Kelebihan dan Kekurangan Google Chrome vs Mozilla Firefox

Pilih Google Chrome atau Mozilla Firefox? Nah coba baca dulu kelebihan dan kekurangan Google Chrome vs Mozilla Firefox berikut ini sampai selesai.

Siapa yang tidak kenal dua mesin pencari terbesar di dunia tersebut? Google Chrome dengan Mozilla Firefox bisa dibilang menguasai sebagian besar pasar browser di seluruh dunia. Tentu keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apa sajakah itu? Simak sampai habis ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Google Chrome vs Mozilla Firefox berikut.

Kelebihan yang Dimiliki Google Chrome

Hal-hal berikut ini menjadi beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Google Chrome.

1. Tidak Menghabiskan Ruang RAM Terlalu Banyak

Jika komputer atau laptop Anda memiliki spesifikasi rendah, Google Chrome menjadi salah satu browser yang cocok. Google chrome tidak membutuhkan sumber daya yang banyak sehingga tidak memberatkan RAM komputer Anda. Selain itu, dengan sumber daya yang ringan tersebut, Google Chrome akan melakukan proses awal yang cepat.

2. Desainnya Minimalis

Desain yang minimalis ini tampak lebih sederhana dan terkesan tidak ‘ribet’. Di tampilan mukanya hanya ada tab untuk browsing, dan beberapa menu penting. Desain yang begini membuat pengguna bisa lebih berkonsentrasi pada apa yang dicari, dan tidak terganggu dengan banyaknya tampilan menu.

3. Langsung Terkoneksi ke Mesin Pencari Google

Karena memang dimiliki oleh Google, maka Google Chrome langsung terkoneksi ke mesin pencari Google. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi untuk masuk ke dalam situs google.com untuk menjelajahi mesin pencari terbesar di dunia itu.

4. Terintegrasi dengan IDM

Internet Download Manager (IDM) tentu sangat berguna untuk Anda yang sering mengunduh banyak hal melalui Google. Kabar baiknya untuk Anda yang memakai Google Chrome, IDM sudah terintegrasi secara penuh dengan Google Chrome.

5. Memunculkan Saran Kata Kunci

Ada satu keunggulan lagi dari Google Chrome, yakni bisa memprediksi kata kunci yang dicari pengguna di address bar. Keunggulan ini banyak dimanfaatkan oleh pegiat SEO untuk optimasi situs agar bisa tampil di halaman awal Google.

6. Bisa Berganti Tema dan Skin

Jika Anda bosan dengan tampilan browser yang begitu saja, maka Anda tidak akan mengalami itu pada Google Chrome. Google Chrome ini menyediakan berbagai tema dan skin yang dapat dipilih sesuai dengan selera pengguna. Bagi Anda yang suka berganti tampilan browser, tentu hal ini sangat menarik. Pengaplikasiannya juga mudah, Anda tinggal memilihnya di menu Google Chrome.

Baca Juga: Operating System: Microsoft Windows vs Linux

Kekurangan yang Dimiliki Google Chrome

Ada kelebihan, pasti ada juga kekurangan. Apa saja kekurangan dari Google Chrome?

1. Penerjemahan Masih Belum Baik

Google Chrome memang sudah mendukung penerjemahan bahasa secara langsung. Misalnya Anda mengunjungi sebuah sebuah situs berbahasa Inggris, Anda bisa langsung menerjemahkan isi situs tersebut ke bahasa Indonesia. Sayangnya, hasil terjemahan ini bisa dibilang belum baik dan tidak jarang justru sulit dipahami.

2. Bugs yang Bisa Saja Mengganggu

Pengembangan sebuah software tentu akrab dengan bug yang bisa mengakibatkan gangguan, begitu juga dengan Google Chrome. Oleh karena itu, Google Chrome rutin menyediakan pembaruan versinya sebagai penyempurnaan. Jika Anda menemukan bugs seperti ini, Anda bisa memberikan feedback dengan klik alt+shift+i.

Kelebihan yang dimiliki Mozilla Firefox

Sesuai dengan judulnya, kelebihan dan kekurangan Google Chrome vs Mozilla Firefox, maka mari membahas kelebihan dari Mozilla Firefox.

1. Populer di Kalangan Pengguna Internet

Berbicara mengenai browser pesaing Google Chrome, tentu Mozilla Firefox jawabannya. Browser satu ini terbilang lebih dulu muncul di kalangan pengguna internet dibandingkan dengan Google Chrome. Bahkan pada beberapa tahun lalu, Mozilla Firefox biasanya menjadi andalan di banyak warnet. Jadi tidak heran kalau Mozilla Firefox populer di kalangan pengguna internet.

2. Keamanannya Terbilang Lebih Rapat Dibanding yang Lain

Hal ini mungkin masih menjadi salah satu alasan kenapa Mozilla Firefox tetap ramai peminat. Keamanan yang ditawarkan terbilang lebih ampuh dibandingkan browser lain. Komputer akan relatif lebih aman jika menjelajah dengan Mozilla Firefox.

3. Tampilan Halaman yang Minimalis

Seperti Google Chrome, tampilan halaman muka Mozilla Firefox juga minimalis. Tidak terlalu banyak menu-menu yang kurang dibutuhkan oleh pengguna. Tampilan halaman muka hanya menampilkan address bar, beberapa situs yang sering dan terakhir dikunjungi, serta icon menu-menu tertentu.

Baca Juga: Photo Editor: Adobe Photoshop vs Corel Photopaint

Kekurangan yang Dimiliki Mozilla Firefox

Mozilla Firefox juga memiliki kekurangan, yang mungkin dianggap mengganggu oleh sebagian orang sehingga lebih memilih Google Chrome. Berikut ini beberapa kekurangan yang ada pada browser Mozilla Firefox.

1. Dibutuhkan Waktu Cukup Lama Ketika Memulai

Mozilla Firefox memang membutuhkan waktu lebih lama ketika baru dimulai dibandingkan dengan Google Chrome. Pada tahap awal ini, browser tidak jarang berjalan sangat lambat dan bahkan beberapa kali mengalami not responding.

2. Membutuhkan Ruang RAM yang Cukup Besar

Ruang RAM yang dibutuhkan oleh Mozilla Firefox cukup besar. Memang tetap bisa digunakan untuk komputer berspesifikasi rendah. Akan tetapi semakin sering dipakai, maka jalannya browser ini akan semakin lambat.

3. Waktu Loading yang Relatif Lebih Lambat

Sebenarnya ini juga tergantung pada provider internet yang digunakan. Akan tetapi dengan provider dan situs yang sama, waktu loading dari Mozilla Firefox memang lebih lambat dibanding Google Chrome. Hal ini disebabkan adanya masalah terkait kesesuaian kode halaman situs dengan Mozilla Firefox.

4. Butuh Mengunduh Lagi untuk Pembaruan

Pembaruan pada Mozilla Firefox tidak dilakukan denga upgrade, melainkan mengunduh lagi versi terbarunya. Jika memori komputer Anda tidak cukup, biasanya akan sulit melakukan proses ini. Oleh karena itu, beberapa orang terkadang malas melakukan pembaruan pada M Firefox-nya.

Mau lebih suka Google Chrome maupun Mozilla Firefox, kembali lagi disesuaikan pada kenyamanan Anda. Setidaknya kelebihan dan kekurangan Google Chrome vs Mozilla Firefox berikut bisa membantu Anda untuk menemukan browser yang paling sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *