Apa Kelebihan AI Camera di Smartphone Kekinian?

Kelebihan AI camera di smartphone kekinian membantu memudahkan pengguna dalam banyak hal terutama kebutuhan fotografi profesional.

Anda mungkin sudah tidak asing bukan dengan AI Camera yang belakangan menjadi fitur kebanggaan di berbagai ponsel pintar keluaran terbaru? Namun, tidak sedikit yang masih kurang memahami deretan kelebihan AI Camera di smartphone kekinian selain menghasilkan jepretan foto dengan kualitas lebih baik. Apa saja keunggulan dari AI Camera sebenarnya?

Apa Itu AI Pada Kamera Smartphone

Artificial Intelegence (AI) Camera berarti kamera kecerdasan buatan atau tepatnya kamera yang telah disematkan teknologi kecerdasan buatan. AI sendiri biasa dioperasikan di perangkat elektronik seperti robot atau komputer agar dapat mengeksekusi instruksi atau  melakukan sesuatu layaknya manusia. Lantas, mengapa dipersonalisasikan pada kamera smartphone?

Hal tersebut ditujukan untuk menghasilkan kamera yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna ponsel pintar akan hasil jepretan gambar setara dengan kamera profesional. AI Camera dalam smartphone memungkinkan penggunanya menghasilkan dan mengedit gambar langsung dari satu perangkat saja. Intinya, kepraktisan merupakan faktor utama kehadiran AI Camera.

Kelebihan Kamera HP dengan Teknologi AI

Lantas apa sebenarnya kelebihan AI Camera di smartphone kekinian hingga menjadi primadona seperti saat ini? Tentu saja banyak keunggulan yang dimiliki kamera ponsel pintar berteknologi AI dengan kamera smartphone biasa :

1. Menghasilkan Jepretan Objek yang Lebih Sempurna

Keunggulan utama dari kamera smartphone dengan teknologi AI tentu saja hasil jepretan fotonya yang lebih sempurna. Jika meminjam istilah generasi milenial, lebih instagrammable. Anda dapat mencoba menjepret sebuah objek dengan kamera ponsel AI dan non-AI. Hasilnya akan tampak jelas bahwa AI Camera menghasilkan jepretan objek yang lebih tajam dan bokeh.

Sudah tau pengertian dan fungsi Artificial Intelligence yang sedang berkembang secara pesat dan ramai diperbincangkan ini? Jangan sampai telat!
Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan juga dimanfaatkan dalam pengambilan gambar oleh kamera smartphone untuk menunjang peningkatan kualitas dan otomasi foto.

2. Memudahkan Mobilitas Pengguna Smartphone

Hadirnya teknologi AI dalam kamera ponsel pintar juga bermanfaat besar dalam menyokong mobilitas penggunanya. Anda tidak perlu lagi repot mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk mengedit hasil foto yang telah diambil karena fitur editing lengkap telah otomatis tersedia. Memindahkan fail foto tersebut juga bisa lebih mudah berkat kehadiran teknologi AI ini.

Baca Juga: Apa itu Artificial Intelligence (AI)?

3. Memperbaiki Kualitas Fitur Face ID

Anda tidak senang ponsel digunakan oleh orang lain? Salah satu cara mengamankannya adalah dengan mengaktifkan fitur face ID sebagai pengaman. Jadi, wajah Anda akan dipindai sebagai metode unlock ponsel. Kamera AI di smartphone dapat memaksimalkan fitur ini hingga saudara dengan karakter wajah yang sama tetap tidak akan bisa menyabotasenya.

4. Swafoto Jauh Lebih Memuaskan

Sering merasa kecewa ketika sedang berswafoto karena foto yang dihasilkan tidak maksimal? Fitur face recognition dalam teknologi AI kamera merupakan solusinya. Kamera akan otomatis mendeteksi usia, jenis kelamin, dan kontur wajah Anda agar dapat menghasilkan swafoto dengan hasil sempurna. Jadi, tidak perlu lagi menggunakan aplikasi beauty camera lagi untuk selfie.

5. Automatic Switching Camera

Smartphone kekinian memiliki dua, tiga, bahkan yang terbaru sampai empat kamera belakang. Masing-masing memiliki resolusi dan fungsi berbeda. Kehadiran teknologi kecerdasan artifisial memungkinkan pertukaran peran masing-masing kamera secara otomatis. Jadi, Anda tidak perlu melakukan pengaturan manual pada kamera ponsel yang cukup merepotkan.

Banyak bukan kelebihan AI Camera di smartphone kekinian yang bisa Anda dapatkan? Sebenarnya, jika kamera ponsel belum didukung teknologi AI, saat ini sudah banyak aplikasi kamera AI yang bisa diunduh gratis di toko aplikasi. Namun, tentu saja hasil dari jepretannya tetap tidak sesempurna kamera AI asli bawaan smartphone.

Tips Memilih HP dengan Teknologi AI Camera

Tidak dapat dimungkiri bahwa kehadiran inovasi AI Camera telah membuat produsen smartphone berlomba menghasilkan produk dengan dukungan teknologi tersebut ke pasaran. Anda bisa dengan mudah mendapatkan ponsel dengan kamera kecerdasan artifisial di pasaran dengan harga yang beragam, mulai dari yang terjangkau hingga sangat mahal.

Fakta tersebut tentu membuat Anda bingung dalam memilih ponsel dengan kamera AI mana yang tepat untuk dibeli. Sebenarnya, dalam memilih ponsel berteknologi kamera AI tidak perlu mengimplementasikan perhitungan yang rumit :

a) Sesuaikan Budget

Hal utama yang perlu menjadi pertimbangan Anda ketika memilih HP dengan kamera AI adalah harga produk. Apakah ponsel incaran Anda memiliki banderol yang sesuai dengan budget? Jika tidak, maka tak perlu memaksakan. Kumpulkan referensi dahulu tentang beberapa produk yang sesuai dengan budget sehingga Anda memiliki beberapa opsi untuk dipilih.

b) Jangan Terpaku pada Merek

Jika Anda ingin menikmati kelebihan AI Camera di smartphone kekinian maka jangan terpaku pada nama besar merek. Hanya karena suatu produsen memiliki nama besar, bukan berarti kamera AI pada ponsel pintar besutan produsen yang kurang populer otomatis jelek. Banyak vendor smartphone tidak populer dengan kamera AI kualitas jempolan.

Samsung Galaxi A50 merupakan smartphone Samsung terbaru yang memiliki spesifikasi mumpuni plus penggunaan tiga kamera belakang yang menakjubkan.
Samsung Galaxi A50 adalah salah satu smartphone yang memanfaatkan AI pada kameranya.

c) Baca Review Kelebihan dan Kekurangan Kamera Smartphone Incaran

Di zaman dengan teknologi canggih seperti saat ini, mudah menemukan review tentang produk ponsel kekinian. Anda bisa menjadikan ulasan tentang kelebihan dan kekurangan produk, khususnya di bagian kamera AI yang disematkan sebagai bahan pertimbangan. Apakah produk itu layak untuk Anda beli dan bisakah mengakomodasi kebutuhan Anda?

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A50

d) Pertimbangkan Vendor Penyedia Lensa Kamera Smartphone

Komponen ponsel pintar, terutama lensa kamera, tidak selalu menggunakan produk buatan vendor itu sendiri. Biasanya, mereka memilih menggunakan lensa kamera dari merek dengan nama besar di industri tersebut. Soal vendor penyedia lensa patut menjadi pertimbangan Anda dalam memilih karena menyangkut langsung kualitas gambar yang dihasilkan.

Dari uraian di atas, jelas bukan bahwa kelebihan AI Camera di smartphone kekinian dapat memudahkan sekaligus memenuhi kebutuhan penggunanya akan alat potret berstandar profesional? Namun, untuk dapat menikmati keunggulan dari kamera AI pada ponsel pintar, Anda juga harus memilih smartphone yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *