Tips Usaha Es Krim Buatan Sendiri

Tips usaha es krim buatan sendiri yang memiliki pasar menjanjikan sebenarnya cukup sederhana asal lebih dulu berani memulai.

Ice cream merupakan sektor bisnis yang rasanya hampir tidak pernah mengalami ‘kekeringan’. Mulai dari produk buatan rumah hingga industri skala besar selalu diminati. Wajar bila kemudian Anda juga tertarik menekuninya. Namun, dengan persaingan yang sengit, bagaimana tips usaha es krim buatan sendiri agar dapat memenangkan pasar?

Memulai Secara Sederhana, Anti Ribet!

Dalam merintis sebuah bisnis, tidak jarang seseorang mempertimbangkan terlalu banyak hal hingga ujungnya urung merealisasikannya. Padahal, untuk memulai usaha es krim, Anda tidak perlu berpikir terlalu keras dan sigap action agar segera dapat berjalan. Tidak perlu memiliki modal yang besar, karena es krim skala rumahan bisa dimulai dengan dana minim.

Anda hanya perlu membeli bahan-bahan dan menggunakan peralatan sederhana saja seperti mixer untuk membuat adonan, cup sebagai wadah, serta freezer room kulkas di rumah. Bermodalkan kurang dari Rp100.000,- saja, jika terjual habis Anda bisa mendapatkan laba hingga 200%. Bisnis yang sangat menggiurkan, bukan?

Namun, meskipun tampak mudah, hal yang perlu Anda perhatikan adalah soal rasa. Bagaimanapun, taste produk memberikan pengaruh paling besar. Kreasikan es krim homemade tersebut agar memiliki cita rasa unik dan khas sehingga terus dicari oleh konsumen. Trik tersebut merupakan langkah awal yang menentukan kesuksesan bisnis es krim Anda.

Baca Juga: Memulai Usaha Kuliner di Kota Bandung

Meningkatkan Skala Usaha dan Memperluas Pasar

Jika tahapan pertama dari tips usaha es krim buatan sendiri tersebut sudah berhasil, maka langkah berikutnya berfokus pada pengembangan bisnis. Anda perlu mengingat bahwa mempertahankan dan meningkatkan lebih sulit daripada memulai. Bisa saja Anda bertahan di zona nyaman dengan produksi tetap sebagaimana biasa.

Namun, hal itu justru akan merugikan karena mudah tergilas oleh kompetitor. Kunci dari pengembangan bisnis es krim homemade antara lain:

  • Kreativitas dalam penyediaan variasi produk dengan tetap mempertahankan cita rasa.
  • Peningkatan jumlah produksi dengan membeli mesin es krim.
  • Penambahan freezer khusus untuk menampung ice cream yang siap didistribusikan pada konsumen.
  • Menawarkan harga kompetitif dengan kualitas yang terus terjaga.

Anda dapat menyisihkan keuntungan yang didapat dari masa-masa awal berjualan es krim sebagai modal tambahan untuk menyediakan peralatan pendukung. Sehingga, Anda tidak perlu pusing berutang ke mana-mana untuk menambahkan dana guna mengembangkan bisnis yang dimiliki.

Promosi dan Branding

Melakukan promosi tentu merupakan suatu keharusan dalam sebuah bisnis. Manfaatkan segala media yang memungkinkan, baik lewat jalur offline maupun online. Contoh media promosi luring yaitu dengan aktif mengikuti berbagai bazaar kuliner atau melakukan demo dari pintu ke pintu. Sedangkan daring bisa memanfaatkan sosial media dengan cakupan pasar lebih luas.

Selain promosi, branding juga sangat perlu untuk membuat pasar selalu terngiang hingga tersugesti membeli produk Anda ketika mendengar tentang ‘es krim’. Caranya tentu yang utama adalah rasa otentik dan unik. Selebihnya, Anda bisa melakukan branding melalui logo dan kemasan yang beda dari ice cream pada umumnya.

Baca Juga: Tips Memulai Usaha Kafe

Mempertahankan Kesehatan Finansial Bisnis

Tips usaha es krim buatan sendiri selanjutnya adalah dengan memastikan kesehatan keuangan usaha yang dijalankan. Tidak sedikit pebisnis yang hanya fokus pada kualitas dan kuantitas produk, hingga melupakan bahwa manajemen yang bagus merupakan kebutuhan mutlak agar bisnis dapat bertahan. Tanggung jawab manajemen tersebut termasuk pada keuangan usaha.

Anda berhak dan wajib mengetahui alur keluar masuk dana dalam usaha yang telah dirintis dan dikembangkan ini. Berapa dana yang dibutuhkan untuk proses produksi dan distribusi serta rata-rata persentase keuntungannya? Jika pemasukan bisa mencapai 50% di atas pengeluaran, artinya bisnis berjalan cukup baik. Apalagi jika keuntungannya lebih dari itu.

Namun, bagaimana jika di bawahnya apalagi sampai minus? Artinya, Anda harus lekas melakukan perbaikan di beberapa aspek yang kiranya memberikan pengaruh signifikan atas profit yang tidak memuaskan tersebut. Menunda mengambil tindakan hanya akan membuat bisnis es krim rumahan yang digeluti merugi hingga berpotensi mengalami kebangkrutan.

Tidak sulit bukan memulai usaha ice cream homemade sebagaimana uraian di atas? Kunci utama dari tips usaha es krim buatan sendiri ini adalah keberanian terlebih dulu untuk memulai. Selanjutnya, bertahap Anda bisa mengembangkan skala usaha agar menjadi lebih besar. Takut memulai hanya akan membuat Anda semakin terlambat untuk sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *