Mengapa Blog Gado-Gado Kurang Efektif?

Mengapa blog gado-gado kurang efektif dari sudut pandang SEO disebabkan topik yang beragam sehingga dirasa kurang terkonsep.

Bagi Anda yang aktif menggunakan internet, pasti sering menemukan blog gado-gado. Secara sederhana, blog semacam ini adalah sebuah situs yang mengangkat topik beragam. Jadi tidak berfokus pada satu tema tertentu karena bisa mengangkat berbagai pembahasan. Lantas, mengapa blog gado-gado kurang efektif terutama dipandang dari aspek SEO?

Kelebihan dan Kekurangan Blog dengan Banyak Topik (Gado-Gado)

Menilai efektivitas blog gado-gado tidak bisa dilakukan tanpa mengetahui dulu kelebihan dan kekurangannya. Sebab itu, mari kita pahami terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya.

a. Kelebihan

Bicara soal kelebihan, blog gado-gado memiliki keunggulan yang cukup banyak jika dilihat dari kacamata pengguna internet :

1. Jangkauan Pembaca Lebih Luas

Blog gado-gado bisa membahas tentang teknologi, kuliner, traveling, hingga politik dalam satu wadah. Hal ini membuat blog semacam ini memiliki jangkauan pembaca yang lebih luas karena bisa menjaring berbagai kalangan sekaligus untuk berkunjung. Tentu saja ini menjadi salah satu keuntungan blog gado-gado di mana traffic situs cukup tinggi.

2. Lebih Mudah Membuat dan Mengunggah Konten

Mengesampingkan alasan mengapa blog gado-gado kurang efektif secara SEO, tidak dapat ditampik fakta bahwa pembuatan dan pengunggahan konten blog menjadi lebih mudah. Hal ini disebabkan banyaknya topik yang dapat diulas. Terlebih jika pembuat konten lebih dari satu orang, update blog jadi semakin cepat.

3. Menjadi Gudang Informasi

Blog gado-gado dengan ulasan yang beragam seolah menjadi gudang informasi bagi warganet. Mereka jadi mudah menemukan berbagai macam informasi yang dicari dari satu blog saja. Tentu hal ini membuat pengunjung blog menjadi lebih senang karena tidak perlu lagi berpindah blog untuk mencari informasi lain yang juga dibutuhkan karena telah tersedia.

Baca Juga: Meningkatkan Traffic Blog melalui Media Sosial

Namun, keunggulan dari blog gado-gado juga dibarengi dengan kelemahan yang bersifat cukup fatal. Terutama jika dinilai dari sudut pandang SEO (Search Engine Optimization) alias optimalisasi mesin pencari. SEO merupakan dasar ilmu untuk mengoptimalkan konten untuk mendukung blog mendapat peringkat terbaik pada hasil penelusuran mesin pencari.

b. Kekurangan

Jika diaplikasikan pada aturan SEO, jelas blog dengan banyak topik sangat tidak disarankan. Lantas, mengapa blog gado-gado kurang efektif secara SEO sehingga menjadi kelemahannya? Ada beberapa poin kelemahan blog dengan topik campuran :

1. Tidak Memiliki Pengunjung Loyal

Meskipun blog gado-gado mudah dalam meningkatkan traffic dan disukai, namun tidak akan mendapatkan loyalitas pengunjung. Ketika mereka mendapatkan blog yang memuat informasi lebih banyak, mereka cenderung akan meninggalkan blog gado-gado. Bila tidak demikian, rutinitas kunjungan mereka tergolong jarang. Bukan sebuah blog yang dijadikan rutinitas.

2. Tidak Memiliki Sebuah Identitas

Blog gado-gado bukan sebuah blog yang terkonsep dari segi konten karena tidak ada topik khusus yang dijadikan spesialiasasi. Padahal, sebuah blog memiliki identitas atau menjadi lebih mudah diingat dan dikenali dari konten yang dimuat. Sebuah blog dengan spesialisasi satu topik atau blog niche lebih mudah diindentifikasi oleh pengguna internet.

3. Susah Menduduki Peringkat Satu Mesin Pencari

Salah satu tolak ukur kesuksesan sebuah blog adalah peringkatnya pada mesin pencarian. Sedangkan, blog gado-gado sangat sulit meraih pencapaian yang satu ini. Mengapa? Karena topik yang bermacam-macam, algoritma mesin pencari pun kesulitan untuk mengatur kategori blog terkait. Hasilnya, jarang sekali blog gado-gado menjadi hasil pencarian nomor satu.

4. Sulit Mendapatkan Persetujuan Google Adsense

Penyebab mengapa blog gado-gado kurang efektif selanjutnya adalah sulitnya mendapatkan persetujuan Google Adsense. Bahkan meski traffic blog sangat tinggi. Ini disebabkan pihak Google yang memikirkan konsekuensi jangka panjang di mana kelangsungan blog dirasa tidak lama. Bukan tanpa alasan mengingat kurangnya loyalitas pengunjung pada blog gado-gado.

Baca Juga: Daftar Niche Blog dengan CPC Termahal

Blog Niche, Lawan Kuat Blog Gado-Gado

Berbeda dengan blog gado-gado yang mengusung banyak topik atau tema pada konten yang diunggah, blog niche merupakan kebalikannya. Blog niche hanya fokus membahas satu topik saja, misalkan tentang kesehatan maka konten yang diunggah pun hanya seputar tema tersebut. Sebab itu, blog niche juga dijuluki sebagai blog spesialis.

Karakteristik blog niche sangat jelas sehingga mudah sekali untuk dikenali :

  • Konten yang diunggah hanya meliputi satu topik. Pembahasan ringan hingga mendalam perihal topik terkait disertakan sehingga pengunjung bisa mendapatkan informasi detail perihal tema tersebut.
  • Frekuensi unggahan seringkali tidak rutin seperti blog gado-gado. Sebab, pembuat konten harus benar-benar menggodok konten agar tidak mengulang pembahasan sebelumnya dan menemukan hal-hal baru.
  • Sering menduduki peringkat pertama di hasil penelusuran mesin pencari populer. Ini dikarenakan konten yang diunggah selalu memenuhi aturan SEO sehingga mudah untuk meraih posisi tersebut.
  • Mengapa blog gado-gado kurang efektif dan dikenali juga dikarenakan blog niche pasti terpasang Google Adsense. Sebab blog niche sangat mudah meraih popularitas dan familier di kalangan pengguna internet bahkan meski mereka bukan penikmat topik yang diulas.
  • Memiliki loyalitas pengunjung, bahkan penggemar berat. Hal ini biasanya dipicu oleh detailnya informasi yang mereka berikan sehingga menjadi favorit para pengguna internet meski dari kalangan terbatas.

Blog Gado-Gado vs Blog Niche, Mana Lebih Baik?

Setelah mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan dari blog gado-gado, juga sekilas pembahasan tentang blog niche, mana yang lebih baik? Soal itu tentu dikembalikan pada keinginan Anda sendiri sebagai pemilik blog. Jika memilih mengelola blog niche, tentu lebih mudah bila berniat menjadikannya sebagai sumber penghasilan tambahan lewat Google Adsense.

Namun, bila lebih suka membuat blog dengan banyak topik pun tidak masalah. Anda cukup mencari solusi ampuh untuk mengatasi penyebab mengapa blog gado-gado kurang efektif. Dengan menemukan jalan keluar yang tepat, tidak mustahil bagi Anda untuk mendapatkan loyalitas pengunjung hingga penerimaan dari Google Adsense.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *