Mengetahui Versi OS Android dan Cara Update-nya

Bagi Anda pengguna smartphone Android tentunya harus mengetahui spesifikasi smartphone yang dimiliki. Hal ini dapat membantu Anda mengenal komponen Android, sehingga akan mempermudah Anda dalam penggunaan aplikasi tertentu. Nah, untuk mengetahui operating system pada Android, berikut cara mengetahui versi OS Android dan cara update-nya.

Sejarah Perkembangan Android

Sistem operasi Android pertama kali dibuat pada tahun 2003 oleh  Andy Rubin, Nick Sears, Rich Miner, dan Chris White. Baru di tahun 2005, Google secara resmi mengakuisisi sistem operasi Android yang kemudian menjadi anak perusahaan dari Google.

Salah satu merek HP yang pertamakali bekerjasama menggunakan sistem Android adalah HTC di tahun 2008. Hingga kemudian di tahun 2010, Google merilis Nexus dengan 3 buah HP yang menggunakan sistem Android, yaitu HTC, Samsung, dan LG.

Baca Juga: Aplikasi Android Pencegah Malware/Virus Terampuh

Mengetahui perkembangan Android dapat membantu Anda untuk mencari cara mengetahui versi OS Android dan cara update-nya. Sejak tahun 2009, mulai berkembanglah versi OS Android yang hingga kini masih terus dikembangkan. Versi Android diberi kode dan dinamai dengan panganan manis dunia dari urutan alfabet untuk mempermudah mengenalinya.

1. Android 1.0 Astro

Dirilis pada tanggal 23 September 2008, OS Android Astro merupakan sistem operasi Android yang pertama kali diluncurkan. Merek HP yang menggunakan versi OS Android ini adalah HTC.

2. Android 1.1 Bender

Dirilis pada 9 Februari 2009, versi OS Android memiliki masalah penamaan dengan alasan melanggar trademark. Versi ini diperbaharui untuk memperbaiki bugs, mengganti API, dan menambahkan fitur pelengkap lain.

3. Android 1.5 Cupcakes

Dirilis pada tanggal 30 April 2009, versi OS Android ini mengambil nama dengan dessert dan menjadi versi paling lazim pertama kali digunakan. Versi OS Android ini memiliki banyak fitur yang membantu pengguna dalam mengoperasikan smartphone.

4. Android 1.6 Donut

Dirilis tanggal 15 September 2009, versi OS Android ini memperbaiki fitur pencarian dan UI yang user friendly. Selain itu, versi Android ini juga memudahkan pengguna untuk menjelajahi interface smartphone.

5. Android 2.0 Éclair

Dirilis pada 3 Deember 2009, OS Android ini memiliki fitur  Google Maps untuk pertama kalinya. Selain itu adanya pembaharuan sistem dari v.2.0, v2.0.2, dan v2.1.

6. Android 2.2 Froyo

Dirilis tanggal 20 Mei 2010, versi OS Android ini memiliki banyak pembaharuan yang memudahkan pengguna Android. Salah satunya adanya dukungan Adobe Flash 10.1.

7. Android 2.3 Gingerbread

Tanggal 6 Desember 2010, dirilis OS Android versi 2.3. Versi ini merupakan pembaharuan dari versi sebelumnya dengan tambahan beragam fitur, seperti dukungan NFC.

8. Android 3.0/3.1 Honeycomb

Dirilis tanggal 22 Februari 2010, OS Android ini pertama kali digunakan oleh Motorola Xoom. Cara mengetahui versi OS Android dan cara update-nya dapat digunakan untuk mengoptimalkan tablet PC dengan ragam pembaharuan yang mendukung multi prosesor.

9. Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Dirilis tanggal 19 Oktober 2011, OS Android ini banyak membawa perubahan. Selain itu, ada fitur baru yang membuat smartphone mulai berkembang dengan pesat.

10. Android 4.1/4.2/4.3 Jelly Bean

Dirilis tahun 2012, OS Android ini pertama kali digunakan Nexus 7 Generasi 2. Mulai dari OS Android ini Google mulai menerapkan teknologi asisten digital yang mempermudah pengguna Android.

11. Android 4.4 Kitkat

Dirilis tanggal 3 September 2013, OS Android ini berfokus pada peningkatkan user experience. Untuk menggunakan OS Android ini, paling tidak smartphone harus memiliki RAM minimal 512 MB.

12. Android 5.0 Lollipop

Dirilis tanggal 12 November 2014, versi OS Android ini melakukan perbaikan user interface yang didesain ulang. Selain itu, ada juga perbaikan pemberitahuan yang bisa diakses dari lockscreen.

13. Android 6.0 Marsmallow

Dirilis tahun 2015 banyak perubahan untuk OS Android. Salah satunya adalah menggunakan 2 aplikasi sekaligus dalam 1 layar.

14. Android 7.0 Nougat

Dirilis tahun 2016, terdapat perubahan besar untuk versi OS Android. Adanya peningkatan performa smartphone mempermudah pengguna untuk mendukung lebih banyak aplikasi pada smartphone.

15. Android 8.0 Oreo

Dirilis tahun 2017, versi OS Android menambah banyak fitur multi tasking. Tampilannya pun dapat memudahkan pengguna dalam menggunakan smartphone.

16. Android 9.0 Pie

Versi terbaru OS Android diluncurkan pada Agustus 2018. Banyak fitur lain untuk memudahkan pengguna dalam mengakses smartphone.

Cara Mengetahui Versi OS Android

Dengan mengenal jenis OS Android dapat membantu Anda mengenali versiOS Android pada smartphone yang Anda miliki. Caranya adalah dengan masuk ke menu ‘Pengaturan’ dan klik ‘Tentang Ponsel’. Pada menu ‘Tentang Ponsel’ inilah Anda akan mendapatkan informasi mengenai spesifikasi smartphone yang Anda miliki, termasuk OS Android yang digunakan saat ini.

Cara Update Versi OS Android

Bagi Anda yang ingin mendapatkan pembaharuan untuk versi OS Android yang digunakan, Anda bisa melakukan pembaharuan sesuai dengan smartphone yang Anda gunakan. Perlu diingat untuk memperbaharui versi OS Android setiap smartphone berbeda. Terlebih bagi smartphone keluaran lama tidak bisa diperbaharui ke versi terbaru saat ini karena keterbatasan teknologi saat smartphone dikeluarkan.

Baca Juga: Aplikasi Pembersih Sistem Android agar Tidak Lemot

Untuk memperbaharui versi OS Android, cara yang bisa Anda lakukan adalah:

  1. Buka menu ‘Pengaturan” dan klik ‘Tentang’
  2. Pada submenu inilah pilih ‘Update Software atau Pembaharuan Sistem’
  3. Untuk memperbaharui, ubah menjadi ‘Download Otomatis Pembaharuan Sistem’ dan sistem akan otomatis terunduh saat tersambung data seluler
  4. Jika Anda tidak ingin memperbaharui menggunakan data seluler dan ingin menggunakan sambungan WIFI, Anda bisa mengubah opsi menjadi “Jangan Download Otomatis Pembaharuan Sistem’
  5. Setelah menunggu beberapa menit, maka sistem Android akan diperbaharui dan tampilan smartphone Anda akan mengikuti versi OS Android yang terbaru.

Cara mengetahui versi OS Android dan cara update-nya dapat membantu Anda memiliki tampilan smartphone yang baru. Selain itu, banyak fitur yang bisa Anda coba dan sangat sayang jika Anda tidak memperbaharuinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *