Mudah dan Cepat, Inilah Cara Membuat Google Form untuk Kuesioner

Sudah tahu belum cara membuat Google Form? Kalau belum, Anda bisa simak ulasan berikut sampai selesai.

Google Formulir mungkin tidak asing lagi bagi Anda. Dengan adanya Google Formulir, urusan pembuatan formulir menjadi lebih mudah karena bisa dilakukan secara daring. Formulir itu kemudian bisa disimpan di database Google, sehingga tidak perlu memenuhi ruang kerja Anda di kantor. Namun apakah Anda sudah mengetahui cara membuat Google Form? Kalau belum, Anda bisa cari tahu di sini.

Sekilas tentang Google Form

Google tidak hanya menyediakan mesin pencari, namun juga menyediakan berbagai alat untuk memudahkan keperluan manusia. Salah satu dari alat tersebut adalah Google Form, yang terintegrasi dengan alat Google lain, seperti Gmail. Sesuai dengan namanya, Google Form memang ditujukan untuk membuat formulir.

Seperti halnya fitur Google yang lain, Google Form juga bisa diakses secara gratis. Kegunaan utama dari Google Form adalah untuk mengumpulkan informasi tertentu dari responden. Pengumpulan informasi ini tentu memiliki tujuan tertentu, tergantung dari kebutuhan si pembuat formulir.

Informasi dari Google Form terintegrasi dan bisa disimpan secara otomatis dalam Google Spreadsheet. Data yang tersimpan itu bisa Anda olah terlebih dahulu sebelum Anda kirimkan kepada yang lain. Jenis formulir yang bisa dibuat dengan Google Form, seperti survei pelanggan, registrasi online, sampai lamaran kerja.

Baca Juga: Sewa Film dari Google Play Store

Begini Cara Membuat Google Form

Cara membuat Google Form tidaklah sulit. Sebelum membuat Google Form, pastikan Anda sudah memiliki akun Gmail dan tidak lupa alamatserta password-nya. Kalau Anda mau membuat kuesioner, berikut cara membuat Google Form-nya.

  1. Akses dulu ke Gmail kemudian masuk ke halaman Google Docs-Form. Karena Anda akan membuat kuesioner, maka pilih template yang sesuai.
  2. Template itu tidak hanya satu, namun ada beberapa pilihan. Kalau Anda merasa tidak ada template yang sesuai, bisa langsung klik “blank” lalu klik “+“. Background template baru akan muncul di monitor Anda.
  3. Anda sudah selesai memilih template kosong. Sekarang klik bagian “Untitled Form” lalu ketikkan judul kuesioner yang Anda butuhkan.
  4. Di bawah judul, terdapat bagian “Form description” untuk meletakkan deskripsi dari kuesioner Anda. Deskripsi yang dibuat tidak perlu terlalu panjang, yang penting jelas dan mudah dipahami.
  5. Cara membuat Google Form untuk kuesioner selanjutnya adalah membuat pertanyaan dengan klik bagian “Question”. Jenis pertanyaan yang disediakan oleh Google Form tidak hanya satu, Anda bisa memilih jenis “Multiple Choice”, “short answer” atau “paragraph.”
  6. Kalau Anda memilih jenis pertanyaan Multiple Choice, jangan lupa siapkan pilihan jawabannya di bagian “add option”. Untuk menuliskan opsi pilihan jawaban lainnya, klik  “Add another” di samping “add option”.
  7. Kalau Anda mau responden menuliskan jawabannya sendiri, Anda bisa pilih jenis soal “Short Answer” atau “paragraph”. Untuk opsi “Short Answer”, jumlah kata untuk jawaban bisa dibatasi, berbeda dengan “paragraph” yang tidak membatasi jumlah kata jawaban.
  8. Setelah semuanya beres, Anda tinggal mengirimkan kuesioner ke responden dengan klik “send” di bagian kanan atas.
  9. Untuk menyalin link, Anda bisa klik ikon yang seperti “peniti”. Jika link dirasa terlalu panjang, Anda bisa klik “Shorten URL” kemudian salin ulang.

Baca Juga: Mendapatkan Penghasilan Pasif dari Google Adsense

Cara Melihat Hasil Kuesioner

Lalu bagaimana caranya jika Anda ingin mengecek hasil kuesioner yang sudah Anda buat? Tidak sulit kok. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengecek hasil kuesioner Anda.

  1. Langkah pertama, akses dulu ke formulir Anda seperti saat mengakses Google Form pertama kali. Kuesioner yang telah Anda buat sebelumnya berada di bagian bawah, kemudian klik salah satu kuesioner yang ingin cek hasilnya.
  2. Klik pilihan “Responses” yang terletak di samping “Question” untuk melihat hasil kuisoner yang sudah Anda sebar. Respons yang bisa dicek bukan hanya jumlahnya, melainkan juga jawaban dari responden.
  3. Anda bisa melihat respons dalam “Summary” atau “Individual.” Jika Anda klik “Summary”, akan ditampilkan rangkuman keseluruhan jawaban responden. Untuk melihat detail jawaban, Anda bisa klik “Individual”.
  4. Selesai. Sekarang Anda tinggal mengolah data kuesioner yang telah diperoleh.

Cara membuat Google Form di HP juga tidak berbeda jauh dengan cara di atas. Anda tinggal mengikuti semua instruksi yang tertera di halaman Google Form dan ikuti sampai selesai. Sekarang sudah tidak bingung lagi bukan terkait cara membuat Google Form?

One thought on “Mudah dan Cepat, Inilah Cara Membuat Google Form untuk Kuesioner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *