Bahaya Mengunjungi Situs Download Gratisan

Bahaya situs download gratisan masih kerap disepelekan oleh pengguna internet dan justru diperperburuk dengan penggunaan VPN.

Peringatan tentang bahaya situs download gratisan bukanlah isapan jempol belaka. Di negara maju, situs gratisan yang dianggap berbahaya akan otomatis diblokir oleh pemerintah. Berbeda dengan negara berkembang, termasuk Indonesia, di mana situs-situs semacam ini begitu menjamur. Ketika diblokir, tak lama kemudian akan muncul kembali dengan domain berbeda.

Mengapa Situs Download Gratisan Berbahaya?

Tidak bisa disalahkan bila para pengguna internet sangat gemar mengakses situs unduhan gratis yang menjamur. Sebab, tanpa menguras kantong, pengguna sudah bisa mendapatkan berbagai fail yang diharapkan. Fail-fail populer yang dapat diunduh dengan mudah dari internet antara lain :

  • Audio baik musik, rekaman suara, maupun nada dering ponsel.
  • Video di mana yang paling diminati adalah serial luar negeri dan film rilisan terbaru.
  • e-Book dan fail berformat .pdf untuk mengoleksi buku secara gratis.
  • Aplikasi untuk perangkat pintar seperti PC maupun ponsel.

Keempat jenis fail di atas merupakan umpan sempurna hingga membuat lalai terhadap bahaya situs download gratisan yang mengintai di depan mata. Apa sebenarnya risiko dari mengunduh fail dari situs-situs download gratisan yang menjamur di internet? Jawabannya, banyak sekali konsekuensi yang harus siap dihadapi oleh pemilik perangkat :

1. Serangan Virus (Malware Attack)

Fail yang diunduh dari situs gratisan memiliki kemungkinan tinggi mengandung virus berbahaya. Virus semacam ini dapat merusak perangkat tanpa disadari oleh pemiliknya. Malware tersebut menggerogoti secara perlahan sehingga muncul kerusakan bertahap dari perangkat. Tandanya bisa dimulai dari performa perangkat yang menurun seperti lemot hingga akhirnya mati total.

2. Merupakan Tindakan Ilegal

Fail yang disebarluaskan di situs download gratisan mayoritas melanggar hak cipta. Utamanya film, drama, musik, dan buku digital. Hal itu berarti fail tersebut merupakan item ilegal yang melanggar hukum. Baik penyebar maupun pengunduh dapat dijatuhi hukuman pidana maupun perdata atas tindakan masing-masing. Tentu bukan hal yang Anda inginkan, bukan?

3. Peretasan Data

Mengakses apalagi sampai mengunduh fail di situs download gratisan berbahaya dapat membuat perangkat Anda diretas. Hal ini bisa dilakukan oknum tidak bertanggung jawab melalui penanaman virus dengan sengaja pada situs atau fail unduhan yang tersedia. Ketika virus berhasil mengakses perangkat, semua data penting dikirimkan pada pelaku tanpa terdeteksi.

Mengerikan bukan bahaya situs download gratisan di atas? Sayangnya, kesadaran pengguna internet masih sangat rendah perihal konsekuensi dari mengunduh fail di situs yang tidak terverifikasi. Hal ini disebabkan situs-situs legal yang ada memungut biaya cukup tinggi di mana membuat warganet enggan untuk membayar biaya berlangganan tersebut.

Baca Juga: Rekomendasi Malware Cleaner untuk PC

Upaya Pemerintah Mencegah Bahaya dari Situs Download Gratisan

Pemerintah Indonesia telah sejak lama menyadari perihal bahaya menjamurnya situs download gratisan di internet. Tercatat telah banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah guna mencegah kerugian yang dapat ditimbulkan oleh pengunduhan fail pada situs-situs tersebut :

  1. Pemerintah memberlakukan program internet positif di mana merupakan kerja sama dengan seluruh provider di Indonesia. Pada sistem, diberlakukan algoritma khusus yang menjaring situs-situs tertentu dengan indikasi pelanggaran hak cipta dan pornografi untuk diblokir secara otomatis.
  2. Selain dengan provider seluler, pemerintah juga menjalin kerja sama langsung dengan Google Indonesia untuk menciptakan algoritma serupa dalam mesin pencarian populer tersebut. Hal ini membuat Google Indonesia dikenal lebih ketat dibandingkan mesin pencari populer lainnya dalam menampilkan hasil penelusuran.
  3. Konsisten menerjukan tim untuk memantau langsung aktivitas penggunaan internet masyarakat. Situs-situs download gratisan populer di kalangan warganet sangat cepat diblokir oleh pemerintah.

Sayangnya, upaya nyata untuk mengurangi risiko bahaya situs download gratisan tersebut kurang mendapat apresiasi warganet maupun penyedia website. Pengelola situs memutar otak dengan mengganti domain website sehingga kembali dapat diakses usai diblokir. Begitu pula dengan pengguna internet yang nekat menggunakan VPN dan menimbulkan problematika baru.

Konsekuensi Negatif atau Kerugian Menggunakan VPN Gratisan

VPN atau Virtual Private Network merupakan perangkat lunak populer di seluruh dunia. Di luar negeri, VPN digunakan untuk menyembunyikan aktivitas internet pribadi pengguna dari pelacakan. Sedangkan, di Indonesia fungsinya berubah untuk membuka situs-situs yang diblokir oleh pemerintah. Ditambah lagi, VPN yang digunakan adalah versi gratisan.

Padahal, penggunaan VPN seperti ini justru menambah permasalahan dari situs download gratisan yang diakses. VPN ditanamkan ke ponsel sebagai software yang memiliki akses menyeluruh pada perangkat. Otomatis, VPN dapat mengakses :

  • Kontak ponsel, baik telepon hingga surel yang menggunakan internet.
  • Pesan masuk, baik SMS, obrolan melalui aplikasi chatting, dan pesan elektronik.
  • Riwayat transaksi pembelanjaan di aplikasi daring.
  • Aktivitas perbankan seperti SMS banking dan internet banking.

Data-data tersebut dapat disimpan, diretraksi, kemudian dipindahkan pada pihak lain. Tentunya data pribadi seperti di atas sangat merugikan bila sampai jatuh ke tangan pihak ketiga, bukan? Jadi, selain menghadapi bahaya situs download gratisan, Anda juga harus menangani kebocoran data pribadi sekaligus berharga akibat penggunaan VPN gratisan.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Malware

Situs Download Resmi, Solusi Terbaik Situs Abal-Abal

Lalu bagaimana agar terhindari dari bahaya situs maupun VPN abal-abal tapi tetap dapat mengunduh berbagai macam fail dari internet? Satu-satunya solusi adalah dengan melakukan pengunduhan melalui situs download berlisensi resmi. Jadi, mereka membeli fail terkait dan berhak menyebarluaskan secara legal. Jadi, secara hukum tidak termasuk pelanggaran hak cipta.

Tenang saja, situs-situs semacam ini sudah menerapkan biaya berlangganan terjangkau, bahkan gratis karena mereka mendapatkan penghasilan dari sponsor. Melalui situs resmi seperti ini, Anda dapat menghindari bahaya situs download gratisan yang meresahkan, juga tidak perlu memakai VPN. Lebih praktis, mudah, dan aman, bukan?

One thought on “Bahaya Mengunjungi Situs Download Gratisan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *