Cara Mudah Setting Emulator PS2 di PC / Laptop

Masih bingung main game PS2 di komputer? Berikut ini cara mudah setting emulator PS2 di PC atau laptop!

Sebagai konsol game paling populer di dunia, Play Station 2 (PS2) memang sangat digemari. Bahkan sekalipun perilisannya sudah 20 tahun silam, sampai saat ini masih banyak gamer yang hobi main PS2. Tidak punya konsol PS2? Tak masalah karena Anda bisa menggunakan emulator. Dengan banyaknya cara mudah setting emulator PS2 di PC atau laptop, pemula pun bisa melakukannya dengan cepat.

Yap, kemunculan emulator memang jadi solusi bagi mereka yang ingin main game PS2 melalui media lain entah smartphone atau komputer. Dari banyaknya emulator yang tersedia di pasaran, PCSX2 bisa dibilang sebagai yang terpopuler. Dengan menggunakan PCSX2, Anda bahkan bisa memainkan game-game PS2 di komputer baik PC dan laptop.

Bahkan ada banyak sekali keuntungan saat main game PS2 lewat emulator komputer. Salah satunya adalah bisa menikmati tampilan game dengan resolusi grafis sangat tinggi, seperti game-game PS3. Seperti yang diketahui, mayoritas game-game PS2 adalah rilisan tahun 2000-2005 yang aslinya dirilis dengan kualitas 480p, sehingga saat dimainkan di emulator PS2, grafisnya lebih berkualitas.

Khusus untuk PCSX2, emulator ini sudah muncul sejak tahun 2002, sehingga hampir 18 tahun berjalan telah dikembangkan dengan sempurna. Tak heran kalau PCSX2 bisa dipasang hampir di semua laptop atau PC masa kini. Seperti apa sih cara pemasangan dan pengaturan? Simak ulasannya berikut ini!

Keunggulan Main Game PS2 di Emulator Komputer

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ada banyak sekali keunggulan yang bakal Anda dapatkan jika memainkan game PS2 di emulator. Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa resolusi game PS2 di emulator bisa jauh lebih bagus daripada versi aslinya? Tak lain karena emulator-emulator PS2 populer, memberikan resolusi kustom hingga 4096×4096 piksel alias ultra HD.

Dengan resolusi tinggi, antialiasing dan texture filtering, grafis game PS2 di emulator komputer jauh lebih jernih. Selain itu slot memori yang tidak terbatas memungkinkan Anda bisa memilih beragam game. Anda pun bisa melakukan speedhack, merekam gameplay sampai pakai kontroller PS3 atau Xbox jika merasa navigasi keyboard atau mouse membosankan lewat emulator.

Baca Juga: Rekomendasi Emulator PS2 untuk PC/Laptop

Spesifikasi Minimal untuk Pasang Emulator PS2

Sebagai emulator PS2 paling banyak digunakan, PCSX2 rupanya memberikan syarat spesifikasi minimal untuk perangkat komputer yang dibutuhkan. Apa saja? Berikut yang harus Anda penuhi agar bisa memasang dan menggunakan emulator ini dengan optimal.

  • OS (Operating System) minimal adalah Windows Vista atau GNU/Linux baik 32 atau 64bit. Rekomendasi terbaik adalah Windows 7/8/8.1/10 (64bit) dan GNU/Linux (64bit)
  • GPU minimal haruslah DirectX 10 atau yang paling baru. Rekomendasi DirectX 11
  • CPU setidaknya mendukung SSE2 (minimal Intel Pentium 4 atau Athlon64) @ 1600 STR. Rekomendasi Intel Haswell 4xxx series atau setara AMD @2000 STR
  • RAM minimal harus 2GB. Rekomendasi 4GB

Jika sudah mempersiapkan perangkat PC atau laptop sesuai spesifikasi minimal dan lebih baik mengikuti rekomendasinya, Anda bisa mempelajari cara mudah setting emulator PS2 di PC atau laptop.

Langkah-Langkah Pasang Emulator PS2 di Komputer

Sudah memenuhi spesifikasi minimal, maka Anda bisa memasang emulator PCSX2 pada PC atau laptop kesayangan. Berikut langkah-langkah yang bisa diterapkan:

  1. Unduh dulu file PCSX2 secara gratis di website resmi www.pcsx2.net. Setelah berhasil terunduh, cari file tersebut pada harddisk dan kemudian KLIK KANAN > EXTRACT HERE sampai prosesnya usai dan memunculkan file PS2 emulator dan BIOS yang berbentuk RAR/ZIP.
  2. Klik kanan BIOS > EXTRACT HERE dan akan muncul folder Bios yang nantinya dimasukkan dalam proses setting emulator
  3. Klik kanan file PS2 emulator yang sudah di-ekstrak lalu pilih OPEN. Akan muncul gambar SETUP PCSX2 dan pilih NEXT. Jika ada pemberitahuan untuk memasang Microsoft Visual atau DirectX, artinya PC/laptop Anda belum terpasang dan harus install terlebih dulu supaya PCSX2 bisa berjalan. Jika tak ada pemberitahuan, langsung saja klik INSTALL
  4. Jika proses INSTALL berhasil, akan muncul shortcut PCSX2 pada desktop. Klik ganda shortcut tersebut supaya emulator PCSX2 terbuka. Akan muncul halaman baru dan pilih NEXT. Nantinya Anda akan dibawa ke menu konfigurasi yang berisi banyak pilihan. Yang perlu diubah hanyalah GS dan CDVD untuk disesuaikan dengan spesifikasi tertinggi pada PC/laptop masing-masing
  5. Supaya bisa memasukkan BIOS, hilangkan tanda centang pada USE DEFAULT SETTING > BROWSE > cari folder Bios pada harddisk yang sudah diekstrak sebelumnya > OK > pilih salah satu Bios > FINISH

Jika seluruh proses sudah berjalan, maka Anda bisa langsung melakukan pengaturan pada gamepad atau kontroller. Boleh pakai keyboard atau joystick. Bagi pengguna keyboard, bisa memilih menu CONFIG > CONTROLLERS (PAD) > PLUGIN SETTINGS dan mulai atur tombol-tombol keyboard untuk navigasi saat main game.

Baca Juga: Game Adventure untuk PS4

Hal-Hal yang Wajib Diketahui Soal Emulator PS2

Kendati cara pasang dan pengaturannya cukup mudah, masih ada saja gamer yang kesulitan. Supaya prosesnya lancar, pastikan PC/laptop yang dimiliki memenuhi standar minimal spesifikasi emulator PS2. Anda bisa memainkan game PS2 baik melalui CD/DVD dan file ISO. Untuk bisa membaca CD/DVD, pastikan PC/laptop memiliki DVD RW.

Kalau ingin main dengan file ISO, gunakan dulu aplikasi Format Factory untuk convert file. Supaya bisa memakai kontroller PS2, PS3, PS4 atau Xbox, coba gunakan program Scarlet Crush Production (SCP). Tidak sulit kan? Anda bisa langsung mencoba cara mudah setting emulator PS2 di PC atau laptop dengan segera dan menikmati keseruan game-game PS2 sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *