Menyewakan Property untuk Airy Rooms

Berminat bergabung dengan Airy Rooms? Anda harus baca dahulu kelebihan dan kekurangan menyewakan property untuk Airy Rooms ini.

Berkembangnya dunia digital yang semakin pesat merubah juga cara konsumsi orang terhadap suatu produk dan jasa. Hal tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh perusahaan Creative Start-Up khususnya model bisnis economy sharing dalam hal kebutuhan wisata, salah satunya virtual hotel Airy Rooms. Keberadaan virtual hotel dianggap mampu membuat produktivitas kamar kosong semakin meningkat. Itulah sebabnya banyak hotel atau penginapan yang ingin menjadi partner Airy Rooms. Untuk Anda yang tertarik bermitra dengan virtual hotel ini, yuk simak apa saja kelebihan dan kekurangan menyewakan property untuk Airy Rooms.

Cara Kerja Airy Rooms

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan Airy Rooms, terlebih dahulu membahas tentang cara kerja virtual hotel satu ini. Airy Rooms didirikan pada tahun 2015 yang melakukan kerja sama dengan sejumlah hotel budget di seluruh Indonesia untuk dikelola di bawah nama Airy Rooms. Konsep seperti ini dinamakan dengan Virtual Hotel Operator (VHO) dimana adanya kerja sama antara pemilik hotel dan VHO dalam pengelolaan hotel dan bantuan penjualan kamar.

Hal ini dapat menguntungkan pemilik hotel yang bertugas sebagai penyedia kamar karena pemasaran dan pengelolaan akan dikerjakan oleh VHO. Lantas, bagaimana VHO dalam hal ini Airy Rooms mendapatkan keuntungan? Pihak Airy Rooms mendapatkan keuntungan dari kemitraan bersama hotel rekanan. Jika diteliti lebih lanjut, kedua belah pihak sama-sama diuntungkan. Label ‘solusi budget travel’ yang disematkan pada Airy Rooms menyasar pada backpacker, budget traveller, atau bussines trip yang ingin menginap di kamar yang murah namun nyaman.

Kelebihan dan Kekurangan Bergabung dengan Airy Rooms

Bukan sebuah rahasia jika dunia perhotelan memiliki pendapatan yang tidak menentu tergantung pada musim-musim tertentu. Saat musim liburan atau High Seasons, permintaan untuk pemesanan kamar memang meningkat tajam. Namun, saat Low Seasons tidak banyak orang yang menyewa kamar sehingga pendapatan menurun padahal pemberian gaji para pegawai tetap harus dibayarkan setiap bulannya. Nah, keberadaan Airy Rooms dianggap menjadi solusi untuk meningkatkan produktivitas kamar kosong terutama saat Low Seasons. Nah, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan menyewakan property untuk Airy Rooms.

Baca Juga: Cara Bergabung Menjadi Mitra Airy Rooms

1. Kelebihan Bergabung dengan Airy Rooms

Seperti yang telah disinggung bahwa Airy Rooms menyasar target para traveller atau bussines trip on budget sehingga meskipun bukan musim liburan permintaan sewa kamar tetap terjaga. Kamar-kamar kosong yang hotel Anda miliki akan ditingkatkan produktivitasnya oleh Airy Rooms dengan pemasaran yang masif di berbagai iklan, tv nasional, dan banyak lainnya. Selain itu, setiap properti yang disewakan pada Airy Rooms akan dibantu dalam pemasaran di berbagai situs online travel agent dalam negeri maupun luar negeri. Properti Anda akan masuk dalam listing situs online seperti Traveloka, Expedia, PegiPegi, dan Booking.com. 

Airy Rooms juga akan meningkatkan kualitas kamar hotel Anda sehingga memiliki daya saing tinggi. Tim Supply Chain Airy juga akan selalu siap untuk menyiapkan segala keperluan pendukung untuk tamu. Selain itu, tim Hotel Support Airy juga tidak hanya melayani tamu selama 24/7 namun juga siap melayani keperluan mitra Airy 24/7.

Seluruh mitra hotel Airy Rooms juga akan memperoleh dukungan sistem manajemen akomodasi terkini Airy Ease yang mampu meningkatkan efektifitas serta efisiensi kegiatan operasional. Dengan memanfaatkan sistem Airy Ease, segala aktivitas operasional akan aman terkendali dan lebih mudah. Sistem ini dapat mencatat segala bentuk aktivitas menjadi satu mulai dari reservasi yang masuk dari berbagai situs online hingga walk-in.

Bermitra dengan Airy Rooms, Anda tidak perlu cemas terhadap keberadaan kamar-kamar kosong tanpa tamu karena pemasaran yang besar membuat okupansi menjadi meningkat. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk iklan yang besar selama bekerja sama dengan Airy Rooms.

2. Kekurangan Bergabung dengan Airy Rooms

Jika diamati secara detail, tidak ada kekurangan jika Anda menyewakan properti pada Airy Rooms karena sama-sama saling menguntungkan. Namun, pihak Airy akan memiliki fleksibilitas tinggi terhadap properti yang telah bekerja sama dengannya. Airy dapat dengan bebas menentukan biaya sewa kamar kepada calon tamu, yaitu bisa lebih mahal, sama, atau lebih murah dari harga umum hotel partner.

Selain itu, Airy Rooms akan dengan bebas membuat program promosi seperti kode promo seasonal yang dapat digunakan ketika memesan lewat situs online. Pihak Airy juga memiliki wewenang penuh dalam hal mengelola atau memberikan informasi mengenai ketersediaan kamar ataupun full-booked kepada para tamu secara Real Time. Airy juga dapat dengan bebas membuat standar pelayanan tambahan untuk tamu sesuai dengan kebijakan yang dimiliki. Setiap tamu Airy Rooms akan mendapatkan toiletries set pouch yang dapat dibawa pulang serta free light meals yang lumayan mengenyangkan.

Meskipun properti kamar yang disewakan berada dalam lingkup hotel rekanan, namun keduanya memiliki segmen pasar berbeda dimana membuat sistem menjadi lebih kuat dan saling melengkapi. Jika merujuk pada pedoman dunia perdagangan barang dan jasa, yaitu lebih baik menurunkan sedikit harga jual saat pasar sedang lesu lebih baik daripada memaksakan harga normal saat keadaan demikian. Jika tetap memaksakan harga normal ketika pasar sedang lesu dapat berpotensi pada menurunnya produktivitas karena pemasukan yang hilang.

Bisnis hotel sangat fluktuatif dan tidak dapat diprediksi dengan baik terutama saat Low Seasons, bekerja sama dengan virtual hotel dapat membuat produktivitas tetap terjaga karena memiliki segmen pasar tersendiri. Pihak hotel rekanan juga tidak harus merugi saat periode Low Seasons karena harus rutin membiayai operasional hotel.

Apakah Anda tertarik menjadi mitra Airy Rooms setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan menyewakan property untuk Airy Rooms?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *