan perbankan, hingga teror. Maka, Anda harus mulai waspada dan belajar cara menghapus data rahasia dengan aman supaya hal-hal tersebut tidak menimpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *