Meningkatkan Traffic Blog Melalui Media Sosial

Jika ingin blog pribadi mampu mendulang untung, Anda harus tahu cara meningkatkan traffic blog melalui media sosial

Menulis blog adalah salah satu hobi yang ternyata mampu memberikan penghasilan dalam jumlah besar. Tak heran kalau saat ini banyak blogger yang mulai serius dan menjadikannya sebagai mata pencaharian. Termasuk yang demikian? Maka seharusnya Anda tahu bagaimana cara meningkatkan traffic blog melalui media sosial. Kenapa begitu? Karena traffic adalah tolak ukur monetisasi dari sebuah blog.

Yap, blog yang memiliki traffic tinggi artinya memiliki banyak pengunjung aktif. Blog yang aktif dikunjungi warganet artinya sangat dipercaya, sehingga menjadi tempat yang sempurna untuk produsen memasang iklan mereka. Dari iklan yang masuk inilah, seorang blogger akan memperoleh penghasilan untuk kehidupan mereka sehari-hari.

Tak bisa diremehkan, blog dengan traffic ribuan sampai ratusan ribu per hari jelas bisa memberikan ratecard cukup tinggi kepada para pemilik iklan. Untuk itulah kini banyak blogger yang mulai mempelajari cara meningkatkan traffic blog mereka. Mulai dari membuat konten yang menarik, mendisiplinkan diri untuk selalu menghasilkan konten secara rutin sampai memanfaatkan media sosial.

Yap, media sosial kini memang bukan hanya sekadar wadah berjumpa teman lama atau teman-teman baru. Media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter telah menjelma menjadi media promosi produk barang dan jasa seseorang. Termasuk dengan memperomosikan blog kesayangan. Tertarik? Berikut ini cara meningkatkan traffic blog melalui media sosial.

Mempercantik Profil Media Sosial

Jika Anda ingin menjadi seorang blogger profesional, maka harus membangun branding diri yang maksimal. Bagaimana caranya? Manfaatkan media sosial sebagai ‘jendela’ Anda untuk mempromosikan konten dalam blog. Supaya media sosial bukan hanya sekadar profil diri di dunia maya, Anda harus mulai mempercantik profil di media sosial itu sendiri.

Cara yang paling mendasar adalah dengan menggunakan nama dan memasang foto asli di profil media sosial. Bahkan jika perlu, sertakan biografi singkat mengenai diri tanpa perlu malu. Justru sosok yang cukup percaya diri dan menghargai potensinya akan sangat menarik hati para pemasang iklan. Jika perlu, gunakan Google Autorship yang akan melampirkan foto/gambar konten di mesin pencarian.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Traffic Blog secara Efektif

Aktif Dengan Para Follower

Amrazing adalah salah satu travel blogger yang sukses dengan penghasilan luar biasa dan memperoleh banyak benefit dari hobi menulisnya. Apa kunci Amrazing bisa mendapatkan itu semua? Aktif dengan para pengikut alias follower media sosial. Coba perhatikan akun Instagram atau Twitter-nya, Amrazing selalu rutin berinteraksi dan itu memberikan dampak positif pada branding dirinya.

Karena itulah, jika Anda ingin menjadikan media sosial sebagai tempat promosi efektif dari blog yang dikelola, usahakan untuk terlibat dengan para pengikut. Jangan malu memulai pembicaraan, mengajukan pertanyaan sederhana, membalas komentar-komentar mereka hingga saling berbagi pengalaman yang dikaitkan dengan konten blog. Jika konsisten, follower akan setia dengan konten Anda.

Rutin dan Konsisten Saat Posting

Strategi berikutnya supaya traffic blog bisa meningkat adalah dengan rutin serta konsisten saat posting di media sosial. Dari data statistik Louise Myers, frekuensi posting untuk Twitter minimal adalah 15 tweet dalam satu hari, lalu untuk Facebook harus minimal satu postingan per hari dan Instagram minimal 1-2 postingan tiap hari. Namun Anda juga harus menyesuaikan dengan target follower juga.

Misalkan saja, pengikut dan target blog Anda kebanyakan adalah anak sekolah, tentu postingan akan diperbanyak saat mereka libur akhir pekan. Begitu pula dengan jadwal posting jika ibu rumah tangga ada baiknya saat siang hari, untuk pelajar dan mahasiswa ketika sore atau malam dan jika pembaca blog adalah para pekerja kantoran, lebih baik saat pagi hari postingan kontennya.

Maksimalkan Konten Visual

Tak ada yang bisa menampik bahwa konten visual memang memiliki dampak yang sangat positif di media sosial. Untuk itulah jika Anda ingin meningkatkan traffic blog, usahakan memakai foto yang menarik dan berkualitas HD dan berwarna cerah atau menggunakan ilustrasi yang menceritakan konten blog tersebut. Atau bisa juga memakai gambar berisi kutipan dari konten yang bisa jadi pesan sosial.

Lebih menguntungkan lagi kalau konten blog itu memiliki sisipan video singkat, karena video akan bisa menjadi teaser untuk pembaca. Pastikan seluruh konten visual ini sudah dilengkapi tautan untuk menuju artikel pada blog, sehingga akan bisa meningkatkan traffic.

Baca Juga: Pentingnya Sitemap untuk Search Engine

Bagikan Konten Beberapa Kali

Meskipun mungkin sederhana, kembali membagikan postingan blog di media sosial justru mampu meningkatkan traffic. Misalkan saja, Anda memposting artikel yang sama di Facebook, Twitter dan Instagram dalam waktu berbeda sehingga akan memperoleh pengunjung beragam. Bahkan Anda juga bisa mengunggah postingan tahun lalu pada saat ini dengan topik yang masih relevan.

Mengunggah konten lama yang bersifat timeless di media sosial akan membuat Anda bisa memperoleh follower baru dan akhirnya berdampak ke traffic. Usahakan juga untuk selalu memantau pergerakan pengikut di masing-masing media sosial sebagai branding diri dan meningkatkan exposure yang dimiliki. Semakin bagus engagement pada media sosial dan blog Anda, jelas iklan akan berdatangan.

Bagaimana? Ternyata tidak cukup sulit bukan dalam membuat media sosial yang lebih menarik? Memang untuk memperoleh status sebagai blogger profesional membutuhkan waktu, karena itu Anda jangan mudah menyerah dan tetap konsisten menghasilkan konten.

Seorang penulis blog yang hebat akan bisa menghasilkan konten menarik, bertanggung jawab dan memberikan dampak positif. Mereka pun begitu cerdas memanfaatkan media sosial sehingga memiliki pengikut fanatik. Jadi tunggu apalagi? Segera coba cara meningkatkan traffic blog melalui media sosial di atas, dan jadilah seorang blogger populer.

2 thoughts on “Meningkatkan Traffic Blog Melalui Media Sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *