Cara Menyalakan/ Mematikan Windows Firewall

Apakah Anda sedang mencari informasi cara menyalakan/ mematikan Windows Firewall? Mudah sekali, ikuti langkah-langkahnya berikut!

Jika perangkat komputer Anda telah terpasang Windows, maka secara otomatis Firewall juga telah terpasang di dalamnya. Perangkat bawaan Windows ini sangat penting keberadaannya untuk mengamankan paket yang masuk atau keluar melalui jaringan. Namun, karena Windows Firewall begitu sensitif sehingga terkadang membuat pengamanan yang ketat dimana beberapa situs (yang aman) menjadi terblokir. Itulah mengapa beberapa orang ingin menonaktifkan Windows Firewall dan kemudian menghidupkannya kembali. Cara menyalakan/ mematikan Windows Firewall sendiri sangat mudah dan prosesnya juga cepat.

Apa Itu Windows Firewall

Jika diibaratkan rumah, Firewall berperan sebagai tembok tinggi yang menjaga rumah dan isinya dari tamu yang tidak diinginkan kedatangannya. Secara teknis, Firewall merupakan sebuah perangkat yang bertugas untuk menjaga sistem keamanan komputer Anda dari serangan malware atau hacker

Saat ada informasi mencurigakan masuk atau keluar melalui jaringan internet ke komputer Anda, maka Firewall akan bertindak sebagai Pos Pengaman yang mencegahnya. Windows Firewall berfungsi untuk memeriksa semua informasi yang akan masuk ke komputer melalui jaringan internet, kemudian akan diberi akses masuk atau diblokir.

Meskipun memiliki banyak manfaat dalam mencegah malware atau serangan hacker, aplikasi ini terkadang merugikan user. Jadi user memilih cara menonaktifkan Firewall kemudian menghidupkannya kembali.

Cara Kerja Windows Firewall

Sebelum lebih jauh membahas tentang cara menyalakan/mematikan Windows Firewall, Anda harus memahami bagaimana cara kerja dari sistem bawaan Windows satu ini.

Apakah cara kerja Windows Firewall sama seperti antivirus atau antimalware? Tidak, ketiganya berbeda dan memiliki tugas masing-masing yang saling melengkapi untuk memberikan kemanan penuh pada perangkat komputer Anda.

Terdapat 3 cara supaya Windows Firewall dapat mengamankan informasi data komputer dimana dapat dilakukan satu cara, dua, atau tiga sekaligus supaya data lebih aman.

Berikut ini beberapa cara kerja dari Windows Firewall, antara lain:

Baca Juga: Menghindari Virus Aktif secara Otomatis dengan Mematikan Fitur Autoplay Pada Windows

1. Packet Filtering atau stateless

Firewall akan bekerja untuk mempersilakan paket data masuk ke dalam komputer Anda dimana akan diperiksa secara isolasi. Jika Firewall merasa bahwa paket tersebut mengancam, maka tidak akan diberikan izin masuk. Sebaliknya, jika paket data dianggap aman, maka akan dilanjutkan menuju sistem yang diinginkan.

2. Proxy Service

Cara kerja aplikasi ini adalah sebagai penghubung sistem jaringan yang berfungsi untuk memeriksa paket data yang akan ditukar supaya dapat diakses dengan lebih aman.

3. Proxy lebih efektif

Cara kerja berikutnya adalah dapat memfilter informasi sesuai yang dibutuhkan dan informasi yang mengancam juga bisa disaring menjadi lebih baik.

4. Stateful Inspection

Cara kerja selanjutnya adalah melakukan penelusuran paket yang diterima dengan aktivitas yang dilakukan sebelumnya. Kemudian, sistem akan memeriksanya ke dalam database paket. Jika hasilnya negatif mengandung ancaman berbahaya, maka akan langsung menuju sistem yang diminta.

Apabila paket telah selesai diperiksa, maka akan dilanjutkan dengan merespon salah satu dari 3 cara, antara lain:

  • Pertama, menerima (accept) yang berarti lalu lintas untuk melewati jaringan tersebut diperbolehkan.
  • Kedua, menolak (reject) dan akan memberikan tampilan bertuliskan ‘’unreachable error’’.
  • Ketiga, lewati (drop) yang berarti menolak lau lintas paket masuk tanpa memberikan pemberitahuan apapun.

Baca Juga: Tetap Pakai Windows 8 atau Upgrade ke Windows 10?

Kelebihan Windows Firewall

Berikut ini kelebihan dari Windows Firewall, antara lain:

1. Mendeteksi ancaman malware yang datang dari sebuah situs atau software

Kelebihan pertama adanya Windows Firewall adalah melakukan deteksi terhadap suatu situs yang mengancam komputer Anda, baik dengan atau tanpa sengaja dikunjungi. Jika konten yang ada dalam situs tersebut mengandung malware dan Firewall sedang tidak aktif, maka malware akan dengan mudah masuk menerobos dalam komputer Anda.

Selain situs, software yang akan diinstal ke komputer juga tidak dengan mudah dapat dipasang. Pasalnya, banyak software bajakan atau memiliki fitur yang dianggap dapat membuat keamanan user kurang terjamin. Dengan adanya Firewall, situs yang pernah dikunjungi dan dianggap mengancam akan langsung terdeteksi dan Anda akan diberi peringatan tanda bahayanya.

2. Menghindari pencurian data melalui jaringan komputer

Pencurian melalui jaringan komputer yang semakin marak, baik skala besar atau kecil ini harus diwaspadai. Umumnya, peretasan menyasar komputer yang memiliki sistem keamanan Firewall yang lemah.

Oleh karena itu, pastikan Anda mengaktifkan kembali Firewall supaya data Anda tetap aman dari pencurian atau peretasan melalui jaringan komputer. Cara menyalakan/ mematikan Windows Firewall akan dijelaskan secara detail di bawah.

3. Mengingatkan user apabila mengunduh dari sumber yuang diragukan keamanannya

Jika Anda ingin mengunduh sesuatu dari situs internet yang berpotensi mengancam keamanan atau mengandung malware, Firewall akan memberikan peringatan tentang konten yang akan diunduh. Oleh karena itu, user akan lebih berhati-hati saat akan mengunduh apapun dari internet.

4. Memblokir situs tententu

Kelebihan lain yang juga merupakan kekurangan dari Firewall ini adalah dapat memblokir situs-situs tertentu. Situs dan IP address situs-situs tertentu dapat diblokir oleh Windows Firewall sehingga Anda tidak akan menemukan atau membuka lagi situsnya.

Fitur blokir ini tentu lebih efektif daripada menggunakan site block yang ditawarkan oleh browser, seperti Chrome dan Mozilla. Situs-situs yang dianggap dapat membahayakann keamaan berinternet Anda akan diblokir sehingga beberapa orang merasa fitur ini ada plus dan minusnya.

Tidak heran jika banyak yang mencari informasi cara menyalakan/ mematikan Windows Firewall karena cukup khawatir jika tidak bisa membuka situs atau instal aplikasi yang statusnya aman.

Baca Juga: Microsoft Windows vs Linux

Kekurangan Windows Firewall

Semua hal memiliki kelebihan dan kekurangan termasuk Firewall. Berikut ini kekurangan dari Windows Firewall, antara lain:

1. Informasi positif yang terkadang palsu

Sebagai pos pemeriksaan keamanan, terkadang Firewall memberikan informasi postif yang palsu. Maksudnya, sebuah situs atau aplikasi yang dianggap berbahaya ternyata aman, sehingga situs tersebut terblokir dan tidak dapat diakses lagi.

Anda juga tidak akan dapat menginstal aplikasi dengan fitur penuh, karena Firewall mendeteksi jika beberapa fiturnya dianggap mengancam padahal terbilang aman.

2. Tidak dapat mendeteksi seluruh malware

Meskipun salah satu aplikasi yang ampuh untuk menghindari serangan malware, tetapi tidak semua malware dapat ditangani hanya dengan Firewall saja.

Cara Menyalakan/Mematikan Windows Firewall

Untuk Anda yang ingin tahu cara menyalakan/mematikan Windows Firewall, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Cara menyalakan/mematikan Windows Firewall yang pertama adalah, masuk ke menu ‘Control Panel’ terlebih dahulu.
  2. Kemudian, pilih ‘System and Security’ dan masuk ke Windows Firewall.
  3. Cara menyalakan/ mematikan Windows Firewall selanjutnya adalah memilih menu ‘Turn Windows Firewall on / off’ dimana akan ada dua pilihan. Pilihan pertama, yaitu Home or Work yang berarti private, seperti WiFi di kantor atau rumah Anda. Pilihan kedua, yaitu Public network di mana merupakan jaringan publik, seperti Free WiFi, Indihome, dan lainnya.
  4. Cara menyalakan/ mematikan Windows Firewall yang terakhir, pilihlah jaringan yang ingin digunakan dimana klik Turn off Windows Firewall berarti ingin mematikannya. Sebaliknya, pilih Turn On Windows Firewall, jika Anda ingin menyalakan fiturnya.

Apakah Anda menemui kesulitan mengikuti langkah-langkah cara menyalakan/ mematikan Windows Firewall di atas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *