Cara Blokir Iklan “Murah” di Google Adsense

Cara blokir iklan “murah” di Google Adsenses sejatinya cukup mudah secara langsung tanpa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Sebagai seorang publisher, Anda perlu mengetahui cara blokir iklan “murah” di Google Adsense. Mengapa demikian? Sebab, semua iklan yang ditampilkan akan memengaruhi performa Anda sebagai penerbit di mata pengunjung. Bila ads yang muncul tidak pantas dan menimbulkan ketidaknyamanan, visitor akan enggan mampir.

Bila hal itu terjadi, otomatis pendapatan yang bisa Anda raup dari Google Adsense akan berkurang drastis. Sebab itulah penting bagi Anda untuk mengetahui cara blocking Adsense murahan atau bahkan termasuk dalam kategori ‘sampah’. Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan guna menyaring iklan-iklan yang tidak bermutu.

Baca Juga: Bolehkan Memasang Iklan Google Adsense pada Website Online Shop Kita?

Cara Google Adsense Block Certain Ads Menggunakan Ad Review Center

Metode pertama untuk memblokir iklan-iklan dengan harga klik rendah dan berimbas menurunkan performa ini yaitu menggunakan Ad Review Center yang disediakan langsung oleh Google. Jadi, Anda tidak perlu memakai aplikasi atau website pihak ketiga untuk melakukan blokir. Seperti apa caranya?

  1. Akses dashboard akun Google Adsense Anda.
  2. Silakan masuk ke dalam menu Allow & block Ads (Izinkan dan blokir iklan), lalu klik Content (konten) kemudian pilih Ad Review Center (Pusat peninjauan iklan).
  3. Selanjutnya, cara blokir iklan “murah di Google Adsense adalah dengan klik tombol Enable (Tersedia).
  4. Tunggu beberapa saat, maka akan muncul notifikasi fitur diaktifkan. Meskipun pada keterangan diminta menunggu selama lima jam, sebenarnya dalam rentang lima menit saja sudah aktif.
  5. Setelahnya, akan muncul semua iklan yang ada. Kamu bisa memblokir ads yang tidak diinginkan. Bisa juga berdasarkan keyword agar filter lebih maksimal. Tekan enter.

Daftar Google Adsense yang diblokir akan muncul pada tab blocked. Anda bisa sewaktu-waktu mengubah pengaturan tersebut jika ingin menampilkannya.

Baca Juga: Memahami dan Mencegah Invalid Traffic pada Google Adsense

Cara Memblokir Iklan dengan Banned URL Advertiser

Tindakan lain yang bisa Anda lakukan untuk memblokir ads murahan adalah dengan melakukan banned pada URL pengiklan. Cara ini membuat iklan apa pun dari sang advertiser terblokir otomatis dari penerbitan pada halaman Anda. Tahapannya sebagai berikut :

  1. Masuk ke halaman yang Anda kelola, baik blog maupun halaman sosial media.
  2. Perhatikan iklan yang tengah tampil, kemudian gerakkan kursor dan klik kanan. Pilih menu copy link address. Instruksi ini untuk menyalin URL pengiklan.
  3. Jalankan aplikasi notepad atau word. Tempelkan salinan URL tadi, tandai halaman awalnya saja, contohnya (http://blablablabla.com).
  4. Kemudian, masuk ke dashboard Adsense Anda. Masuk ke menu Allow & Block Ads, lalu ke tab Content, terakhir pilih All My Sites.
  5.  Selanjutnya, klik menu Advertiser URLs. Pada kotak yang ada, tempel URL yang telah disalin, lantas klik tab Block URLs.

Bagaimana? Mudah bukan cara blokir iklan “murah” di Google Adsense sebagaimana uraian di atas? Anda tidak perlu lagi meninjau satu per satu ads, karena secara otomatis iklan dari advertiser yang sama akan langsung ter-banned.

Baca Juga: Cara Efektif untuk Meningkatkan CPC (BPK) Google Adsense

Cara Memblokir Iklan Murah yang Bandel Menggunakan Gambar

Kedua cara sebelumnya tidak berhasil mengusir ads murahan dari halaman Anda? Tenang, masih ada satu cara lagi yang wajib untuk Anda coba, yaitu dengan menggunakan tangkapan layar gambar iklan yang ditampilkan. Cara sebelumnya bisa jadi tidak efektif karena penyisipan teks dan URL yang unik sehingga gagal masuk filter pemblokiran.

Bagi Anda yang ingin memblokir Adsense melalui gambar, ikuti langkah-langkah mudah berikut ini:

  1. Anda bisa masuk ke halaman Anda, lalu mengambil tangkapan layar (screenshoot) dari iklan-iklan yang tampil.
  2. Selanjutnya, buka aplikasi Paint di PC dan lakukan sedikit penyuntingan. Potong gambar agar fokus pada tampilan iklan.
  3. Masuk ke dashboard Adsense lalu pilih Allow & Block Ads. Pilih menu Content, lanjut ke kolom Find Ads Based on Picture.
  4. Kemudian, upload tangkapan layar yang sudah disunting tadi, tekan enter.
  5. Sistem akan mulai menemukan dan menyusun iklan yang relevan. Anda tinggal memblokir semua itu lewat tab Block Ads. Selesai.

Dijamin, tidak akan lagi ditemukan ads tidak bermutu yang dapat menurunkan minat pengunjung sekaligus pendapatan Anda. Ketiga cara blokir iklan “murah” di Google Adsense di atas selain ampuh juga aman. Pasalnya, cara tersebut tidak menggunakan perantara pihak ketiga yang berisiko atas keamanan data pribadi akun Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *