Tips Bersaing di Bidang Usaha Online Shop

Untuk para pemilik usaha online shop, simak 7 tips bersaing di bidang usaha online shop ini agar usaha Anda tetap bertahan

Pesatnya perkembangan teknologi membuat perubahan terhadap kebiasaan masyarakat akan banyak hal, salah satunya adalah metode berbelanja. Kini, belanja tidak perlu datang langsung ke toko, pasar, atau lainnya karena cukup membuka gadget, pilih produk, transfer uang, dan barang akan sampai di alamat tujuan. Pangsa pasar yang besar itulah membuat banyak pelaku usaha memilih membuka toko online atau memasarkan produknya secara online. Namun, persaingan dalam usaha online benar-benar berat. Berikut ini beberapa tips bersaing di bidang usaha online shop yang bisa Anda terapkan supaya dapat bertahan.

1. Melakukan Riset Pasar

Perencanaan yang kurang bisa menjadi salah satu penyebab kegagalan dalam usaha online shop dikarenakan tidak mengerti langkah apa saja yang digunakan selanjutnya. Nah, melakukan riset pasar adalah langkah pertama yang harus Anda perhatikan. Tentukan target pasar yang ingin disasar dengan cara melakukan riset kepada para konsumen juga saingan bisnis Anda.

Fungsi dari riset konsumen adalah bisa membantu Anda memahami perilaku konsumen mengenai produk Anda ini apakah banyak yang mencari serta perkiraan jumlah konsumen yang tertarik akan produk tersebut.

2. Menampilkan Keunikan Produk

Tips supaya dapat bertahan di tengah persaingan bisnis online shop yang sangat ketat ini adalah memiliki keunikan. Anda dapat menonjolkan kunikan produk yang Anda miliki yang tidak ada pada kompetitor. Keunikan tersebut ditonjolkan dan jadikan sebagai keunggulan yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Akan tetapi, jika produk yang Anda jual telah banyak di pasaran sebaiknya mencari kelebihan lain yang bisa diperlihatkan. Contohnya seperti desain yang berbeda, kualitas bahan baku, jahitan, atau harga yang lebih terjangkau.

3. Branding

Brand yang kuat membantu Anda membangun kepercayaan dan loyalitas. Ini merupakan sebuah cara bagaimana bisnis dapat menjual produk yang sama dua kali, lima kali, bahkan sepuluh kali lebih mahal. Selain itu, branding lebih dari sekedar logo, melainkan apa perasaan dan kualitas yang direpresentasikan oleh logo tersebut.

Anda bisa melihat produk yang sama dari bahan dan kualitas yang sama, namun memiliki harga yang berbeda jauh antara merek ini dan merek itu. Inilah salah satu dari hasil branding yang baik. Dalam dunia digital seperti pelaku usaha online shop, branding juga harus dilakukan supaya para konsumen familiar terhadap produk Anda. Karena semakin konsumen familiar maka ketertarikan serta kepercayaan akan semakin tumbuh terhadap produk yang Anda tawarkan. Berbagai cara untuk branding bisa Anda lakukan melalui Adword, sosial media, SEO, bekerjasama, bazaar, dan lainnya.

Baca Juga: Tips Membangun Website untuk Online Shop

4. Menciptakan Inovasi

Cara menghadapi persaingan bisnis online yang berikutnya adalah melakukan inovasi. Meskipun Anda telah melakukan riset pasar dengan baik, branding yang maksimal, namun produk yang ditawarkan kurang menarik maka konsumen bisa jadi berpindah ke yang lain. Itulah sebabnya, meskipun produknya cukup unik, Anda harus tetap melakukan inovasi.

Lakukanlah selalu eksplorasi setiap detail dari paling kecil terhadap produk Anda untuk mencipatakan inovasi terbaru baik dari kualitas, desain, material, layanan, atau lainnya. Promo atau diskon bisa Anda jadikan variasi untuk membuat konsumen semakin tertarik. Bukan rahasia umum jika konsumen lebih excited terhadap produk yang memiliki potongan harga. Meskipun untung yang diperoleh pada masa diskon menjadi berkurang, namun dampak jangka panjangnya yang dilihat.

5. Foto Produk Menarik

Memiliki tampilan foto produk yang menarik adalah salah satu tips bersaing di bidang usaha online shop. Siapa yang tidak senang melihat foto yang indah? Tampilan foto produk yang menarik akan membuat konsumen pun tertarik. Konsumen akan berlama-lama melihat produk-produk pada online shop Anda. Awalnya mereka hanya senang melihat foto-foto produk Anda yang menarik, kemudian datang kembali untuk melihat-lihat lebih lama, karena sering melihat produk tersebut timbullah ketertarikan untuk membelinya. Hal tersebut sangat mungkin terjadi, bukan?

Banyak calon konsumen yang awalnya hanya melihat-lihat katalog produk pada toko, semakin lama semakin tertarik dan akhirnya menghubungi admin untuk proses pembelian. Selain tampilan foto yang nyaman dan menarik, Anda juga harus menambahkan keterangan detail produk seperti harga, ukuran, bahan, dan lainnya. Di samping itu, caption yang menarik juga dapat meningkatkan ketertarikan para konsumen.

Dengan perkembangan pesat teknologi di bidang e-commerce, Anda dapat memulai usaha online shop sendiri dari nol, bahkan tanpa modal!
Di era serba digital, ditambah dengan merebaknya pandemi Covid-19 yang melanda, berbelanja secara online menjadi pilihan yang tepat bagi masyarakat. Bagi pengusaha online shop, ini bisa menjadi peluang untuk meningkatkan penjualan dan daya saing.

6. Memberikan Pelayanan Terbaik

Untuk bisa eksis dalam dunia usaha khususnya online shop, pelayanan adalah salah satu kunci agar Anda tetap bertahan meski banyak saingan-saingan baru. Selain produk dengan material dan harga yang kompetitif, Anda juga harus menjaga hubungan baik antara toko dengan konsumen. Fasilitas dan layanan yang baik akan membuat konsumen merasa dihargai salah satunya adalah sering menjawab pertanyaan atau komentar yang diberikan. Balaslah pesan mereka secepat mungkin dengan ramah.

Meskipun tidak sedikit konsumen yang kurang sopan atau kurang baik dalam bertanya, Anda harus selalu sabar dan tetap bersikap ramah. Kesan yang konsumen peroleh dari sebuah online shop bisa membuatnya tetap bertahan atau mencari yang lain. Oleh karena itu, tinggalkanlah kesan sebaik mungkin kepada para konsumen yaitu dengan memperlakukan mereka sebaik dan seramah mungkin.

Baca Juga: Kesalahan yang Menghambat Kesuksesan Online Shop

7. Melakukan Promosi

Dalam dunia digital marketing, ada banyak jasa iklan yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan traffic pengunjung. Contohnya seperti Facebook Ads, Instagram Ads, Google Adwords, SEO, atau menggunakan jasa influencer.

Untuk biaya promosi melalu media-media tersebut memang tidak sedikit, tapi cukup efektif untuk mendapatkan banyak pengunjung. Bukan perkara yang mudah untuk dapat menarik minat para konsumen agar berkunjung ke toko online Anda. Itulah sebabnya agar produk atau toko Anda dikenal dan dikunjungi banyak konsumen, gunakanlan promosi dengan salah satu jasa digital marketing.

Apakah salah satu dari 7 tips bersaing di bidang usaha online shop telah Anda praktikkan?

One thought on “Tips Bersaing di Bidang Usaha Online Shop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *