Perlukah Back-Up Data di Google Drive? Inilah Alasan dan Cara Menyimpannya

Google Drive merupakan media penyimpanan awan yang aman. Berikut alasan perlukah back-up data di Google Drive.

Apakah Anda pernah merasa kebingungan karena data yang ada pada perangkat tak sengaja terhapus atau terlupa membawa file saat akan presentasi? Nah, untuk mengantisipasinya, ada baiknya Anda melakukan back-up data di Google Drive. Untuk meyakinkan Anda mengenai perlukah back-up data di Google Drive, berikut kelebihan yang akan Anda dapatkan.

Google Drive adalah media penyimpanan berbasis cloud yang dikembangkan oleh Google sejak tanggal 24 April 2012. Tak hanya bisa diakses menggunakan PC, Google Drive juga tersedia dalam bentuk aplikasi di Android.

Kelebihan Menyimpan Data di Google Drive

Menyimpan data selain di perangkat mungkin bukan menjadi prioritas kebanyakan orang. Tetapi hal ini bisa menjadi alternatif untuk menyimpan data menjadi lebih aman. Jika Anda ingin menyimpan data berbasis cloud, Google Drive bisa menjadi pilihan media penyimpanan yang tepat dengan segala kelebihannya.

1. Penyimpanan Data Aman

Menyimpan data pada Google Drive bisa membuat data lebih aman dan terhindar dari risiko hilang karena terhapus atau file corrupt. Anda tidak perlu khawatir data akan rusak atau dicuri pihak lain. Meski begitu, Anda tetap harus waspada karena tidak selamanya penyimpanan berbasis awan aman dari peretas data.

2. Bisa Digunakan Menyimpan File Jenis Apa Pun

Menggunakan Google Drive akan memudahkan Anda dalam menyimpan file jenis apapun, selama tidak melanggar kebijakan seperti misalnya hak cipta dan sebagainya. Menyimpan data di Google Drive tidak hanya untuk menyimpan file berbentuk dokumen saja. Anda juga bisa menyimpan gambar ataupun video ke media penyimpanan awan ini.

3. Kapasitas Penyimpanan Besar

Jika Anda ingin mengetahui perlukah back-up data di Google Drive, salah satu alasannya adalah karena kapasitas penyimpanan Google Drive yang mencapai 15 GB untuk versi free-nya. Tentunya kapasitas ini cukup besar untuk menyimpan data yang perlu di-backup saja. Tetapi, jika Anda lebih menginginkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, ada baiknya Google Drive di-upgrade ke versi berbayar.

4. Ada Fitur Berbagi File

Jika Anda sudah menyimpan data melalui Google Drive, Anda akan lebih mudah membagikan file ke orang lain melalui tautan yang dibagikan. Hal ini akan membuat proses mengirim file menjadi lebih mudah, karena Anda tidak perlu mengunggah file terlebih dahulu. Menariknya, Anda bisa membagikan file melalui pesan SMS.

5. Bisa Diakses di Mana Saja

Kemudahan menyimpan data melalui Google Drive adalah Anda bisa mengakses file dimanapun, asalkan perangkat yang digunakan tersambung jaringan internet. Anda tak perlu khawatir ketinggalan file saat diperlukan. Dengan mengakses menggunakan akun Google Drive di PC atau Android, file yang diperlukan bisa diakses dengan mudah dan cepat.

Baca Juga: Cara Membuat Google Form

Cara Menyimpan Data di Google Drive

Menyimpan data di Google Drive dapat membantu Anda back-up file menjadi lebih aman. Anda bisa menyimpan data menggunakan PC ataupun Android sesuai dengan perangkat yang digunakan.

1. Simpan File di Google Drive via Android

Untuk menyimpan file di Google Drive melalui Android, terlebih dahulu Anda perlu memasang aplikasi Google Drive dan mendaftarkan akun Google Anda. Biasanya aplikasi ini termasuk aplikasi bawaan dan secara otomatis akan langsung tersambung ke Google Drive.

Selain bisa menggunakan akun Google yang digunakan untuk mengakses PlayStore, Anda juga bisa menambahkan akun Google untuk menyimpan menggunakan file lainnya. Berikut cara simpan file di Google Drive menggunakan Android.

  1. Buka aplikasi Google Drive di Android.
  2. Klik tanda plus (+) yang ada di pojok kanan bawah.
  3. Pilih opsi ‘Upload’.
  4. Pilih file yang akan disimpan.
  5. File akan masuk ke Google Drive, ketuk file untuk meng-upload.
  6. File selesai disimpan.

Baca Juga: Swa Film dari Google Play Store

2. Cara Simpan File di Google Drive via PC

Jika Anda ingin menyimpan file dalam jumlah banyak ke Google Drive, ada baiknya Anda menggunakan PC untuk meng-upload file tersebut. Berikut caranya.

  1. Buka drive.google.com dan masuk ke akun Anda.
  2. Di pojok kiri atas, klik ‘Baru’ dan pilih ‘Upload File atau Upload Folder’.
  3. Pilih file yang akan diupload, secara otomatis file akan tersimpan di Google Drive.

Sudah terjawab bukan perlukah back-up data di Google Drive? Dengan menyimpan file di Google Drive akan membantu Anda membuat data menjadi lebih aman dari risiko hilang atau terhapus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *