Penyebab Microphone HP Rusak dan Solusinya

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab mikrofon HP rusak. Berikut ulasan lengkap mengenai penyebab microphone HP rusak dan solusinya.

Setiap ponsel tentu dibekali oleh mikrofon yang berguna untuk membuat suara pemakai lebih keras dan jelas saat menelpon atau merekam. Bahkan saat ini mikrofon juga bisa dipakai untuk mengirim pesan suara hingga memberi perintah pada Google Assistant. Namun karena hal-hal tertentu, mikrofon tersebut bisa mengalami kerusakan. Yuk cari tahu penyebab microphone HP rusak dan solusinya dalam tulisan ini.

Berbagai Hal yang Bisa Menyebabkan Mikrofon HP Rusak

Agar bisa lebih berhati-hati dalam menjaga mikrofon HP Anda, sebaiknya Anda ketahui beberapa penyebab kerusakan mikrofon HP berikut.

a. Terjatuh

Bila terjatuhnya dari tempat yang tidak terlalu tinggi, mungkin ponsel dan segala pelengkapnya masih bisa diselamatkan. Namun ketika jatuhnya sampai membuat komponennya keluar, misal seperti baterai dan casing-nya, itu perlu Anda waspadai. Jika sampai seperti itu, bisa jadi ada beberapa komponen yang rusak. Salah satu yang bisa mengalami kerusakan adalah mikrofon.

b. Tercebur

Kesalahan satu ini terbilang sangat fatal. Beberapa bagian HP tidak memiliki ketahanan terhadap air, sehingga akan sangat rawan rusak jika sampai tercebur. HP yang tercebur bisa mengalami kerusakan LCD hingga mesin. Selain itu, mikrofonnya juga bisa mengalami kerusakan. Jika suaranya tidak masuk atau tidak terdengar orang yang Anda telepon, mungkin saat itulah Anda perlu memeriksakan mikrofon HP Anda.

c. Tertutup Debu

Kemungkinan mikrofon rusak karena debu memang kecil, tapi bisa saja terjadi. Debu yang masih sedikit memang tidak akan berpengaruh pada mikrofon. Akan tetapi jika Anda tidak pernah membersihkan lubang mikrofon dan debu menjadi begitu tebal, bisa saja kerusakan terjadi.

d. Terlalu Dalam Ketika Membersihkan

Penyebab berikutnya masih ada kaitan dengan kotoran. Ukuran mikrofon HP lebih kecil dibandingkan mikrofon pada umumnya. Ketika mikrofon justru tidak berfungsi setelah dibersihkan, kemungkinan karena Anda terlalu dalam membersihkannya. Oleh karena itu, Anda harus hati-hati ketika membersihkannya ya.

e. Suara yang direkam terlalu keras

Bagaimanapun mikrofon memiliki batas tertentu dalam merekam suara. Jika suara yang  direkam terlalu keras, hal itu bisa saja membuat mikrofon rusak. Kalau Anda melakukannya hanya sekali, mungkin tidak masalah. Akan menjadi masalah jika terlalu sering dilakukan. Oleh karena itu, atur jarak ketika merekam agar tidak terlalu dekat dengan suara yang keras.

f. Salah mengunduh aplikasi

Jika Anda mengunduh aplikasi di luar Google Playstore, hal ini bisa saja terjadi. Entah karena aplikasi tersebut mengandung virus atau memiliki enkripsi untuk “mengunci” mikrofon pada HP Anda. Biasanya ciri kerusakan yang terjadi adalah perekaman tidak bisa dilakukan atau suara menjadi mengecil dan tidak terdengar.

g. Permasalahan jaringan

Permasalahan jaringan bisa saja menimbulkan masalah mikrofon. Ini biasanya terjadi ketika Anda tengah menelepon dan orang yang berbicara dengan Anda tidak dapat mendengar Anda. Kalau begitu, kemungkinan ada masalah jaringan pada operator.

Baca Juga: Cara ganti baterai tanam/non-removable untuk HP

Mengatasi Mikrofon HP yang Rusak

Sesuai dengan judulnya, penyebab microphone HP rusak dan solusinya, maka berikut yang bisa Anda lakukan jika ada ketidakberesan pada mikrofon HP.

– Me-restart HP

Cara pertama ini terbilang yang paling sederhana dan bisa digunakan untuk mengetahui parah atau tidaknya mikrofon. Anda cukup melakukan restart HP Anda. Setelah kembali menyala, lakukan panggilan dan Anda bisa mengecek mikrofon sudah membaik atau belum.

– Mematikan HP sementara waktu

Kalau setelah dilakukan restart mikrofon masih bermasalah, Anda bisa mematikan HP untuk sementara waktu. Tidak perlu terlalu lama, cukup sekitar 10-30 detik, kemudian baru menyalakannya lagi. Kalau sudah menyala, lakukan panggilan untuk memeriksa mikrofon Anda.

– Menjaga Kebersihan Mikrofon

Meski sepele, namun debu dapat menjadi salah satu sebab kerusakan mikrofon. Debu yang terus bertumpuk dan tidak sering dibersihkan bisa menyumbat dan mengganggu kinerja mikrofon.

Untuk membersihkan mikrofon dari debut tersebut, Anda bisa menggunakan peniti kecil atau jarum tipis karena lubang mikrofon juga tidak besar. Selain itu, bisa juga dengan meniup langsung ke lubang mikrofon agar debu-debu hilang. Hindari menggunakan kain katun karena serat serat kain justru bisa menjadi penyumbat.

– Tidak Menyalakan Peredam Suara

Banyak ponsel Android saat ini yang dibekali  fitur pengurangan noise atau peredam suara. Adanya fitur tersebut bertujuan untuk mengurangi kebisingan latar belakang saat ada panggilan. Efeknya akan membuat suara menjadi lebih jernih.

Namun terkadang fitur tersebut malah membuat suara panggilan menjadi terblokir. Jadi kalau masalah mikrofon HP Anda disebabkan oleh peredam suara maka non-aktifkan saja fitur tersebut.

– Menghapus Aplikasi Pihak Ketiga yang Mengganggu

Terkadang aplikasi pihak ketiga juga menjadi penyebab gangguan pada mikrofon HP. Jika demikian yang terjadi, Anda perlu menghapus aplikasi tersebut. Caranya, aktifkan dulu save mode yang akan membuat aplikasi pihak ketiga terhenti. Kalau ternyata mikrofon berfungsi, Anda tinggal mencari dan menghapus aplikasi penyebab masalah pada mikrofon.

– Membawa HP ke Tempat Servis

Kalau Anda sudah mencoba berbagai cara di atas namun tidak ada hasil, mungkin yang rusak adalah komponen mikrofon di HP Anda. Bisa jadi karena kabelnya rusak, atau komponen lainnya.

Sebenarnya Anda bisa memperbaiki sendiri dengan cara mencabut komponen yang rusak kemudian menyolder komponen baru. Tapi untuk menghindari kerusakan yang lebih fatal, Anda bisa memilih untuk membawa ke tempat servis.

– Memasang Mikrofon Eksternal

Mikrofon eksternal untuk HP memang tersedia, namun jarang yang menggunakannya. Tapi tidak ada salahnya menggunakan perangkat ini jika mikrofon HP Anda bermasalah. Anda bisa menemukan perangkat ini dengan mudah di pasaran. Harganya pun tidak terlalu mahal kok.

Baca Juga: Penyebab suara speaker HP kecil dan solusi mengatasinya

Anda telah berbagai penyebab microphone HP rusak dan solusinya. Jadi usahakan untuk bisa lebih berhati-hati dalam menjaga HP Anda ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *