Main Game Balap dengan Steering Wheel Controller

Steering wheel controller dibutuhkan untuk bermain game balap. Yuk baca ulasan mengenai steering wheel di ulasan berikut.

Keyboard dan mouse mungkin menjadi perangkat utama untuk bermain game. Namun untuk Anda yang menggemari game racing, keduanya tentu kurang cocok. Hal tersebut mungkin bisa diatasi dengan joystick, tapi pecinta game balap kelas berat, tetap perly menggunakan steering wheel. Sayangnya, harga steering wheel tidak murah. Untuk menyiasati itu, coba cari tahu di ulasan main game balap dengan steering wheel controller berikut.

Perhatikan ini Ketika Membeli Steering Wheel

Ketika Anda membeli steering wheel controller, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Ukuran dan rotasinya

Bentuk steering wheel mirip dengan setir asli. Beberapa di antaranya bahkan sudah memiliki lisensi dari merk mobil balap populer. Akan tetapi, setir seperti itu akan dijual dengan harga sangat mahal. Oleh karena itu, banyak produsen yang mengakali dengan mengecilkan ukuran dan rotasi steering wheel.

Hal tersebut sebenarnya bukan masalah besar, tinggal sesuaikan saja dengan game yang Anda mainkan. Misalnya, jika Anda bermain game terkait mengemudikan truk, bisa pakai setir dengan rotasi 1080 derajat. Namun kalau Anda bermain game seperti F1, lebih baik pakai stir dengan rotasi lebih kecil.

2. Pedal

Ketika menghindari pedal, sebaiknya hindari pedal berbahan dasar plastik sebab memiliki ketahanan yang rendah. Anda bisa memilih pedal yang terbuat dari logam yang lebih tahan lama. Kalau Anda memilih steering wheel berharga mahal, sebaiknya beli pedal yang memiliki load cell. Load cell itu berfungsi sebagai sensor untuk mendeteksi tekanan dari kaki.

3. Force feedback atau vibrator

Sebenarnya force feedback ini fitur yang sangat menarik, karena bisa memberi efek seperti mengendarai mobil asli. Sayangnya, hanya steering wheel yang mahal yang sudah dilengkapi fitur tersebut. Untuk steering wheel dengan harga murah, biasanya baru memiliki fitur vibration seperti pada gamepad.

4. Kopling

Untuk Anda penggemar game balap, Anda perlu memilih steering wheel yang memiliki kopling dengan gearbox manual. Penggunaan kopling akan membuat Anda seperti melakukan balapan sungguhan. Akan tetapi, kalau game balap yang Anda mainkan seperti Need For Speed atau F1, Anda lebih membutuhkan kopling dengan transmisi otomatis.

5. Kompatibilitas

Beberapa steering wheel biasanya hanya kompatibel dengan PC atau konsol tertentu saja. Kalau game balap Anda mainkan pada berbagai perangkat, jangan lupa pilih steering wheel yang kompatibel dengan berbagai perangkat.

Baca Juga: Rekomendasi Game Bergenre Driving Simulator untuk Latihan Nyetir

Menjadikan Smartphone sebagai Steering Wheel

Karena harga steering wheel terbilang mahal, Anda sebenarnya bisa menjadikan smartphone Anda sebagai penggantinya. Caranya bisa Anda baca lebih lanjut di bawah ini.

Pertama, pastikan perangkat android Anda sudah memiliki sensor accelerometer. Anda juga perlu menyiapkan beberapa aplikasi pendukung di PC Anda. Kalau HP dan PC sudah siap, Anda bisa menginstal JD Simwheel ke perangkat android. Untuk PC, Anda perlu memasang aplikasi server supaya PC bisa menerima perintah dari ponse. Aplikasi tersebut adalah VJoy v2.04 setup dan JD Simwheel Server.

Kedua, lakukan pemasangan aplikasi Vjoy di PC untuk mendukung interaksi antara ponsel dengan PC Anda. Setelah itu, lakukan pemasangan JD Simwheel Server pada PC. Kalau sudah, Anda bisa langsung memasang aplikasi JD Simwheel ke ponsel.

Ketiga, koneksikan PC dengan Wi-Fi untuk mengirim data dari HP ke PC sebagai steering wheel.

Keempat, buka aplikasi JD Simwheel Server setelah PC terkoneksi ke internet. IP yang ditampilkan akan menjadi alamat tujuan untuk mengkoneksikan HP Anda sebagai steering wheel.

Kelima, koneksikan ponsel Anda dengan jaringan yang sama dengan PC.

Baca Juga: Rekomendasi Game Open World Paling Seru

Keenam, buka aplikasi JD Simwheel yang sudah terpasang di HP. Klik menu Settings kemudian tuliskan Server IP sebagaimana IP di aplikasi JD Simwheel server tadi. Kalau sudah, kembali ke menu utama kemudian klik menu Play dan ponsel akan otomatis terkoneksi dengan PC.

Steering Wheel Anda sudah selesai dibuat dan sudah bisa dipakai untuk memainkan beragam racing game, tinggal sesuaikan dengan controller-nya. Cara tersebut membuat Anda tidak perlu membeli Steering Wheel tambahan sehingga lebih simple. Akan tetapi, daya ponsel lebih cepat habis dan penggunaannya hanya bisa dilakukan bila terkoneksi ke Wi-Fi, belum bisa menggunakan internet.

Jadi, sudah siap untuk main game balap dengan steering wheel controller?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *