Begini Cara Menggunakan Triple Monitor pada Satu PC

Apakah Anda membutuhkan lebih dari satu monitor untuk mendukung pekerjaan? Begini cara menggunakan triple monitor pada satu PC.

Bagi yang suka game, memiliki set up monitor lebih dari satu memang sangat bermanfaat. Tidak hanya para gamers, beberapa pekerjaan lain juga dimanfaatkan sekali dengan adanya set up monitor lebih dari satu. Bagi Anda yang ingin menggunakan multi monitor, ada beberapa komponen yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan untuk menggunakan monitor lebih dari satu atau triple monitor. Namun, tenang saja karena cara menggunakan triple monitorpada satu PC ini cukup mudah.

Alasan Menggunakan Multi Monitor

Multi monitor atau sering disebut juga dengan multi-display adalah penggunaan perangkat tampilan fisik, seperti televisi, monitor, dan proyektor agar dapat meningkatkan area yang tersedia untuk program yang berjalan pada satu sistem komputer.

Multi monitor biasa digunakan oleh sejumlah orang untuk meningkatkan efektivitas pekerjaannya. Banyak orang yang membutuhkan monitor lebih dari satu untuk berbagai macam hal. Berikut ini beberapa orang yang umumnya mencari cara menggunakan triple monitor pada satu PC atau monitor lebih dari 1, antara lain:

  • Trader pemburu dolar menggunakan 1 PC banyak monitor untuk memantau pergerakan pasar valuta asing.
  • Editor video juga memanfaatkan multi monitor untuk menampilkan hasil dari editan videonya.
  • Coder yang ingin mengamati kode pada monitor kanan, melihat hasil coding di monitor kiri, dan kembali ke monitor utama untuk bekerja.
  • Gamer yang membutuhkan tampilan wide screen untuk pengalaman gaming yang lebih luas. Selain itu, gamers yang suka live streaming game juga memanfaatkan setting triple monitor satu PC. Misalkan, di monitor bagian tengah untuk bermain game, di monitor sebelah kiri untuk membaca komentar dari viewers, dan monitor sebelah kanan digunakan untuk setting dan buka software broadcasting-nya.
  • Orang yang ingin mencari berbagai informasi, seperti update berita, buka email, statistik, dan lainnya sambil mengerjakan pekerjaan utama.
  • Beberapa orang yang ingin santai sambil bekerja dengan menonton video atau film.

Jika Anda termasuk orang-orang tersebut atau memiliki alasan lainnya, simak informasi tentang perlengkapan dan cara menggunakan triple monitor pada satu PC di bawah ini.

Baca Juga: HDMI vs VGA

Perlengkapan untuk Setting Multi Monitor pada 1 PC

Beberapa komponen tentu harus Anda siapkan supaya bisa mengoperasikan triple monitor dengan baik. Anda harus mempersiapkan dan memperhatikan komponen motherboard dan kartu grafisnya. Karena tanpa memperhatikan spesifikasi keduanya, mustahil Anda dapat merakit triple monitor dengan satu PC. Berikut ini beberapa komponen yang harus Anda persiapkan untuk membuat dua monitor atau lebih pada satu PC, antara lain:

1. Monitor lebih dari Satu

Anda ingin melakukan setting multiple, triple, atau lebih, tentu harus menyiapkan monitor sejumlah yang diinginkan. Jika ingin menggunakan triple monitor, maka Anda harus menyiapkan lebih dari satu monitor.

Selain itu, pastikan juga bahwa monitor yang akan Anda gunakan sudah memiliki resolusi yang sama dan terdapat Port DVI dan Display. Pasalnya, jika resolusi antara monitor berbeda dapat menyebabkan PC menjadi hang.

2. Konektor

Perlengkapan yang harus Anda siapkan berikutnya supaya cara menggunakan triple monitor pada satu PC berhasil adalah alat konektor. Kabel konektor yang digunakan adalah port display serta dua kabel DVI to DVI kabel video.

3. Video Card atau VGA

Perlu Anda ketahui jika tidak semua VGA pada PC dapat digunakan untuk setting tiga buah monitor atau lebih. Selain itu, VGA atau GPU yang digunakan terkadang hanya menyediakan satu port HDMI, satu port VGA, dan satu port DVI.  Sedangkan monitor yang Anda gunakan mungkin ketiganya hanya menggunakan port VGA saja.

Hal ini dikarenakan monitor yang biasa digunakan tersebut modelnya sedikit jadul atau monitor yang belum support IPS atau 4K. Nah, caranya Anda hanya perlu membeli converter HDMI to VGA di toko komputer terdekat atau market place.

Gunakanlah video card sesuai dengan kebutuhan Anda. Saat ini, VGA yang dapat mendukung tiga monitor atau lebih sudah banyak dijual dan mudah didapatkan, seperti Nvidia dan AMD.

4. Software untuk instal VGA

Berikutnya, persiapkan software untuk instalasi VGA yang juga support terhadap PC Anda.

5. Kerangka rangkaian tiga buah monitor

Terakhir, jangan lupa untuk menyiapkan kerangka untuk merangkai tiga buah monitor.

Baca Juga: Yang Perlu Diperhatikan dalam Merakit PC Gaming dan Tipsnya

Cara Setting Triple Monitor pada Satu PC

Setelah semua komponen yang dibutuhkan telah siap, Anda ikuti langkah-langkah cara menggunakan triple monitor pada satu PC berikut ini.

1. Sambungkan ketiga monitor pada kabel konektor dan video card

Cara menggunakan triple monitor pada satu PC yang pertama adalah, memastikan semua monitor telah tersambung dengan kabel konektor. Jika port USB yang tersedia tidak sesuai, gunakanlah adapter seperti yang telah disampaikan di atas.

Langkah selanjutnya, Anda sambungkan ketiga monitor tersebut dengan video card yang sudah dipersiapkan.

2. Menghubungkan monitor dengan kabel DVI dan display

Cara menggunakan triple monitor pada satu PC berikutnya adalah, sambungkan dua monitor dengan kabel DVI dan monitor PC disambungkan dengan kabel display. Anda juga dapat menyambungkan ketiga monitor tersebut pada kabel display dengan catatan ketiganya mempunyai port display.

3. Aktifkan software VGA

Jika Anda sudah berada pada tampilan layar kosong desktop utama, silakan klik kanan pilih Display Settings. Kemudian, setelah berada pada tampilan sistem Display Settings, yang perlu Anda lakukan adalah:

  • VGA atau graphic card harus mumpuni karena saat mengaktifkan satu display resolusinya akan berubah menjadi 5760 x 1080. Nah, graphic card Anda harus kuat juga dengan resolusi ini.
  • Pastikan jika VGA sudah memiliki tiga minimal display output.
  • Jika sudah terpasang, sistem akan mendeteksi tiga monitornya sebagai tiga monitor terpisah atau extended display dan ini berguna sekali khususnya para gamers yang ingin livestreaming gaming.

Baca Juga: Nvidia GeForce RTX 2080 vs AMD Radeon VII

Cara Menggunakan Multi Monitor pada Satu PC di Windows 10

Untuk memulai set up cara menggunakan triple monitor pada satu PC di Windows 10, semua kabel telah terpasang pada monitor dan PC dengan baik dan benar, bukan? Langkah berikutnya, Anda harus atur ulang monitor di Windows 10 supaya penggunaannya dapat disesuaikan ketika aplikasi sedang berjalan.

Pertama, buka menu ‘Settings’, kemudian pilih ‘System’, lalu ‘Display’. Selanjutnya, pada menu ‘select and rearrange displays’ di bagian bawah, posisikan setiap layar mirip dengan tata letak fisik pada desktop, dan pilih ‘Apply’.

Jika semua cara menggunakan triple monitor pada satu PC di Windows 10 telah selesai dilakukan, secara otomatis Windows 10 akan berjalan sesuai dengan posisi monitor di setiap tampilannya tanpa ada kendala. Akan tetapi, saat Anda merasa kurang yakin terhadap set up monitor mana yang digunakan, pilih saja menu ‘Identify’ untuk mengetahuinya.

Bagaimana jika ada monitor yang tidak muncul? Pertama, pastikan jika kabel konektornya terhubung dengan baik dan benar serta telah menerima daya, kemudian klik menu ‘Detect’ pada pengaturan layar.

Cara menggunakan triple monitorpada satu PC cukup mudah, bukan? Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *