Kelebihan dan Kekurangan USB Type-C

Mengetahui kelebihan dan kekurangan USB type-C akan membantu mengenali fitur canggih yang ditawarkan. Berikut ulasannya .

Sejak diperkenalkan pada Agustus 2014, USB type C menjadi salah satu teknologi yang masih populer untuk digunakan hingga kini. USB type C ini menjadi terobosan terbaru standar kabel penghubung alat elektronik. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui kelebihan dan kekurangan USB type-C, berikut ulasan selengkapnya.

Kelebihan USB Type C

Selain banyak digunakan untuk smartphone merek apapun, body USB type C juga cukup ramping dibandingkan dengan USB jenis yang lain. Jadi kelebihannya bukan hanya sekedan bisa dibolak-balik saja. Untuk memahami mengenai kelebihan USB type C, simak penjelasan berikut.

1. Lebih Ramping

Salah satu keunggulan dari USB type C adalah bentuknya yang lebih ramping dan tipis daripada USB tipe sebelumnya. Berbeda dengan USB tipe sebelumnya yang memiliki ukuran tidak sama, sehingga Anda harus memasukkan USB tepat dan tidak boleh terbalik, USB type C sendiri memiliki ukuran atas dan bawah yang sama dan tidak memiliki penghalang. Hal ini tentu saja dapat memudahkan Anda karena Anda tidak perlu khawatir terbalik saat mencolokkan USB ke smartphone.

2. Transfer Data Lebih Cepat

Bagi Anda yang sering memindahkan data smartphone ke PC atau ke perangkat lain, menggunakan USB type C dapat membantu pekerjaan transfer data Anda menjadi lebih cepat. Jika dengan menggunakan USB tipe sebelumnya hanya mampu mentransfer data dengan kecepatan sampai 480 Mb/detik, menggunakan USB type C mampu mentransfer data hingga 20 kali lipat lebih cepat, yaitu maksimal memiliki kecepatan 10 Gb/detik.

Hanya saja untuk mendapatkan kecepatan maksimal saat mentransfer data, kedua perangkat harus sama-sama menggunakan USB type C. Jika salah satu perangkat tidak kompetibel dengan USB type C, maka transfer data tidak dapat berjalan maksimal.

3. Proses Pengisian Baterai Lebih Cepat

Salah satu pertimbangan dalam membeli smartphone bisa Anda pilih dengan penggunaan USB. Hal ini sangat penting karena kelebihan dan kekurangan USB type-C patut Anda ketahui sebelum memutuskan membeli smartphone.

Salah satu keunggulan smartphone yang menggunakan USB type C adalah kecepatan pengisian data yang cukup cepat jika dibandingkan dengan smartphone yang menggunakan USB tipe sebelumnya. Terlebih sekarang ini hampir semua smartphone masih menggunakan USB type 2.0.

Jika menggunakan USB type 2.0, proses pengisian baterai membutuhkan arus 1,8 ampere dengan kemampuan mentransfer daya sebesar 2,5 volt. Sehingga waktu yang diperlukan untuk melakukan pengisian daya tanpa adanya fitur fast charging membutuhkan waktu 2 hingga 3 jam hingga smartphone terisi penuh.

Berbeda jika Anda menggunakan USB type C yang mampu menghantarkan arus hingga 5 ampere dengan kemampuan daya sebesar 20 volt. Menggunakan USB type C hanya membutuhkan waktu 1,5 jam jika tidak dilengkapi dengan fitur fast charging.

Meskipun begitu, dengan adanya fitur fast charging akan membuat pengisian baterai jauh lebih cepat. Selain itu, kapasitas baterai juga mempengaruhi waktu pengisian baterai pada smartphone.

Baca Juga: Mengatasi “Brick” pada Smartphone

4. Mampu Menampilkan Gambar Resolusi Tinggi ke Proyektor atau Televisi

Bagi Anda yang membutuhkan cepat koneksi smartphone ke proyektor atau televisi, menggunakan USB type C dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Terlebih jika Anda sering melakukan presentasi menggunakan proyektor, penggunaan USB type C tentu saja dapat mengefisienkan barang bawaan Anda. Dengan menggunakan USB type C, Anda akan mendapatkan suara yang jernih dan gambar beresolusi tinggi 4K.

5. Lebih Awet

Bagi yang tidak ingin bergonta-ganti USB, USB type C memiliki performa dan keawetan yang cukup baik dibandingkan dengan USB tipe sebelumnya.USB type C memiliki daya tahan yang baik ketika Anda mencabut-colokkan ke PC atau melakukan pengisian baterai.

Jika USB standar hanya mampu melakukan sabut pasang sekitar 1.500 kali, USB type C memiliki kemampuan hingga 10 ribu kali cabut pasang. Hal ini tentu saja menjadi salah satu keunggulan USB type C karena Anda tidak perlu khawatir harus repot mengganti USB saat USB rusak atau performanya sudah menurun.

Kelemahan USB Type C

Meskipun memiliki banyak kelebihan, ternyata ada kekurangan USB type C yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan USB type-C dapat membantu Anda mengetahui performa secara keseluruhan USB type C.

1. Tidak Semua OS Mendukung Penggunaan USB Type C

Ternyata tidak semua OS Android mendukung penggunaan USB type C. Saat ini minimal Android OS Marshmallow saja yang bisa mendukung penggunaan USB type C. Hal ini dikarenakan penggunaan USB type C harus dilakukan coded terlebih dahulu agar penggunaan USB type C bisa dilakukan pada smartphone, sehingga fitur USB type C  dapat maksimal bekerja pada smartphone Anda.

2. Membutuhkan Konektor Tambahan

Salah satu kelemahan dari USB type C adalah tidak semua perangkat elektronik menggunakan USB type C. Terlebih jika Anda ingin melakukan transfer data dari smartphone ke PC. Biasanya PC hanya kompetibel dengan USB type A. Sehingga jika Anda ingn melakukan transfer data ke PC, Anda memerlukan konektor tambahan agar smartphone bisa mentransfer data ke PC.

Baca Juga: Mengenal Fungsi NFC pada Smartphone

3. Hanya Sedikit Smartphone yang Mendukung USB Tipe C

Nah, jika Anda sering bepergian, ada baiknya Anda selalu membawa USB Anda jika sewaktu-waktu Anda memerlukan pengisian daya smartphone. Hal ini dikarenakan smartphone yang beredar di Indonesia masih sangat sedikit yang menggunakan USB type C. Hal ini tentu saja akan merepotkan Anda jika sewaktu-waktu Anda ingin mengisi baterai smartphone tapi kelupaan tidak membawa USBnya.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan USB type-C dapat menjadi bahan pertimbangan Anda ketika akan membeli smartphone. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi Anda yang ingin menggunakan teknologi canggih USB type C.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *