Memulai Usaha Kuliner di Kota Bandung

Apakah Anda tertarik memulai usaha kuliner di Kota Bandung, berikut ini peluang bisnis kuliner di Bandung yang bisa Anda coba

Memulai usaha kuliner di Kota Bandung dinilai masih cukup menjanjikan. Hal ini tidak lepas dari julukan branding Kota Bandung yang sangat kuat sebagai pusatnya berbagai kuliner enak. Letak geografis Kota Bandung yang berada di ketinggian serta cuaca yang cukup dingin sehingga banyak orang mencari produk kuliner. Pecinta kuliner Bandung pun tidak hanya datang dari warga Bandung sendiri melainkan dari luar Bandung. Para konsumen selalu menantikan menu-menu baru yang disajikan dari kota ini.

Peluang Usaha Kuliner di Kota Bandung

Peluang untuk usaha kuliner tidak akan pernah mati sampai kapan pun. Bahkan, ada yang mengatakan jika bisnis kuliner adalah bisnis abadi dari dahulu hingga masa sekarang karena banyak orang yang membutuhkan makanan serta minuman. Hal tersebut terbukti dari semakin banyak orang mencari kebutuhan akan makanan dan minuman termasuk di Kota Bandung.

Menurut data yang berhasil dirangkum, Kota Bandung memiliki pertumbuhan permintaan produk kuliner rata-rata 10% lebih setiap tahunnya. Branding Kota Bandung sebagai pusat kuliner memang berperan besar akan pertumbuhan yang pesat ini. Selain itu, makanan dan minuman adalah hal yang selalu dibutuhkan oleh semua orang.

Banyak makanan atau minuman hits lahir dari Kota Bandung sehingga menjadikan inspirasi oleh pelaku usaha kuliner di kota lainnya. Bandung ternyata masuk dalam kategori wilayah yang memiliki tingkat konsumtif tertinggi di dunia sehingga peluang untuk membuka usaha kuliner di sini masih terbuka lebar. Kompetisi usaha kuliner di Bandung memang semakin ketat. Oleh sebab itu, keunikan, cita rasa tinggi, dan inovasi harus dihadirkan agar mampu bertahan dan bersaing dengan usaha kuliner yang telah ada.

Jika diamati lebih dalam, pelaku usaha kuliner yang sukses adalah yang selalu menampilkan inovasi yang segar. Umumnya, mereka tidak mengikuti tren yang sedang marak namun menciptakan inovasi sendiri yang dapat diterima oleh pasar. Bisnis yang mengikuti tren pasar biasanya tidak mampu bertahan cukup lama karena memiliki tingkat kejenuhan yang tinggi. Dalam arti lain, terdapat resiko yang cukup tinggi akan pergeseran atau bergantinya selera pasar dalam kurun waktu yang cepat. Itulah kenapa jika Anda berniat untuk membuka usaha kuliner khususnya di Kota Bandung harus mengetahui model usaha yang akan dijalani ke depannya.

Langkah ini disebut juga dengan istilah riset pasar. Riset pasar berguna untuk mengetahui secara mendalam karakteristik calon konsumen supaya dapat membuat strategi produk serta promosi yang tepat.

Baca Juga: Usaha Kuliner untuk Pemula

Peluang Usaha Kuliner Bandung yang Menguntungkan

Sebenarnya, semua jenis usaha kuliner dapat menguntungkan karena memiliki segmen pasar sendiri-sendiri. Sebut saja produk kuliner 1 akan cocok untuk kalangan dewasa, produk kuliner 2 cocok untuk mahasiswa atau pelajar dengan budget ekonomis, dan lain sebagainya.

Jadi, Anda harus melakukan riset pasar mengenai produk yang akan Anda pasarkan terlebih dahulu seperti yang telah disinggung di atas. Lakukanlah riset terhadap produk, target konsumen (pasar), dan juga lokasi dimana produk Anda dipasarkan. Jika Anda telah berhasil memutuskan jenis produk kuliner yang akan dipasarkan serta lokasi yang tepat, selanjutnya Anda harus mengerti tentang manajemen produksi, pemasaran, dan lainnya. Hal tersebut dikarenakan produk kuliner yang bagus serta lokasi strategis belum cukup untuk membuat produk kuliner Anda laris di pasaran.

Jika sudah memiliki ide akan suatu produk kuliner, melakukan riset pasar, dan lokasi, hal berikutnya yang perlu Anda persiapkan adalah modal usaha untuk mewujudkannya. Namun, jika Anda belum memiliki ide usaha produk kuliner yang cocok, berikut ini 4 inspirasi berbisnis kuliner di Bandung yang bisa Anda coba.

1. Seblak

Siapa yang tidak kenal makanan khas Bandung satu ini. Seblak masih menjadi primadona yang diburu para konsumen saat berkunjung ke Kota Bandung. Makanan yang dibuat dari kerupuk basah, daging, telur, sayur, dan aneka rempah khas memang memiliki cita rasa istimewa dan selalu dicari banyak orang. Meskipun tidak sedikit penjual seblak di Bandung, Anda bisa memberikan inovasi berbeda agar seblak milik Anda menarik minat banyak orang.

2. Nasi Timbel

Inspirasi usaha kuliner yang menguntungkan selanjutnya adalah nasi timbel. Makanan ini sudah sangat terkenal di Kota Bandung dengan cita rasa yang otentik. Nasi timbel merupakan menu olahan makanan dari nasi yang dibalut daung pisang sehingga membuat aroma yang begitu khas. Produk makanan ini biasanya disajikan dengan berbagai lauk, diantaranya adalah tahu, tempe, daging/ ikan, lalapan, serta sambal. Banyak orang yang ke Bandung mencari makanan khas satu ini sehingga dapat Anda jadikan usaha dengan prospek yang sangat baik. Bagaimana, Anda tertarik?

Baca Juga: Bisnis Franchise Ayam Geprek Makin Populer?

3. Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug oncom merupakan makanan yang terbuat dari nasi, oncom, dan pilihan menu lauk pauk. Anda bisa menyediakan beragam lauk pauk yang digemari para konsumen untuk menambah selera makan. Jenis kuliner ini masih belum populer seperti jenis kuliner lainnya sehingga bisa jadi inspirasi usaha untuk Anda. Untuk membuat usaha kuliner nasi tutug oncom Anda laris manis, Anda bisa membuat kemasan yang menarik hingga menyediakan fasilitas lengkap di tempat berjualan.

4. Mie Kocok

Produk kuliner yang selalu dicari orang saat di bandung lainnya adalah mie kocok. Mie satu ini terdiri dari komposisi mie kuning gepeng, sum-sum, beberapa potong kikil, dengan kuah kaldu khas, irisan seledrim, dan daun bawang. Rasa yang begitu lezat dan khas memanjakan lidah para konsumen dan rasanya ingin nambah terus. Meskipun penjual mie kocok sudah banyak, berikan inovasi dan rasa pengalaman berbeda kepada para konsumen saat mencicipi makanan Anda sehingga mereka puas dan datang kembali.

Nah, jika Anda tertarik menjalani usaha kuliner di Kota Bandung, jangan lupa untuk melakukan riset pasar dan memiliki konsep yang matang supaya usaha tersebut tidak berhenti di tengah jalan. Apakah Anda sudah menyusun strategi untuk memulai usaha kuliner di Kota Bandung?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *