Lengkap! Inilah Cara Membuat File PDF

Cara membuat file PDF bisa dilakukan di PC maupun Android. Cara berikut ini akan membantu membuat file PDF dengan mudah.

Pernahkah Anda mengirim file dari Microsoft Word dan menjadi berantakan saat dibuka? Nah, untuk mengatasinya, Anda bisa mengirim file tersebut dalam bentuk PDF. Untuk mengubah file tersebut, cara membuat file PDF berikut bisa membantu Anda.

PDF (Portable Document Format) merupakan format file yang dikembangkan oleh Adobe System yang mudah untuk dibagikan tanpa harus khawatir file akan berubah saat dibuka di perangkat lain. Anda bisa mengubah beragam file, seperti gambar ataupun halaman web menjadi lebih aman dan hanya bisa disunting oleh pemiliknya saja. Cara di bawah ini bisa Anda gunakan untuk mengubah file ke dalam format PDF.

Cara Membuat File PDF dengan Aplikasi

Cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengubah file word ke PDF adalah dengan menggunakan aplikasi software. Anda tidak perlu khawatir harus membayar software tersebut, karena ada beberapa software yang bisa didapatkan dengan gratis.

Untuk memudahkan dalam pencarian software, Anda bisa mengetikkan kata kunci ‘free PDF converter’ atau ‘free PDF maker’. Google akan memberikan beragam saran software yang bisa Anda pilih sesuai keinginan. Beberapa software yang direkomendasikan untuk membuat file PDF adalah NitroPDF, PrimoPDF, PDFCreator, dan PDF Factory Pro.

Untuk membuat file PDF, hal pertama yang dilakukan adalah dengan membuat dokumen di Microsoft Word. Kemudian klik ‘Print’ dan pilih jenis printer yang dikehendaki, dalam hal ini pilih software pembuat file PDF yang sudah dipasang dan klik ‘Create PDF’.

Baca Juga: Belajar Adobe Photoshop untuk Pemula

Cara Membuat File PDF Secara Online

Jika Anda kesulitan untuk membuat file PDF menggunakan software tertentu, website penyedia layanan ubah dokumen bisa menjadi solusinya. Anda bisa mengunjungi situs pdfonline.com ataupun freepdfconvert.com. Selain bisa dilakukan menggunakan PC, kini Anda juga bisa menggunakan smartphone dengan mengunjungi situs Small PDF untuk mengubah file PDF.

Cara membuat file PDF ini memang disediakan secara gratis. Hanya saja, layanan gratis ini hanya terbatas secara kuantitas file yang diubah dalam setiap harinya. Jika Anda ingin meningkatkan jumlah file yang diubah setiap harinya, Anda bisa mendaftar menjadi member premium dengan mengeluarkan sejumlah biaya.

Untuk membuat file PDF secara online, Anda hanya perlu membuka situs dan memilih file yang akan diubah. Untuk mengambil file yang sudah diubah menjadi PDF, Anda hanya perlu mengunduh dan secara otomatis file PDF tersebut tersimpan di perangkat Anda.

Yang perlu diketahui bahwa untuk mengubah file PDF ini sangat tergantung pada ukuran file aslinya. Untuk mempercepat prosesnya, ada baiknya Anda menggunakan jaringan internet yang stabil dan pastikan kapasitas penyimpanan masih mencukupi.

Cara Mengubah File PDF Tanpa Aplikasi

Cara membuat file PDF paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah jika aplikasi pembuat dokumen di PC sudah dilengkapi dengan opsi ‘save as PDF’. Hal ini tidak hanya berlaku pada dokumen word saja, Anda juga bisa membuat file PDF dalam bentuk excel dan PowerPoint langsung pada Microsoft Office.

Caranya, Anda cukup membuat dokumen dan klik ‘Save As’. Kemudian pilih lokasi penyimpanan dokumen dan klik menu dropdown ‘save as type’. Untuk langsung membuat file PDF, klik opsi ‘PDF’ dan jadilah file PDF dengan mudah.

Baca Juga: Belajar Desain Grafis dengan CorelDraw

Cara Membuat File PDF di Android

Anda juga bisa membuat file PDF menggunakan Android melalui aplikasi WPS Office. Cara ini tentunya sangat mudah dan Anda tidak memerlukan aplikasi lain untuk mengubah file dalam bentuk PDF. Berikut langkah membuat file PDF di WPS Office.

  1. Buka aplikasi WPS Office.
  2. Klik tanda (+) yang ada di pojok kanan bawah dan pilih opsi ‘Dokumen’.
  3. Buat dokumen sesuai keinginan.
  4. Klik ‘Save’ untuk menyimpannya dan pilih lokasi penyimpanan yang diinginkan.
  5. Untuk mengubah ke dalam file PDF, klik menu dropdown dan pilih .pdf.
  6. Klik ‘Ekspor ke PDF’ dan tunggu hingga proses selesai.

Untuk mengetahui bahwa file PDF yang dibuat sudah sesuai, Anda bisa membuka file tersebut. Anda tidak perlu cemas untuk membuka file tersebut karena pada WPS Office sudah tersedia fitur pembaca file PDF.

Mudah bukan cara membuat file PDF? Cara di atas bisa Anda terapkan dan pastikan Anda sudah yakin dengan file yang dibuat sebelum menyimpannya dalam bentuk file PDF.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *