Mengenal NFC di Smartphone dan Fungsinya

Dengan kemajuan teknologi ponsel, Anda tentu wajib mengenal NFC di smartphone dan fungsinya supaya bisa tepat dalam penggunaannya

Kemajuan teknologi smartphone memang tak bisa dihindari lagi. Bahkan ponsel-ponsel keluaran baru saat ini menawarkan berbagai fitur yang makin memudahkan manusia dalam beraktivitas. Salah satunya yang kini begitu digandrungi adalah NFC (Near Field Communication). Hanya saja meskipun pernah menggunakannya, tidak semua orang cukup mengenal NFC di smartphone dan fungsinya.

Memang, bagi penggemar gawai tentu teknologi NFC bukanlah hal yang asing. Di beberapa ponsel terutama keluaran mid-range dan flagship, sudah dibenamkan fitur NFC yang mendukung berbagai aplikasi pembayaran digital secara nirkontak (contactless). Samsung Pay dan Apple Pay termasuk aplikasi pembayaran digital yang memanfaatkan teknologi NFC.

Apa Sih NFC Itu?

Dikenal sebagai salah satu fitur konektivitas pada HP, NFC merupakan teknologi komunikasi yang bisa digunakan antara perangkat pintar dengan memanfaatkan sistem RFID (Radio Frequency Identification) untuk bertukar data. Supaya bisa bekerja, kedua perangkat yang saling bertukar data harus ada para jarak yang dekat yakni 4 inci. NFC bisa langsung melakukan transfer data dalam waktu sepersepuluh detik.

Yang membuat NFC jauh lebih unggul daripada Infrared, Bluetooth atau WiFi sekalipun adalah berfungsi tanpa harus mengubah pengaturan smartphone. Artinya, fitur NFC bisa bekerja secara otomatis. Dalam perkembangannya, perangkat-perangkat yang mendukung kemampuan NFC ini ada yang tipe pasif dan tipe aktif.

Pada umumnya ponsel-ponsel keluaran terbaru dan sudah masuk kelas menengah memang mempunyai fitur NFC. Namun supaya Anda lebih yakin, bisa coba mengecek bodi belakang pada ponsel yang biasanya terdapat informasi tulisan NFC. Jika bagian bodi belakang ponsel Anda bisa dilepas, langsung saja dilihat apakah memiliki tag NFC atau tidak. Kalau tak ingin ribet, tinggal cek spesifikasi lengkap pada ponsel saja.

Baca Juga: Rekomendasi Smartphone Gaming 5 Jutaan

Cara Kerja Fitur NFC

Supaya Anda makin memahami mengenal NFC di smartphone dan fungsinya, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana sih cara kerja fitur ini. Seperti yang sudah disebutkan, NFC memanfaatkan sinyal secara nirkabel yang artinya prinsip kerjanya sama dengan pengiriman informasi lewat gelombang radio. Sehingga artinya, NFC memanfaatkan induksi elektromagnetik untuk bisa mengirim informasi.

Karena bekerja melalui sistem transmisi sinyal radio jarak pendek, NFC tak membutuhkan energi listrik besar untuk beroperasi. Bahkan NFC bisa menginduksikan arus listrik dalam komponen pasif untuk mengirimkan data. Lantas darimana tenaganya? Melalui medan elektromagnetik yang dihasilkan saat perangkat NFC aktif didekatkan.

Dengan frekuensi transmisi data pada NFC mencapai 13.56MHz, Anda bisa mengirimkan data pada kecepatan 106, 212 sampai 424 kb/detik! Sebuah kecepatan yang terbilang cukup tinggi untuk memindahkan data-data kecil seperti informasi kontak pada ponsel, gambar hingga musik. Dan berikut ini adalah cara menggunakan fitur NFC pada ponsel masing-masing.

Cara Menggunakan NFC Pada Ponsel

a. Aktifkan NFC Lewat Menu Pengaturan HP

Jika smartphone Anda sudah memiliki NFC, maka untuk melakukan transmisi data ya tinggal mengaktifkan fitur tersebut melalui menu pengaturan. Setelah itu Anda tinggal klik MORE SETTINGS atau PENGATURAN LAINNYA/PENGATURAN JARINGAN dan masuk ke menu SHARE & CONNECT atau BERBAGI & HUBUNGKAN. Geser opsi NFC ke tombol ON dan Anda akan langsung bisa menggunakan fitur ini untuk berbagai kebutuhan.

b. Aktifkan NFC Lewat Shortcut

Kalau mengaktifkan NFC melalui menu pengaturan ponsel dirasa ribet, Anda bisa langsung menggunakan fitur shortcut (jalan pintas) pada HP yang biasanya di bagian atas. Tinggal usap saja layar ponsel ke bawah lalu geser menu itu sampai menemukan ikon NFC. Biasanya ikon NFC berdekatan dengan Bluetooth, Mobile Data dan WiFi. Tap ikon NFC dan Anda bisa langsung menggunakannya karena sudah aktif.

Baca Juga: Fungsi Wireless Repeater

Inilah Fungsi-Fungsi NFC di Smartphone

1. Untuk Pembayaran Digital

Jika dulu untuk melakukan pembayaran harus membawa uang tunai atau menggesek kartu debit/kartu kredit, kini semua bakal jauh lebih praktis dengan NFC. NFC sangatlah mendukung gaya hidup cashless lantaran terintegrasi dengan sejumlah layanan perbankan seperti e-money. Kini untuk membayar belanjaan, Anda bisa langsung menempelkan tag NFC HP pada perangkat NFC pasif di kasir.

2. Pengganti Karcis Transportasi

Malas harus antri di depan loket untuk beli karcis Transjakarta, KRL atau MRT? Dengan fitur NFC maka tak bakal lrepot lagi. Anda bisa langsung menuju gate dan tap NFC pada smartphone di perangkat NFC pasif yang tersedia. Nantinya saldo tiket transportasi bakal langsung terpotong otomatis dan Anda bisa melakukan perjalanan tepat waktu.

3. Sistem Keamanan Masa Kini

Pernah melihat rumah-rumah di film fiksi ilmiah yang seluruh kunci keamanannya tak lagi memakai gembok tapi sistem digital? Bisa jadi itu menggunakan teknologi NFC. Hal ini memungkinkan Anda mengamankan fasilitas pribadi entah rumah, kantor, apartemen atau mungkin kendaraan tanpa kartu fisik, lantaran tinggal tap NFC saja di HP. Dengan begitu memang hanya mereka yang merupakan pemilik asli bisa masuk ke dalam.

4. Akses Informasi Produk

Seolah semakin menggaungkan gaya hidup digital, banyak brand masa kini yang memanfaatkan teknologi NFC untuk materi promosi. Anda bisa melihat beberapa poster yang dilengkapi tag NFC pasif sehingga para pengguna smartphone tinggal mendekatkan perangkatnya saja, lalu bisa memperoleh informasi dari produk itu. Jauh lebih ramah lingkungan karena tak buruh cetak brosur, pamflet atau banner, kan?

Lantaran jauh lebih efisien dan mudah digunakan, tampaknya kini pengguna ponsel harus makin mengenal NFC di smartphone dan fungsinya. Anda pun tak perlu ragu dengan sistem keamanannya karena NFC sudah memperoleh sertifikasi khusus untuk mengunduh data melalui TSM (Trusted Service Manager). Jadi, apakah berniat beli HP baru yang dilengkapi fitur NFC?

One thought on “Mengenal NFC di Smartphone dan Fungsinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *