Memahami dan Mencegah Invalid Traffic pada Google Adsense

Mencegah invalid traffic pada Google Adsense lebih mudah dilakukan dengan memahami penyebab dan ciri klik tidak valid tersebut.

Jika Anda memutuskan untuk menekuni profesi sebagai pelaku bisnis internet, maka sangat penting untuk memahami serta mencegah invalid traffic pada Google Adsense. Hal ini didasarkan pada fakta bahwa Google Adsense merupakan sumber penghasilan utama pada sektor bisnis tersebut. Jadi, apa arti invalid traffic Google Adsense, penyebab, dan cara pencegahannya?

Memahami Invalid Traffic Adsense for Content

Invalid traffic secara sederhana memiliki pengertian lalu lintas yang tidak valid. Sedangkan untuk invalid traffic Google Adsense, maka definisinya adalah kegiatan berupa klik atau tayangan dengan cara tidak semestinya demi keuntungan pribadi pengiklan atau penayang. Jika hal ini terjadi, tentu pihak yang dirugikan adalah Google sebagai sponsor utama.

Bagaimana cara Google mendeteksi kegiatan tidak valid tersebut? Pihak Google melakukan penilaian melalui analisa traffic penayang iklan. Lalu lintas tinggi melalui klik dari satu pengguna yang dapat terdeteksi melalui akun atau kesamaan IP yang digunakan otomatis terbaca sebagai aktivitas mencurigakan. Kemudian, Google akan segera mengambil tindakan.

Baca Juga: Tips Agar Blog Terhindar dari Hacker

Penyebab Invalid Traffic Adsense

Jika Anda ingin mencegah invalid traffic pada Google Adsense, maka penting untuk memahami penyebabnya lebih dahulu. Telah sedikit disinggung di atas bahwa klik atau penayangan tidak valid akibat terdeteksinya aktivitas mencurigakan. Tapi, bagaimana aktivitas tersebut dapat terjadi? Berikut deretan penyebab terjadinya invalid traffic Google Adsense :

1. Click Bombing

Click bombing adalah aktivitas klik berkali-kali yang dilakukan oleh satu atau beberapa user pada iklan yang ditayangkan dalam satu konten. Hal ini menjadi mencurigakan karena kemungkinan tindakan tersebut disengaja sangat besar. Tindakan ini bisa dilakukan siapa saja, baik penayang, pengiklan, atau oknum yang sengaja ingin mengacaukan traffic.

2. Sabotase

Bisa jadi jika traffic Adsense mendadak melakukan aktivitas tidak wajar, penyebabnya adalah sabotase. Dapat dilakukan oleh oknum yang iri dengan traffic situs Anda yang ramai di mana secara otomatis pendapatan dari Adsense cukup besar. Oknum tersebut kemudian menempelkan kode Adsense tersebut pada situsnya yang terbaca sebagai aktivitas mencurigakan oleh Google.

3. Traffic Exchange

Hal lain yang menyebabkan invalid traffic Google Adsense adalah traffic exchange oleh perangkat lunak (software) dan robot. Penyebab traffic tidak valid yang satu ini jelas merupakan tindak kesengajaan. Namun, jika memang penyebabnya adalah traffic exchange, maka lebih mudah untuk mencegah invalid traffic pada Google Adsense tersebut.

4. Traffic dari Sosial Media

Pengguna sosial media saat ini sangat tidak terbendung, sehingga traffic yang berasal dari sana pun sangat tinggi. Jejaring sosial memang menjadi salah satu media promosi paling efektif untuk konten. Sayangnya, algoritma yang disertakan pada Google Adsense cenderung membaca aktivitas ini sebagai tindakan tidak wajar.

5. Bot Account

Anda pasti tidak asing lagi dengan istilah akun bot, bukan? Akun semacam ini tidak lebih dari akun palsu yang dikendalikan oleh satu orang. Tujuan dari pembuatan akun bot seperti ini adalah untuk membuat traffic situs meningkat. Kelemahannya adalah akun-akun ini biasanya menggunakan IP yang sama sehingga terdeteksi Google sebagai kecurangan.

Mengenali Tiga Ciri Utama Invalid Click Google Adsense

Bila Anda tidak merasa melakukan pelanggaran namun mendapatkan peringatan dari Google tentang indikasi kecurangan pada Adsense, maka penting untuk mengenali tiga ciri dari invalid click. Jika sudah mengenali ciri-cirinya, Anda dapat mengambil tindakan yang tepat untuk mencegah invalid traffic pada Google Adsense :

1. CTR (Click Through Rate) 10%

Ciri pertama yaitu rata-rata jumlah klik pada masing-masing konten yang telah Anda unggah mencapai 10%. Persentase ini dianggap sebagai sebuah pencapaian yang mencurigakan bagi Google. Sehingga, Anda perlu segera mengambil tindakan penanganan jika mendapati situasi semacam ini.

2. Dashboard Adsense $0.0

Jumlah klik atau penayangan iklan Anda tinggi tetapi ketika diperiksa di dashboard Google Adsense, pendapatan Anda hanya $0.0 alias kosong. Ini berarti tidak ada penghasilan yang didapat melalui traffic Anda meskipun pada statistik blog, jumlah pengunjung sangat tinggi. Artinya, sistem Google Adsense mendeteksi klik tersebut tidak wajar.

3. Fluktuasi Earning Adsense

Ciri terakhir dari invalid traffic adalah fluktuasi dari earning Adsense akun Anda. Jadi, saat ini earning adsense Anda sangat tinggi. Namun dalam tempo beberapa jam saja mengalami penurunan drastis. Itu artinya data klik atau penayangan Anda yang sebelumnya terdata oleh sistem Google Adsense dianulir karena dianggap mencurigakan.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Traffic Blog

Cara Mencegah Traffic Tidak Valid – Adsense untuk Konten

Jika sudah memahami definisi, penyebab, hingga ciri dari lalu lintas tidak valid, pembahasan selanjutnya adalah tentang cara mencegah invalid traffic pada Google Adsense. Sejatinya, cara untuk mengantisipasi agar traffic tidak valid sangat sederhana :

1. Pantau Traffic Adsense Secara Real Time

Tindakan preventif pertama yang dapat Anda terapkan adalah dengan memantau lalu lintas akun Google Adsense yang dimiliki. Saat ini sudah tersedia aplikasi untuk smartphone yang memudahkan dalam memantau Adsense kapan saja, di mana saja.

2. Hindari Klik Sendiri Iklan pada Akun Adsense

Meskipun tidak tertulis pelarangan untuk melakukan klik sendiri pada iklan yang tampil pada Google Adsense Anda, namun sebaiknya tindakan tersebut dihindari. Hal ini untuk mencegah agar tidak muncul prasangka dari pihak Google.

3. Pasang Otorisasi Sistem

Guna menghindari akun bot atau traffic exchange, Anda dapat memasang otorisasi sistem. Jadi, siapapun yang mengakses situs Anda harus melalui otorisasi tersebut. Hal ini akan mempersulit upaya sabotase pihak ketiga menggunakan kedua metode di atas.

Apabila Anda sudah melakukan tindak pencegahan namun mendapati tendensi kecurangan terjadi, lekas hentikan sementara penayangan iklan. Hal tersebut merupakan cara mencegah invalid traffic pada Google Adsense paling efektif agar akun Anda tidak diblokir oleh Google. Sebab, akun terblokir sulit dipulihkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *