Komparasi Nvidia GeForce RTX 2080 vs AMD Radeon VII

Komparasi Nvidia GeForce RTX 2080 vs AMD Radeon VII sangat penting untuk disimak agar dapat memilih prosesor yang tepat.

Persaingan antara produsen grafis komputer Nvidia dan AMD sudah bukan menjadi rahasia. Keduanya berlomba untuk mengeluarkan seri terbaru dalam waktu berdekatan untuk mengalahkan satu sama lain. Terbaru, topik terhangat terkait persaingan kedua produsen ini adalah tentang komparasi Nvidia GeForce RTX 2080 vs AMD Radeon VII.

Mengenal Nvidia GeForce RTX 2080, Kelebihan dan Kekurangannya

Nvidia merupakan pabrikan prosesor grafis yang berkantor pusat di California, Amerika Serikat. GeForce sendiri merupakan seri yang dikhususkan untuk menunjang aktivitas gaming tinggi pada PC pengguna. Terbaru, seri RTX 2080 digadang sebagai kartu grafis terbaik saat ini. Apa saja keunggulan dari Nvidia GeForce RTX 2080 ini?

Nvidia RTX 2080 ti adalah kartu grafis terkini yang bisa meningkatkan performa komputer PC ketika digunakan untuk bermain game berkapasitas besar.
Nvidia RTX 2080 adalah kartu grafis terkini yang bisa meningkatkan performa komputer PC ketika digunakan untuk bermain game berkapasitas besar.
  • Ditanamkannya teknologi Ray Tracing (RT). RT sendiri merupakan teknologi masa depan yang mengolah pencahayaan agar dapat menghasilkan kesan realistis terhadap objek grafis yang ditampilkan. Teknologi ini akan memberi sensasi objek yang sangat nyata dan pengalaman berbeda pada penggunanya.
  • Sebelum membahas tentang komparasi Nvidia GeForce RTX 2080 vs AMD Radeon VII, keunggulan lain yang perlu Anda ketahui adalah teknologi AI yang juga disematkan. Kecerdasan buatan ini memungkinkan untuk sistem mengeksekusi perintah lebih akurat hingga mengambil keputusan mandiri.
  • Telah teruji dapat memainkan tiga game kelas AAA dengan frame rate tertinggi tanpa mengalami lag. Hal ini membuktikan ketangguhan prosesor grafis Nvidia GeForce RTX 2080 dalam mengeksekusi tugas berat dengan baik tanpa kendala berarti.

Ketiga poin unggul dari Nvidia GeForce RTX 2080 di atas memang sudah cukup menjadi modal untuk menarik konsumen. Namun, tentu saja produk tersebut juga tidak sempurna. Terdapat kekurangan dari prosesor grafis yang diluncurkan bersamaan dengan seri RTX 2080 Ti tersebut :

  • Desain fisik dari Nvidia GeForce RTX 2080 tidak semenarik kartu grafis besutan OEM meskipun dari segi performa tidak mengecewakan.
  • Harga dari Nvidia GeForce RTX 2080 tergolong mahal dibandingkan para kompetitornya, termasuk seri Radeon VII yang menjadi rival terberatnya.
  • Diluncurkan bersamaan dengan seri RTX 2080 Ti yang memiliki performa lebih unggul dengan selisih harga yang kecil.

Baca Juga: Komparasi Processor: Intel vs AMD

Mengenal AMD Radeon VII, Kelebihan dan Kekurangannya

Selanjutnya, dalam mengulas komparasi Nvidia GeForce RTX 2080 vs AMD Radeon VII, penting mengetahui juga keunggulan dan kelemahan prosesor besutan AMD ini. AMD juga berbasis di California, Amerika Serikat, sebagaimana Nvidia. Bukan sekadar menjadi produsen prosesor grafis, AMD merupakan perusahaan semikonduktor multinasional.

Seri Radeon sendiri merupakan prosesor grafis yang dibesut oleh AMD dan disengaja untuk menjadi kompetitor berat Nvidia GeForce. Lantas, apa keunggulan dari kartu grafis Radeon VII yang merupakan seri terbaru dari AMD?

  • Prosesor grafis gaming pertama di dunia dengan fabrikasi 7nm. Terobosan ini belum pernah dilakukan oleh produsen grafis manapun. Hal ini diklaim dapat meningkatkan performa gaming 25% lebih cepat dari penggunaan prosesor lain.
  • Dapat memainkan dua game sekaligus dengan format 4K tanpa patah-patah. Tentu saja pengalaman gaming pengguna akan semakin memuaskan dengan display 4K yang sangat tajam dan jernih.
  • Dengan spesifikasi tinggi yang ditawarkan, banderol harga AMD Radeon VII sangat terjangkau dan tergolong murah di kelasnya.

Lalu, bagaimana dengan kekurangan yang dimiliki sebagai bahan pertimbangan komparasi Nvidia GeForce RTX 2080 vs AMD Radeon VII? Ada beberapa poin kelemahan Radeon VII yang cukup membuat berpikir ulang untuk membelinya :

  • Seri AMD Radeon VII tidak diproduksi secara massal sehingga konsumen yang bisa mendapatkan produk ini sangat terbatas. Dikabarkan saat ini dipasaran produk tersebut sudah tidak bisa ditemukan karena telah bertuan.
  • Konsumsi daya perangkat dengan prosesor grafis Radeon VII tergolong tinggi sehingga jika diaplikasikan pada laptop akan membuat perangkat cepat kehabisan baterai.
  • Permasalahan overheat yang memang menjadi ciri khas AMD Radeon masih terjadi pada seri ini meskipun sudah lebih baik dari seri-seri pendahulunya.

Baca Juga: Keunggulan Nvidia GeForce RTX 2080Ti

Nvidia GeForce RTX 2080 vs AMD Radeon VII, Mana Lebih Baik?

Setelah mengulik secara mendalam tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing prosesor grafis yang bersaing ketat tersebut, mana yang lebih direkomendasikan untuk digunakan? Anda dapat menilai sendiri melalui perbandingan head to head antara kedua prosesor grafis tersebut :

1. Tingkatan Pixel

Perbandingan pertama ini dimenangkan oleh AMD Radeon VII yang memiliki pixel 230.4 dibandingkan dengan Nvidia GeForce RTX 2080 yang hanya 115.2 pixel. Hal ini tentu menunjukkan perbedaan yang sangat signifikan, bukan?

2. Kapasitas RAM

Dalam komparasi Nvidia GeForce RTX 2080 vs AMD Radeon VII soal kapasitas RAM juga masih dimenangkan Radeon VII. Grafik Prosesor tersebut didukung RAM 16 GB sedangkan Nvdia GeForce RTX 2080 hanya 8 GB.

3. Kecepatan Clock GPU

Soal kecepatan clock GPU sudah bukan menjadi rahasia bahwa Nvidia masih tetap mengungguli AMD. Bahkan untuk seri Radeon VII masih kalah secara signifikan perihal skor kecepatan clock GPU dari RTX 2080.

4. Suhu Pemakaian

Temperatur perangkat juga menjadi salah satu pertimbangan penting dalam komparasi kedua merek prosesor grafis di atas. Bisa dibilang bahwa AMD Radeon VII masih memerlukan penyempurnaan serius untuk mengatasi masalah overheat yang tidak ditemukan pada RTX 2080.

Keempat poin di atas sejatinya telah cukup menggambarkan perbedaan mendetail antara kedua prosesor grafis besutan para produsen ternama itu. Jika menarik kesimpulan, masing-masing produk memiliki kelemahan berikut keunggulannya sendiri. Namun secara keseluruhan, keduanya sangat recommended untuk dijadikan sebagai prosesor pilihan bagi gamers.

Melalui komparasi Nvidia GeForce RTX 2080 vs AMD Radeon VII di atas, Anda dapat menyimpulkan sendiri mana prosesor yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan budget. Tentu dengan konsekuensi menerima kekurangan dari prosesor grafis yang dipilih. Tapi secara keseluruhan, menggunakan kedua produk memiliki performa yang tidak mengecewakan.

One thought on “Komparasi Nvidia GeForce RTX 2080 vs AMD Radeon VII

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *