Cara Upgrade Hard Disk PS4

Dengan melakukan upgrade hard disk akan membantu memperbanyak game yang tersimpan. Berikut cara upgrade hard disk PS4

Salah satu fitur yang cukup diminati para pengguna PlayStation adalah adanya hard disk (HDD) yang kini hadir untuk PlayStation4. HDD ini berfungsi untuk tempat penyimpanan game dan mampu di-upgrade jika memori dalam HDD sudah mulai sempit. Nah, bagi Anda yang sudah mulai kehabisan memori pada HDD, berikut cara upgrade hard disk PS4 yang bisa Anda coba.

Cara Menggunakan HDD Eksternal di PS4

Dengan menggunakan HDD eksternal di PS4 dapat membuat memori dalam PS4 Anda semakin lapang. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin memainkan banyak game hanya dengan satu HDD eksternal saja.

1. Spesifikasi dan Format HDD Eksternal

Sebelum Anda membeli HDD eksternal untuk PS4, ada baiknya Anda mengetahui spesifikasinya terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan apakah HDD eksternal yang terpasang kompatibel dengan PS4 Anda ataukah tidak, karena tidak semua HDD eksternal yang dijual kompatibel dengan sistem PS4 yang ada. Untuk itu, ada baiknya Anda menggunakan HDD dari merek-merek populer agar bisa digunakan dan tidak mubazir.

HDD eksternal untuk PS4 biasanya memiliki koneksi USB 3.0 dengan kapasitas minimal sebesar 250 GB dan maksimal 8 TB. Anda bisa memilih memori HDD eksternal ini sesuai dengan kebutuhan Anda dan sesuaikan dengan bujet Anda.

Tidak semua perangkat penyimpanan untuk PS4 memiliki format yang sesuai dengan HDD eksternal. Nah, agar file PS4 pada HDD eksternal bisa terbaca, Anda perlu melakukan format terlebih dahulu untuk menyesuaikannya dengan sistem PS4.

Baca Juga: Rekomendasi Game Adventure untuk PS4

Sebelum melakukan format HDD eksternal, ada baiknya Anda mengosongkan semua file di dalam HDD. Hal ini dikarenakan saat melakukan format HDD, maka semua file yang ada otomatis akan terhapus. Berikut ini cara format HDD eksternal yang bisa Anda lakukan:

  1. Buka menu ‘Pengaturan’ yang terdapat di layar utama
  2. Klik menu ‘Perangkat’ dan pilih ‘USB Storage Devices’
  3. Hubungkan dengan HDD eksternal dan pilih ‘Format as extended storage’

Dengan melakukan format ini, otomatis Anda sudah melakukan langkah awal dari cara upgrade hard disk PS4. Dengan langkah ini maka HDD eksternal Anda hanya bisa digunakan utuk menyimpan aplikasi dan game di PS4. Jika Anda ingin menyimpan file dalam bentuk gambar dan video, Anda tidak bisa membukanya menggunakan HDD eksternal yang sudah diformat.

2. Cara Memasang Game dan Aplikasi di HDD Eksternal

Setelah melakukan format HDD, secara otomatis semua game dan aplikasi akan tersimpan pada HDD eksternal. Untuk memindahkannya ke dalam HDD eksternal ataupun ke memori internal, langkah yang bisa Anda lakukan adalah:

  1. Buka menu ‘Pengaturan’ pada bagian layar utama
  2. Klik menu ‘Penyimpanan’
  3. Pilih lokasi penyimpanan, ‘System Storage’ atau ‘External HDD’
  4. Klik ‘Pilih’ dan pilih ‘Application Install Location’

3. Memindahkan Game dan Aplikasi di HDD Eksternal

Jika memori internal pada PS4 Anda sudah terlalu sempit, Anda bisa memindahkannya ke HDD eksternal. Cara yang bisa Anda lakukan adalah:

  1. Buka menu ‘Pengaturan’ pada layar utama
  2. Klik menu ‘Penyimpanan’
  3. Pilih ‘System Storage’ dan ‘Application’
  4. Pilih game yang ingin dipindah, kemudian klik ‘Options’ dan pilih ‘Move to Extended Storage’
  5. Pilih ‘Move’ dan OK

Cara Upgrade Hard Drive PS4

Jika HDD pada PS4 Anda terlalu penuh, Anda bisa meng-upgrade-nya agar bisa menyimpan game dan aplikasi yang lebih banyak lagi. Salah satunya adalah dengan menggantinya denga kapasitas disk space yang lebih besar. Nah, berikut ini cara upgrade hard disk PS4 yang bisa Anda lakukan.

1. Tahap Persiapan

Dalam tahap ini Anda bisa menyiapkan obeng kembang (+) dan HDD yang baru. Untuk HDD yang baru harap pastikan HDD yang sudah Anda beli kompatibel dengan PS4 Anda.

2. Membuka Cover PS4

Tahap ini memang agak riskan, terutama bagi Anda yang baru pertama kali membuka penutup PS4. Ada baiknya Anda melakukannya dengan hati-hati dan secara perlahan. Caranya adalah dengan menarik dan menggeser cover penutup yang berwarna hitam.

Baca Juga: Mengganti Harddisk Laptop dengan SSD

3. Membuka Sekrup

Untuk bisa mengganti hard disk lama dengan hard disk yang baru, Anda harus membuka sekrup yang terpasang menggunakan obeng kembang dengan ukuran yang sesuai dengan kepala sekrup.

4. Melepaskan Hard Disk

Setelah sekrup pada hard disk terbuka, Anda bisa melepaskan hard disk pada PS4. Caranya adalah dengan menarik hard disk secara perlahan-lahan unuk dikeluarkan dari PS4. Anda juga perlu membuka masing-masing sekrup dengan menggunakan obeng kembang untuk menggantinya dengan hard disk baru.

5. Mengganti Hard Disk Lama dengan Hard Disk Baru

Keluarkan hard disk lama dan memasangkannya dengan hard disk baru untuk menggantikan. Setelah itu, pasang kembali 4 sekrup yang ada di keempat sisinya seperti kondisi awal.

6. Mengunduh OS PS4

Agar hard disk yang Anda pasang bisa digunakan untuk menyimpan beberapa game di PS4, ada baiknya Anda mengunduh sistem operasi PS4. Cara ini bisa juga diunduh menggunakan PC agar lebih cepat dan simpan ke dalam flash disk. Untuk memindahkannya, Anda perlu mencolokkan ke dalam port USB yang ada pada PS4 dan menggandakannya ke hard disk.

7. Fresh Install Hard Disk Baru

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan fresh install. Caranya adalah dengan menekan tombol power selama 7 detik untuk mematikan sistem PS4. Setelah itu, tekan selama 7 detik untuk menyalakan sistem dan sistem akan melakukan booting. Klik menu ‘Intialize the PS4 (Reinstall System Software) untuk melakukan fresh install.

Nah, itulah cara upgrade hard disk PS4. Dengan melakukan upgrade inilah Anda bisa menikmati lebih banyak game di PS4 tanpa khawatir memori akan habis.

One thought on “Cara Upgrade Hard Disk PS4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *