Cara Convert File Video Menjadi Audio

Saat ini, konten video berupa ceramah, diskusi, seminar, kuliah, hingga pertunjukan musik sangat mudah didapat. Namun, kadang tak punya cukup waktu untuk menikmatinya. Agar dapat dinikmati sambil bekerja atau melakukan kesibukan lainnya, tentu lebih praktis jika diubah ke dalam bentuk audio. Maka, untuk mengubah file video menjadi audio, Anda memerlukan berbagai alat yang bisa digunakan pada laptop/PC atau smartphone. Dalam artikel ini akan dijelaskan berbagai cara convert file video menjadi audio selengkapnya.

Convert Video ke Audio Menggunakan Aplikasi Android

Bagi pengguna Android, tentunya sudah terbiasa menggunakan Play Store. Di dalamnya terdapat berbagai aplikasi yang menunjang berbagai keperluan, tak terkecuali aplikasi untuk mengubah video menjadi audio. Berikut beberapa aplikasi yang dapat Anda coba:

1. InShot: Video to MP3 Converter

Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang menarik. Selain dapat mengubah format video menjadi MP3, aplikasi ini juga memiliki fitur pemotong video dan audio. Dengan demikian, aplikasi besutan InShot Inc. ini dapat digunakan untuk membuat ringtone atau suara latar untuk rekaman video.

2. MP3 Video Converter

MP3 Video Converter merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Springwalk untuk mengubah video dengan berbagai format ke dalam file audio. Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 100 juta kali ini mampu mengolah video berformat 3GP, MP4, ataupun FLV menjadi file berformat MP3 dan AAC. File yang telah diubah bisa Anda tambahkan dengan informasi berupa judul, artis, genre, dan gambar sampul.

3. Video to MP3

Video to MP3 merupakan salah satu aplikasi pengubah video menjadi audio terbaik. Pasalnya, tampilan mukanya sangat sederhana dan mudah digunakan oleh pemula. Aplikasi ini bisa dijalankan dengan gratis dan tidak memiliki banyak iklan, sehingga pengguna akan tetap nyaman. Tampilan depan hanya berisi empat menu utama yaitu video to audio, video cutter, audio cutter, dan output.

Aplikasi ini dapat dioperasikan dalam dua mode yaitu Simple dan Advanced. Pada mode simple, Anda bisa membuat output audio tanpa menyetel, sementara mode Advanced, ada pilihan pengaturan audio encoding dan bit rate.

Baca Juga: Cara Membuat Daftar File (Filename list) dengan Mudah Tanpa Software Apapun

4. Video Converter to MP3

Video Converter to MP3 bisa menjadi alternatif aplikasi untuk mengubah video ke audio. Keunggulan aplikasi ini yaitu dapat dijalankan secara offline, jadi selain hemat paket data internet, Anda juga bisa melakukannya tanpa tergantung sinyal internet. Tampilan antarmukanya cukup menarik dan mudah digunakan oleh pemula, mempunyai fitur menggabungkan audio, dan dapat menaikkan volume audio sampai 3 kali lipat.

5. Convert Video to MP3

Sama seperti aplikasi lainnya, Convert Video to MP3 memiliki fungsi dasar untuk mengubah video menjadi file berformat MP3. Aplikasi ini menawarkan berbagai bit rate mulai dari 8 Kbit/s sampai 256 Kbit/s.

6. Accountlab: Video to MP3 Converter

Aplikasi besutan Accountlab ini termasuk paling direkomendasikan karena hasil audionya cukup jernih dan berkualitas. Ingin mencoba, langsung saja unduh aplikasi ini di Play Store.

7. Pix Team: MP3 Video Converter

Hadir dengan tampilan antarmuka yang menarik, aplikasi ini juga menawarkan fitur yang lengkap. Aplikasi ini mampu mengubah file video dengan berbagai format seperti MP4, 3GP, AVI, FLV, dan WMV ke dalam audio. Karena memiliki tools lengkap, aplikasi ini sangat mudah digunakan.

Convert Video ke Audio Tanpa Aplikasi di Android

Ingin mengubah video menjadi audio tetapi terkendala dalam memasang aplikasi? Jangan khawatir, Anda masih bisa melakukannya tanpa aplikasi khusus. Cara convert file video menjadi audio ini sangat mudah, Anda hanya perlu menggunakan browser pada smartphone Anda. Langkah-langkahnya yaitu:

  1. Buka browser, kemudian ketik onlinevideoconverter.com pada tab alamat.
  2. Pilih menu Convert a Video File.
  3. Tekan Select or Drop File untuk memasukkan file yang ingin Anda ubah.
  4. Tunggu hingga proses upload selesai. Lamanya proses ini tergantung pada ukuran file video Anda.
  5. Pilih format audio yang Anda inginkan, lalu tekan Start.
  6. Pilih Download untuk menyimpan audionya pada penyimpanan di ponsel Anda.

Pastikan ketika melakukan proses ini, handphone Anda terhubung jaringan internet yang stabil supaya tidak terjadi gangguan.

Baca Juga: Cara Encrypt File dengan WinRar

Convert Video ke Audio Menggunakan Laptop atau Komputer

Bagi sebagian orang, bekerja menggunakan laptop lebih nyaman daripada handphone. Pasalnya ukuran layar lebih besar dan performanya lebih cepat. Inilah beberapa cara convert file video menjadi audio menggunakan laptop ataupun personal computer.

1. Mengubah Video dari YouTube Menjadi MP3

Tak hanya file video yang sudah ada, Anda juga dapat mengambil video dari YouTube untuk diubah menjadi audio. Caranya yaitu:

  1. Buka Youtube dari browser, pilih video yang Anda inginkan untuk diunduh dalam bentuk MP3.
  2. Salin link alamat video yang Anda pilih.
  3. Pada tab yang lain, buka situs ytmp3.cc.
  4. Tampal tautan yang sudah Anda salin pada kolom yang tersedia.
  5. Pilih MP3 di bawah kolom untuk mengunduh file dalam format audio saja.
  6. Klik Convert, kemudian tunggu sampai proses konversi selesai.
  7. Selanjutnya klik Download untuk mengunduh.

Audio hasil konversi video dari YouTube pun akan tersimpan di folder Download pada laptop atau komputer Anda.

2. Mengubah File Video yang Sudah Ada Menjadi Audio

Ingin mengubah file video yang sudah tersimpan pada laptop menjadi audio, Anda bisa melakukannya melalui peramban. Langkah-langkahnya sangat sederhana, yaitu:

  1. Buka peramban Anda, kemudian masuk ke situs convertio.com.
  2. Pilih video yang ingin Anda ubah menjadi audio dengan cara klik Open.
  3. Pilih format file yaitu MP3, kemudian klik Mengubah.
  4. Tunggu sampai proses selesai, kemudian klik Download.

Setelah proses unduh selesai, file audio akan tersimpan otomatis di laptop Anda.

Baca Juga: Cara Mengembalikan File Excel yang Corrupt

3. Mengubah File Video ke Audio dengan Aplikasi di Laptop

Selain menggunakan peramban, Anda juga bisa menghasilkan file audio dari video menggunakan aplikasi yang dapat diinstal di laptop yaitu Wondershare Video Convert Ultimate. Aplikasi ini dapat dijalankan pada komputer dengan sistem operasi Windows ataupun Mac. Cara menggunakannya yaitu:

  1. Download dan pasang aplikasi Wondershare Video Convert Ultimate.
  2. Setelah terpasang, buka aplikasi dan pilih jenis format output yang Anda inginkan.
  3. Pilih Tab Audio, klik MP3, kemudian pilih kualitas audio sesuai kebutuhan.
  4. Klik Add Files untuk memilih file yang akan diubah, lalu klik Open.
  5. Tunggu hingga proses upload selesai.
  6. Klik Convert untuk mengubahnya. Setelah berhasil, maka akan muncul notifikasi Success.

File Anda pun sudah dapat dibuka dan digunakan.

Bagaimana? Tidak sulit bukan mengikuti cara convert file video menjadi audio di atas? Pilih saja yang menurut Anda cara paling sesuai. Dengan demikian, Anda sudah dapat menikmati konten favorit dalam bentuk audio sambil beraktivitas tanpa khawatir fokus terganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *