Bolehkah Memasang Iklan Adsense pada Website Online Shop?

Memasang iklan Adsense pada website online shopmemiliki keuntungan dan kerugian sehingga keputusan kembali pada pemilik situs.

Sering sekali pertanyaan tentang memasang iklan Adsense pada website online shop dilontarkan. Secara teknis, semua situs di mana website toko daring termasuk di dalamnya, merupakan media yang memungkinkan untuk menayangkan iklan Adsense. Namun, apakah hal tersebut tidak lantas menimbulkan permasalahan baru? Hal itulah yang patut dicermati.

Untung Rugi Toko Online Menjadi Google Adsense Publisher

Menjadi Google Adsense Publisher atau penayang Google Adsense bisa mendatangkan keuntungan maupun kerugian. Khususnya jika Anda adalah pemilik toko online, sebaiknya mempertimbangkan kedua aspek tersebut secara matang. Bicara soal keuntungan memajang iklan Adsense, bisa dibilang cukup menggiurkan.

Keuntungan:

1. Pemasukan Tambahan Selain Penjualan Produk

Memasang Adsense, berlaku untuk semua situs, memiliki jaminan keuntungan berupa pemasukan tambahan. Sistem Google Adsense sendiri, penayang dan pengiklan mendapatkan bayaran dari setiap klik iklan yang dilakukan oleh pengunjung situs. Otomatis, tidak hanya dari penjualan produk saja, tapi Anda juga mendapatkan gaji tambahan dari Adsense.

2. Page Up Rank

Dengan memasang iklan Adsense pada website online shop, situs yang Anda miliki tersebut lebih mudah dalam menduduki peringkat tertinggi hasil penelusuran search engine. Mengapa demikian? Sebab ketika Adsense sudah terpasang pada suatu website, hal tersebut mengindikasikan keamanan situs sehingga mesin pencari otomatis menjadikannya prioritas.

3. Halaman Lebih Terkonsep

Website yang memasang Adsense secara otomatis lebih terkonsep dibandingkan halaman non-iklan. Hal itu tidak terlepas dari salah satu standar situs yang ingin didukung oleh Google Adsense bahwa website harus memiliki konsep yang jelas. Untuk online shop, display situs harus memiliki pembagian kategori produk yang jelas dan detail semacamnya.

Baca Juga: Tips Membangun Website Online Shop

Di sisi lain, bila dilihat dari segi kerugiannya, mungkin akan membuat Anda berpikir ulang untuk memasang Adsense di situs online shop yang dimiliki. Apa saja kerugian dari pemasangan Adsense di website online shop?

Kerugian:

1. Memberi Ruang Pada Kompetitor

Pihak Google memiliki hak prerogatif untuk menentukan iklan yang memiliki slot untuk halaman Anda. Sedangkan pengiklan terdiri dari berbagai kalangan. Bukan mustahil Anda mendapatkan slot iklan dari pebisnis dengan sektor yang sama. Secara tidak langsung, Anda telah memberikan ruang pada kompetitor berpromosi gratis di situs toko online Anda.

2. Loading Situs Menjadi Lebih Lambat

Memasang iklan Adsense pada website online shop sedikit banyak memengaruhi kecepatan loading situs. Dengan penambahan iklan, otomatis beban halaman meningkat. Hal ini mengakibatkan website agak kurang responsif. Terlebih jika jaringan internet pengunjung lambat akan semakin kesulitan membuka situs Anda dan akhirnya berpaling pada kompetitor.

3. Pengunjung Merasa Terganggu

Tidak sedikit kasus di mana pengunjung situs justru merasa terganggu dengan penayangan Adsense. Mereka merasa tidak leluasa dalam mengeksplorasi halaman dan agak rumit dalam melakukan penjelajahan situs. Terutama pop-up Google Adsense juga sulit disingkirkan di mana menimbulkan ketidaknyamanan pengunjung yang kemudian menjadi jera menengok situs.

4. Berpotensi Disabotase hingga Diblokir

Memasang Google Adsense pada website toko online Anda juga menimbulkan potensi sabotase dan pemblokiran. Sabotase bisa dilakukan oknum yang iri oleh traffic tinggi situs Anda hingga pendapatan dari penjualan produk yang besar. Sedangkan blokir dari Google membayangi jika tercium gelagat kecurangan dari aktivitas akun Google Adsense Anda.

Mau tahu, tips belanja online yang aman agar terhindar dari penipuan? Daripada penasaran, sebaiknya simak artikel kami berikut ini.
Tambahan pendapatan bisa didapatkan dengan memasang iklan Google Adsense pada website online shop bahkan tanpa harus menunggu barang terjual. Namun, konsekuensinya, iklan-iklan yang tampil mungkin dapat mengganggu atau bahkan menampilkan website kompetitor yang bisa jadi lebih menarik.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Dia Cara Google AdSense Membayar Kita

Cara Daftar Google Adsense untuk Online Shop

Terlepas dari keuntungan dan kerugian yang diulas di atas, bila Anda tetap memutuskan untuk memasang iklan Adsense pada website online shop, sepenuhnya merupakan hak Anda. Jika merasa potensi keuntungan yang bisa didapat dari menayangkan iklan Adsense di website lebih besar, yang perlu Anda lakukan adalah mendaftar ke pihak Google.

Bagaimana cara mendaftar ke Google Adsense sebagai sponsor terbesar bisnis monetisasi blog saat ini? Sebenarnya relatif mudah, Anda cukup melakukan registrasi akun Adsense di situs resmi Google Adsense. Pastikan Anda sudah memiliki akun Google sebelumnya agar tidak perlu melakukan pendaftaran ganda. Akun Google sama dengan akun Gmail.

Berikut langkah-langkah pendaftaran Google Adsense selengkapnya :

  1. Masuk ke website resmi Google Adsense. Klik menu ‘daftar sekarang’.
  2. Input URL dari website toko online yang Anda miliki dan ingin dijadikan media penayang Adsense.
  3. Selanjutnya, masukkan alamat surel Anda, diutamakan Gmail.
  4. Pilih tab ‘Ya’ ketika Anda ditawari rekomendasi performa dan bantuan langsung dari pihak Google.
  5. Simpan seluruh pengaturan di atas.
  6. Selanjutnya, silakan login ke akun Google / Gmail Anda.
  7. Pilih negara tempat Anda tinggal.
  8. Klik tab ‘Setuju’ terhadap semua persyaratan dan ketentuan Adsense.
  9. Klik ‘Buat akun’.

Jika mengikuti step by step di atas dengan benar, maka sudah pasti Anda berhasil mendaftar akun Adsense di Google Adsense.

Baca Juga: Cara Pasang Adsense Di Blog Pribadi Dan Tips Blog Agar Banyak Dikunjungi

Cara Menghubungkan Website dengan Google Adsense

Apakah dengan mendaftar saja otomatis iklan tampil di website Anda? Tentu saja tidak. Langkah selanjutnya adalah cara memasang iklan Adsense pada website online shop, dengan kata lain menghubungkan akun Google Adsense dengan situs agar iklan dapat tayang. Caranya semudah pendaftaran akun :

  1. Login ke akun Google Adsense Anda.
  2. Selanjutnya, di beranda akun Adsense terdapat kode, silakan Anda salin.
  3. Kemudian, tempel kode tersebut pada bagian HTML situs online shop yang URL-nya telah Anda masukkan ketika pendaftaran Adsense.
  4. Lakukan konfirmasi penempelan kode, klik ‘Selesai’.

Mudah sekali, bukan? Dengan pengelolaan yang baik, kemungkinan besar tidak akan timbul masalah atas pemasangan Adsense pada halaman toko online yang dimiliki. Di sisi lain, dengan memasang iklan Adsense pada website online shop, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang tidak kalah menjanjikan.

One thought on “Bolehkah Memasang Iklan Adsense pada Website Online Shop?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *