Ingin Beli Konsol Game Baru? Yuk Cek Harga dan Spesifikasi PS5

Kabarnya PS5 versi terbaru telah siap dirilis oleh Sony. Untuk Anda yang penasaran, berikut ulasan mengenai harga dan spesifikasi PS5.

Beberapa waktu lalu, para pecinta game dihebohkan dengan munculnya PS versi terbaru ke media, yakni PS5. Konsol game terbaru keluaran Sony ini memiliki warna hitam-putih dan memiliki desain vertikal yang tampak elegan. Ingin tahu lebih banyak mengenai harga dan spesifikasi PS5? Baca terus artikel ini sampai selesai ya.

Spesifikasi Resmi PlayStation 5

Dibandingkan konsol game pendahulunya, desain PS5 memiliki bentuk yang tampak lebih futuristik. Dari segi ukuran, ukuran PS5 terbilang jauh lebih besar dibandingkan konsol game sebelumnya. Hal tersebut bertujuan supaya mesin PS5 bisa bekerja secara lebih maksimal. Ukuran yang besar tersebut juga memungkinkan aliran udara menjadi lebih baik, sehingga oleh meminimalisasi suara kencang seperti di PS4.

Selain itu, Sony juga turut mengenalkan PS5 Digital Edition ke publik. Sesuai dengan namanya, PS5 digital tidak dibekali dengan blu-ray drive yang berfungsi sebagai pembaca game fisik. Karena tidak adanya blu-ray drive itulah, bentuk PS5 DE menjadi lebih ramping dibandingkan versi biasa.

Sebelum mengenalkan PS5 nya, Sony terlebih dahulu mengenalkan kontroler game tersebut yang disebut sebagai DualSense. Controller tersebut memiliki warna putih dengan sedikit corak hitam dan dilengkapi fitur haptic feedback supaya game terasa lebih immersive. Dengan fitur tersebut, pemain akan bisa merasakan feedback ketika menggunakan controller.

Ada lagi fitur adaptive triggers sebagai penyempurnaan tombol L2 dan R2 yang ada pada game. Fitur itu memungkinkan pemain bisa merasakan perbedaan ketika menggunakan senjata tertentu. Fitur lainnya dalam controller itu adalah create button dan built-in microphone. Create button berfungsi untuk menyimpan momen tertentu ketika bermain. Sedangkan built-in microphone berfungsi sebagai mikrofon kalau perlu berkomunikasi dengan yang lain.

Spesifikasi selengkapnya mengenai PS5 adalah sebagai berikut.

  • CPU: 8x Zen 2 Cores at 3.5GHz with SMT
  • GPU: 10.28 TFLOPs, 36 CUs at 2.23GHz
  • Penyusun GPU: Custom RDNA 2    
  • Memori: 16GB GDDR6/256-bit       
  • Penyimpanan internal: Custom 825GB SSD
  • Penyimpanan eksternal: USB HDD Support
  • Memory Bandwidth: 448GB/s           
  • Slot penambahan penyimpanan: NVMe SSD Slot
  • Perangkat optik: 4K UHD Blu-ray Drive

Baca Juga: Rekomendasi Game PS4 Murah tapi Ga Murahan

Tanggal Rilis dan Harga PS5

Tanggal rilis PlayStation 5 ini sebenarnya belum dipastikan oleh Sony. Produsen konsol game tersebut hanya mengatakan bahwa PS5 kemungkinan tetap dirilis di musim libur akhir tahun 2020. Ada yang menyebutkan bahwa PS5 akan dirilis pada pertengahan November seperti pendahulunya. Namun itu belum pasti, mengingat situasi pandemi Covid-19 yang belum juga membaik.

Karena bahasan ulasan ini adalah mengenai harga dan spesifikasi PS5, maka tidak lengkap tentu jika tidak membahas harga PS5. Sayangnya, Sony juga belum memberi tahu berapa harga dari konsol game terbarunya tersebut. Namun terdapat berbagai prediksi dari beberapa pihak mengenai harga konsol tersebut. Kabarnya, konsol game dengan Disc Drive dihargai lebih mahal dibandingkan konsol game non-disc.

Forbes memprediksi harganya sekitar $550 dan $500. Gamepost memprediksi harganya sekitar $450 dan $400. Techradar memprediksi harganya sekitar $449. Sedangkan analis pasar Ampere memprediksi harganya sekitar $450-$499. Semua harga tersebut adalah harga sebelum masuk ke Indonesia. Ketika masuk ke Indonesia, diperkirakan harganya sekitar Rp9,9-10,7 juta.

Baca Juga: Cara Upgrade Harddisk PS4

Game yang Rilis Bersamaan PS5

Selama tiga bulan peluncurannya, GTA Online akan tersedia gratis untuk semua pengguna PS5. Sony juga menggandeng beberapa pengembang, salah satunya NBA 2K21.  Beberapa game PS5 yang disediakan bersama pengembang adalah:

  • Astro’s Playroom, Demon’s Souls dari Japan Studio
  • Gran Turismo 7 dari Polyphony Digital
  • Marvel’s Spider-Man Miles Morales, Ratchet & Clank dari Insomniac Games
  • Destruction All Stars dari Lucid Games
  • Horizon Forbidden West dari Guerrilla Games
  • Sackboy A Big Adventure dari Sumo Digital
  • Returnal dari Housemarque

Selain itu, masih banyak game lain yang disediakan oleh pihak pengembang. Beberapa game itu, seperti Bugsnax, DEATHLOOP, Ghostwire, Godfall, HITMAN 3, Goodbye Volcano High, dan JETT: The Fare Shore. Selain itu, masih ada game Little Devil Inside, Pragmata, Oddworld Soulstorm, Resident Evil Village, Stray, Solar Ash, The Pathless, dan Tribes of Midgard.

Setelah mengetahui harga dan spesifikasi PS5, apakah Anda tertarik untuk membelinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *