Alasan Mengapa HDMI Lebih Baik dari VGA

Dunia digital semakin berkembang pesat dengan adanya penggunaan port untuk melihat video. Berikut mengapa HDMI lebih baik dari VGA.

Bagi Anda yang terbiasa mengedit video pastinya tidak asing dengan port VGA dan port HDMI. Kedua port ini banyak digunakan untuk menghubungkan antara PC ke proyektor. Meskipun port VGA sudah tidak diproduksi lagi, ternyata port VGA masih banyak ditemukan di Indonesia. Salah satu alasan tidak diproduksinya lagi port VGA dikarenakan HDMI dianggap lebih baik dibanding VGA. Berikut alasan mengapa HDMI lebih baik dari VGA.

Mengenal VGA dan HDMI

Teknologi yang berkembang saat ini membuat transmisi video menjadi semakin canggih. Selain kualitas video yang ditawarkan menjadi semakin bagus, tersedianya perangkat penghubung lain juga mempengaruhi penyajian yang akan ditampilkan. Nah, agar Anda lebih mengenal apa saja penghubung antar perangkat, berikut penjelasan mengenai VGA dan HDMI sebagai teknologi analog untuk transmisi video.

1. VGA

VGA atau Video Graphics Array merupakan interface analog yang pertama kali dipasarkan sejak tahun 1987. Biasanya alat ini banyak ditemukan di berbagai perangkat elektronik, seperti PC, monitor, proyektor, dan televisi. Port VGA ini bisa dibilang port pertama yang digunakan untuk mentransmisikan video ke berbagai perangkat elektronik. Meskipun begitu, ternyata kini produksi port VGA sudah dihentikan karena perangkat baru sudah tidak menggunakannya.

Kualitas video yang ditampilkan VGA dapat dilihat dari panjang kabel, konektor, dan kualitas kabel. Dulunya, kualitas video yang mampu ditampilkan VGA memiliki ukuran 640 x 350 piksel. Jadi, bagi yang ingin menampilkan kualitas video yang lebih tinggi harus menggunakan tambahan VGA eksternal.

2. HDMI

HDMI atau High Definition Multimedia Interface merupakan interface digital yang mulai diperkenalkan sejak tahun 2002. Interface ini yang kini banyak digunakan untuk menampilkan video dan multimedia dengan kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan dengan menggunakan VGA.

Seiring berkembangnya zaman, kini berbagai seri HDMI mulai diluncurkan sesuai dengan tipe resolusi video yang diinginkan. Selain mampu menampilkan video beresolusi tinggi hingga lebih dari 1080 piksel, HDMI juga bisa digunakan bagi yang suka bermain game berukuran besar.

Baca Juga: Microsof Windows vs Linux

Perbedaan VGA dan HDMI

Dengan munculnya HDMI sebagai terobosan terbaru dalam transmisi video. HDMI dianggap lebih baik daripada VGA. Dengan mengetahui alasan mengapa HDMI lebih baik dari VGA dapat membantu Anda dalam menampilkan video berkualitas baik kepada orang lain.

1. Tahun Rilis

Jika dilihat dari tahun rilisnya, VGA lebih dahulu dirilis dibandingkan dengan HDMI. Jika VGA mulai diperkenalkan ke pasaran sejak tahun 1987, HDMI baru diperkenalkan sejak tahun 2002. Dilihat dari tahun inilah Anda mengetahui bahwa HDMI merupakan teknologi terbaru dalam interface digital yang memiliki beragam pembaharuan dibandingkan dengan VGA.

2. Rancangan Data

Jika VGA dirancang menggunakan data analog, maka HDMI dirancang menggunakan data digital. Pada VGA data dirancang menggunakan kode warna, yaitu merah, biru, hiau, sinc vertikal, dan sinc horizontal ke dalam bentuk gelombang analog. Sedangkan pada HDMI data digital mengacu pada nilai nol dan nilai satu.

3. Tampilan

Jika dulunya VGA paling banyak digunakan, sekarang banyak perangkat yang sudah mendukung HDMI. Hal ini dikarenakan VGA hanya mampu menampilkan video saja tanpa audio, sehingga efek suara dari video yang ditampilkan tidak akan bisa dinikmati. Sedangkan dengan HDMI kini sudah bisa menampilkan data dengan menggunakan video dan audio secara bersamaan dan lebih jelas.

4. Konektor

VGA memiliki konektor dengan 15 pin yang merupakan konektor DE-15. Hal inilah yang membuat hanya mampu menampilkan data dalam bentuk video saja. Berbeda dengan HDMI yang memiliki beragam jenis port yang mendukung data dalam bentuk video dan audio. Jenis port yang telah dikeluarkan adalah tipe A, tipe B, tipe C, dan tipe D. Untuk tipe A, C, dan D memiliki pin sebanyak 19 pin. Sedangkan untuk HDMI tipe B memilikipin sebanyak 29 pin.

5. Resolusi yang Ditawarkan

Melihat mengapa HDMI lebih baik dari VGA juga bisa Anda pertimbangkan mengenai resolusi dari sebuah video yang ditampilkan. Jika VGA hanya mampu menghadirkan video beresolusi lebih rendah, dengan resolusi maksimal hanya 1366 x 768 piksel. Maka, HDMI mampu menampilkan video dengan kualitas yang lebih baik. Untuk HDMI tipe B saja, kualitas video yang ditampilkan bisa mencapai 3840 x 2400 piksel dan mendukung data audio dibanding dengan menggunakan VGA.

Baca Juga: Perbedaan Siaran TV Digital dan Analog

6. Port Data

Port data VGA biasanya disertai dengan kabel yang besar dan tebal. Hal ini membuat port VGA lebih banyak memakan banyak tempat, terlebih jika harus membawanya ke tempat lain, port VGA beserta kabelnya akan jauh lebih berat dibandingkan dengan port HDMI. Tidak sama dengan port VGA, port HDMI memiliki kabel yang lebih tipis dan kecil. Untuk ukuran kabel HDMI biasanya sebesar kabel charger smartphone, sehingga ringan saat dibawa kemanapun.

7. Perangkat yang Kompetibel

Port VGA cenderung lebih banyak digunakan untuk perangkat elektronik dengan ukuran yang lebih besar, seperti televisi, PC, dan proyektor. Sedangkan untuk port HDMI kini sudah bisa digunakan untuk smartphone, eperti produk iPhone dan Macbook.

8. Harga

Karena banyak kelebihan dari HDMI membuat port HDMI memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan port VGA. Meskipun begitu, keuntungan yang Anda dapatkan dari menggunakan port HDMI tentunya seimbang dengan harga yang ditawarkan.

Jadi, sudah jelas bukan mengapa HDMI lebih baik dari VGA? Dengan membaca ulasan mengenai perbedaan VGA dan HDMI di atas semoga bisa menjadi rujukan Anda untuk mencari perangkat elektronik yang sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *