Black Desert Mobile, Game MMORPG yang Mendunia

Black Desert Mobile versi global merupakan game online yang menarik meski masih memerlukan pembenahan dalam beberapa aspek.

Perkembangan gim daring di Indonesia selama beberapa tahun terakhir sangat pesat. Terbaru, hadir Black Desert Mobile (BDM), sebuah game online berjenis MMORPG yang menjadi hits di seluruh dunia. Gim seperti apa BDM ini hingga dapat menarik perhatian dan digemari para pecinta game online di seluruh dunia?

Mengenal Lebih Jauh Tentang Black Desert Mobile Apk

Gim daring ini berasal dari negeri ginseng, Korea Selatan. Lisensinya dimiliki oleh perusahaan start up Pearl Abyss. Untuk daerah Asia Timur selain negeri asalnya, BDM sudah dapat dimainkan cukup lama. Namun, untuk versi globalnya sendiri baru dirilis tanggal 11 Desember 2019 silam yang ditargetkan untuk pasar Asia, Eropa, dan Amerika.

Gim ini mengusung format MMORPG yang sama dengan gim populer lainnya, Mobile Legends dan Free Fire. Dalam model gim seperti ini, pengguna dapat memilih satu karakter dalam plot cerita gim Black Desert Mobile ini kemudian memainkannya bersama teman lain secara real time. Keseruannya membuat gim ini melejit dalam tempo singkat.

Berjenis gim adventure, pemain akan menghadapi berbagai situasi sulit yang dapat teratasi melalui strategi dan perlengkapan yang sempurna. Guna mendapatkan peralatan yang dibutuhkan, pemain wajib melakukan pembelian item. Di Indonesia sendiri, pembelian item didukung dengan metode pembayaran kartu kredit dan operator seluler atau top up merchant.

Baca Juga: Fortnite, Salah Satu Game Terlaris Multi-Console

Keunggulan dan Kelemaan Black Desert Mobile Korea

Mengulas tentang sebuah gim daring, tentu terasa kurang lengkap jika tidak membahas keunggulan dan kelemahannya. Begitu pula dengan permainan asal Korea Selatan ini. Bagi Anda penggila game online, sederet kelebihan dari BDM ini pasti membuat tidak sabar untuk segera memaikannya.

Keunggulan:

1. Spesifikasi Perangkat yang Ringan

Kemajuan teknologi membuat produsen ponsel berlomba menghasilkan perangkat dengan spesifikasi terbaik dengan harga yang terjangkau. Meski demikian, Pearl Abyss membuat Black Desert Mobile sebagai gim dengan spesifikasi perangkat yang ringan. Dengan RAM 2 GB, GPU Andreno 330, dan internal 4 GB, BDM sudah dapat berjalan lancar di perangkat Anda.

2. Grafis yang Bagus, Fresh, dan Terstruktur

Meskipun hanya membutuhkan spesifikasi perangkat yang cukup sederhana, bukan berarti BDM dirancang asal-asalan. Dari segi grafis, gim ini memiliki grafis yang rapi, tampilan menyegarkan serta tatanan yang terstruktur. Padahal, biasanya dengan kualitas grafis seperti ini, developer game cenderung mematok spesifikasi perangkat yang tinggi.

3. Fitur Lengkap dan Kostumisasi Pemain Mendetail

Keunggulan BDM dari gim serupa selanjutnya adalah beragam fitur yang tersaji sehingga permainan dapat berjalan lebih seru. Tidak hanya fiturnya, namun kostumisasi pemain juga detail sehingga Anda bisa mendapatkan player yang benar-benar sesuai dengan keinginan. Banyak fitur dan opsi kostumisasi yang tidak ditawarkan pada gim lain dalam level yang sama.

4. Perbedaan Antara Versi PC dan Mobile Tidak Terlalu Signifikan

Biasanya, gim daring yang menghadirkan versi PC dan Mobile memiliki perbedaan mencolok di masing-masingnya. Namun, berbeda dengan BDM di mana kedua versinya tidak memiliki perbedaan terlalu jauh. Black Desert Mobile versi Mobile tidak akan membuat Anda yang biasa memainkannya di PC memerlukan waktu lama untuk beradaptasi.

Kelemahan:

Meski begitu, Anda juga perlu mengetahui kekurangan dari BDM, terutama untuk versi global yang belum lama diluncurkan. Apa saja kekurangan dari BDM yang bersifat ringan hingga cukup fatal?

1) Cut – Scene Tidak Sebagus Versi PC

Meski tidak memiliki perbedaan yang terlalu jauh dengan versi PC, bukan berarti BDM tidak memiliki kekurangan untuk versi Mobile. Khususnya kualitas cut – scene yang agak mengecewakan karena tampak dipaksakan. Peralihan dari satu latar ke latar selanjutnya terasa kurang smooth meski hanya di beberapa scene, tidak secara keseluruhan.

2) Fitur Shared – Server Tidak Tersedia

Pihak developer tidak menyediakan opsi shared – server sehingga pemain diwajibkan memiliki satu akun di satu server. Hal ini tentu agak merepotkan dan terasa tidak praktis bagi kalangan pecinta game online. Padahal, para kompetitor di kelasnya berlomba untuk menyediakan fitur ini untuk mempermudah pemain dalam mengakses akun.

3) Skill Combo Tidak Sesempurna Versi PC

Perbedaan yang agak mengecewakan lainnya dari BDM versi Mobile dengan PC adalah skill combo yang kurang sempurna. Kemampuan pemain untuk menaklukkan musuh dalam satu kali serangan tidak sebagus versi PC. Sebagai game MMORPG, hal ini membuat Black Desert Mobile terasa bagaikan sebuah gim berformat MOBA.

Baca Juga: Game MMO RPG (Mobile) Terfavorit dengan Pemain Paling Banyak

Memanfaatkan Peluang dari Black Desert Mobile Indonesia

Setelah mengetahui tentang keunggulan dan kelemahan dari gim BDM, apakah Anda tetap tertarik untuk memainkannya? Jika ya, maka Anda juga jangan sampai melewatkan peluang yang bisa didapatkan dari memainkan gim daring ini. Dengan memainkan game BDM, Anda bisa menghasilkan pundi-pundi tambahan yang menjanjikan melalui :

  • Menjual voucher gim daring BDM kepada pemain lain. Bisa melalui metode top up dengan bergabung bersama distributor pulsa atau transfer kredit akun gim yang Anda miliki.
  • Menjual akun gim BDM yang sudah mencapai level tinggi dengan harga mencapai puluhan juta rupiah. Hal ini sudah menjadi sesuatu yang lumrah di kalangan gamers.
  • Menawarkan jasa sebagai pemain pengganti ketika pengguna lain kesulitan mencapai atau lulus dari level tertentu dengan imbal balik kredit gim atau uang jasa.

Jadi, siapa bilang memainkan gim daring hanya membuang waktu saja? Ketika Anda sudah menguasai Black Desert Mobile dengan baik, maka Anda dapat mengubah hobi tersebut menjadi peluang usaha sampingan yang menggiurkan. Saatnya bagi Anda untuk membuktikan bahwa gamers bukan sekadar kegiatan yang tidak berfaedah dan membuat malas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *