Cara Encrypt File dengan WinRAR

Cara encrypt file dengan WinRAR bisa dilakukan menggunakan PC. Berikut cara mengenkripsi di Windows dan Mac.

Ada kalanya Anda harus mengirim banyak file dalam satu waktu. Hanya saja, terkadang file yang akan dikirim memiliki ukuran yang besar dan membutuhkan waktu yang lama dalam proses mengirimnya. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengompresnya dengan WinRar agar bisa terenkripsi dengan baik. Untuk mengenkripsi file .rar, inilah cara encrypt file dengan WinRar.

Untuk bisa mengubah file .rar, ada beberapa program aplikasi yang bisa dilakukan. Hanya saja, satu-satunya aplikasi yang mampu mengenkripsi file adalah WinRAR. Nah, bagi Anda yang ingin mengkompres sekaligus mengenkripsi file dengan WinRAR, cara berikut bisa dicoba berdasarkan perangkat yang digunakan.

Mengenkripsi File dengan WinRAR di Windows

Bagi Anda pengguna PC dengan sistem operasi Windows, mengenkripsi file menggunakan program aplikasi WinRAR dapat dengan mudah dilakukan. Anda bisa melakukannya dengan mengikuti langkah sebagai berikut ini.

1. Unduh WinRar dan Pasang

Jika pada PC belum terpasang program WinRAR, ada baiknya Anda mengunduh program ini terlebih dahulu. Hanya saja, program WinRAR untuk Windows bukanlah program gratis. Meskipun begitu, Anda bisa mencoba program trial selama 40 hari untuk bisa menikmati kemudahan mengkompres dan mengenkripsi file dengan lebih mudah. Jika Anda membutuhkan program ini dalam jangka yang panjang, Anda bisa membelinya untuk penggunaan jangka panjang.

Untuk mengunduh program WinRAR, Anda bisa mengunjungi situs “www.rarlab.com/download.htm”. Untuk mencoba versi gratis, pilih opsi ‘Get WinRAR FREE with Trial Pay’. Selanjutnya, pasang program ini pada PC Anda dengan mengikuti petunjuk yang ada.

2. Tambahkan File

Untuk mengkompres, pilih semua file dengan mengklik tombol ‘Add’, kemudian ‘Add to Archive’. Kemudian pilih jenis format arsip yang dikehendaki dan ganti nama folder arsip sesuai yang diinginkan.

3. Atur Kata Kunci

Salah satu kelebihan menggunakan WinRAR adalah dapat diatur enkripsinya agar lebih aman. Cara encrypt file dengan WinRAR adalah dengan mengatur kata kunci arsip. Anda bisa membuka tab menu ‘General’ yang terletak pada jendela ‘Archive name and parameters’ saat Anda membuat arsip baru.

Baca Juga: Cara Mematikan Auto-play untuk Menghindari Virus Aktif Otomatis

Kemudian, Anda perlu membuat kata sandi dan konfirmasi ulang kata sandinya. Ada baiknya Anda mencatat atau mengingat kata sandi yang digunaan untuk mempermudah membuka folder .rar yang sudah dibuat.

Untuk memastikan orang lain tidak bisa melihat nama file yang ada di folder .rar tersebut, klik ‘Encrypt file names’ dan klik OK. Jika orang lain ingin membuka berkas tersebut, Anda bisa memberikan kata sandi.

Mengenkripsi File dengan WinRAR Menggunakan Mac

Jika Anda menggunakan PC dengan Mac, mengenkripsi file di WinRAR sebetulnya hampir sama seperti yang dilakukan di Windows. Yang membedakan adalah nama program WinRAR-nya. Pada sistem operasi Mac, Anda bisa memasang SimplyRAR untuk mengenkripsi file menjadi format .rar.

1. Unduh dan Pasang SimplyRAR

Sebelum mengenkripsi file, ada baiknya Anda memasang SimplyRAR dengan mengunduhnya di “www.rarlab.com/download.htm”. Ikuti cara pemasangannya dan buka program ini di PC Anda.

Sama seperti aplikasi WinRAR, SimplyRAR juga memiliki program berbayar. Jika Anda tidak memiliki dana untuk membayarnya, ada baiknya menggunakan versi gratis selama 40 hari.

2. Pilih File yang Dienkripsi

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka program SimplyRAR. Selanjutnya, tambahkan berkas dengan cara menyeret dan melepaskan ke jendela SimplyRAR.

Untuk mengenkripsi folder .rar yang akan dibuat, centang opsi ‘Password Protect’. Anda akan dibawa ke tab kata kunci dan ketikkan kata kunci yang digunakan. Jangan lupa juga untuk mengonfirmasi kata kunci yang sudah dibuat.

Baca Juga: Rekomendasi Tools Pembersih Malware dan Virus

Langkah selanjutnya adalah klik ‘create RAR’ yang ada di menu bagian atas. Pada langkah ini Anda perlu menamai folder yang dibuat dan jangan lupa menambahkan kata kunci yang sudah dibuat.

Untuk mengetahui berkas folder .rar yang dibuat sudah terenkripsi dengan baik, Anda bisa mencoba membukanya terlebih dahulu. Buka folder .rar dan masukkan kata kunci yang diminta sebelum Anda mengekstraknya.

Cara encrypt file dengan WinRAR di atas bisa Anda coba untuk mengamankan file yang dibuat dan disebarkan secara luas. Cara di atas bisa Anda coba tanpa harus khawatir file akan rusak setelah dikompres menjadi format .rar.

One thought on “Cara Encrypt File dengan WinRAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *